Home Decor

Gorden / Gordyn

Hi all..

Pagi ini Tangerang kembali diguyur ujan gede… bawaannya jadi mager (malas gerak) dan nguantukk! Suami pun jadi telat ngantor deh hari ini, hahaha. Tapi daripada males-malesan terus mending lebih produktif dengan nulis blog lagi :p

Hari ini topiknya masih berhubungan dengan dekorasi rumah karena masih suasana rumah baru, hihi. Salah satu bagian dalam dekorasi rumah adalah Gorden / Gordyn. Gorden / Gordyn ini memiliki fungsi penting karena selain untuk melindungi rumah kita supaya ga keliatan kayak akuarium (serba transparan), mengatur / mengurangi jumlah cahaya (UV) yang masuk ke rumah, juga berfungsi untuk mempercantik rumah. Jadi intinya rumah kudu punya gorden lah.

Sebelum beli gorden ada baiknya research dulu ya Bu Ibu.. Mau gorden model gimana, bahan gimana, karena harga gorden kita nantinya akan tergantung pilihan kita, mau harga murah sampe super mahal ya tergantung kita deh.  Gorden punya banyak pilihan model, yaitu smoke ring, kerekan, roman shade, blinds, dll. Saya bisa jadi tahu perihal macam-macam gorden ini juga dari forum ibu-ibu macam female daily. Untuk bahan juga ada beberapa pilihan, yaitu kain gorden biasa, blackout (yang kadarnya macam-macam dari 70% sampai dengan 100%) dan vitrase. Untuk blackout ini maksudnya adalah bahan yang bisa memblock UV, jadi untuk blackout 70% artinya bisa memblock UV hingga 70%. Untuk blackout 100%, kainnya konon ga bisa dicuci sembarangan karena pada kain tsb belakangnya ada sejenis lapisan karet. Salah-salah cuci itu lapisan karet bisa rontok. Jadi kalau yang ga mau ribet-ribet kaya saya sih ga usah lah beli bahan yang blackout 100% 😀 (emak-emak pemalesan).

Untuk model gorden saya memilih smoke ring, tapi vitrase-nya tetap standar model kerekan gitu. Alasannya apa ya..? Ya menurut saya model smoke ring lebih keliatan modern aja, hehe. Tapi perlu dicatat bahwa model smoke ring ini kebutuhan kainnya lebih banyak daripada yang model kerekan biasa. Trus pernak-pernik-nya lebih banyak juga (ring, tiang, penutup tiangnya, dll), jadi itulah sebabnya model smoke ring lebih mahal daripada yang model kerekan.

Kalau ada istilah mengejar ilmu sampai ke negeri cina, maka dalam hal pergordenan ini saya rela mengejar sampai ke pasar Cipadu, hahaha. Kenapa ke Cipadu? Karena disana lah pusat kain sejabodetabek, dari kain seprai, gorden, baju, semua ada deh, lengkap kap kap trus harganya juga lebih murah. Oh iya, sebelum memutuskan ke Cipadu, saya ada survey ke showroom yang di Gading Serpong, Tangerang, nama tokonya Belletex. Tapi in total selisih harga untuk gorden serumah bisa sampai 2 juta dengan di Cipadu. Jadi gpp lah agak jauh dikit ke Cipadu.. lumayan 2 juta-nya bisa disimpan untuk keperluan rumah yang lain.

Kalau kalian ga punya toko yang diincar (entah langganan atau rekomendasi dari kenalan, dll) dijamin kalian pasti bingung mau mampir ke toko yang mana. Secara ya itu pasar isinya kain semua. Semua toko disitu jualnya kain-kainan. Kalau survey satu-satu ke semua toko itu kayaknya seharian ga bakal cukup deh. Untungnya saya sudah ada toko yang direkomendasikan oleh interior desainer yang menggarap kitchen set saya. Katanya dia ada toko langganan disana, udah beberapa kali pesan gitu dan menurut dia hasilnya lumayan bagus, jahitannya juga rapi. Nama toko tsb adalah “NEW TANBER”, pemiliknya adalah Pak Sony dan Istrinya, tokonya ada 2 terletak di blok B dan D.

Setelah saya contact Pak Sony, keesokkan harinya dia mengirimkan anak buahnya untuk mengukur jendela saya. Dari perhitungan kebutuhan gorden oleh anak buahnya itulah saya mendapatkan kisaran harga gorden untuk rumah saya. Total jendela di rumah saya adalah 5 jendela double dan 3 jendela single. Bahan yang saya pilih adalah blackout 80% seharga Rp. 140.000/meter dan vitrase seharga Rp. 75.000/meter. Jadi untuk jendela seluruh ruangan di rumah, saya diberi harga 6,5 juta rupiah sudah termasuk aksesoris gorden kayak rell, hook, ring dan stick), plus kena ongkos instal dan transport sebesar 200 ribu. Pada saat itu, orang yang datang ke rumah saya juga membawakan beberapa katalog bahan kain gorden, tapi karena terbatas akhirnya saya dengan ditemani suami memutuskan untuk langsung datang ke tokonya yang di Cipadu saat weekend, dan di toko tsb kami menemukan lebih banyak pilihan katalog kain gorden. Setelah memilih bahan yang disuka dan membayar DP 50%, gorden pesanan saya diantar dalam 2 minggu. Saya pesan model smoke ring dan juga kupu-kupu. Berikut hasil perburuan gorden saya:

Model Kupu-kupu Vitrase

Contact:

New Tanber
Jl. K.H. Wahid Hasyim Pertokoan KOSPIN JASA Blok B No. 3
Cipadu, Ciledug, Tangerang
Telp. 081932660522, 085283303337

Advertisements

5 thoughts on “Gorden / Gordyn

  1. Hi sis
    Postingannya bermanfaat nih kebetulan sy mau cari gorden si cipadu, cuma bingung mau beli di toko mana dan bingung milih nya
    Tar sy mau coba ke toko yg sis beli gorden, moga bs nemuin gorden yg pas dan ga kebingungan lagi 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s