Courses

Kursus Mengemudi Mobil (day 1)

Setelah pindah ke Kota Tangerang dan memutuskan beli mobil jenis city car untuk sarana transportasi, saya belum ada kesempatan untuk belajar mengemudi.. padahal pak suami janji mau ngajarin pas weekend atau hari libur, tapi kenyataannya tiap weekend atau hari libur adaaa aja halangannya.. acara keluarga sih kebanyakan, hehe. Kalau weekdays ya mobilnya dipakai pak suami untuk pergi kerja. Menurut saya perlu banget untuk bisa mengemudi mobil sendiri, biar apa-apa ga tergantung sama orang lain/suami dan bisa menggantikan posisi driver kalau dibutuhkan (jadi driver cadangan gitu deh, hehe).

Mumpung hari ini lagi lowong karena pak suami lagi dinas ke site di kalimantan, saya contact deh tempat kursus mengemudi “Purnama” yang berlokasi di jl. Merdeka (ex-Bumex), Tangerang (Telp. 021-5518132). Saya tau tempat kursus ini dari saudara ipar saya yang pernah kursus disana. Pada saat telpon saya berbicara dengan Pak Jamal yang merupakan pemilik dan juga merangkap instrukturnya. Biaya kursus di Purnama adalah Rp. 600.000 (all in) untuk 8x pertemuan dengan masing-masing pertemuan berdurasi 1 jam (hari Senin – Jumat). Dikarenakan lokasi rumah saya tidak begitu jauh dengan lokasi kursus jadi saya bisa request untuk antar-jemput tanpa dikenakan biaya tambahan 🙂 Mobil kursus adalah mobil Avanza transmisi manual yang punya double kopling dan rem pada belakang kemudi dan di penumpang depan (satu untuk peserta kursus dan satu untuk instrukturnya). Saya telpon jam 11.30 siang dan langsung dijemput di rumah jam 13.00 untuk mulai kursus (express banget yahh.. gpp, biar cepat bisa bawa mobil sendiri deh, hihi).

Pertemuan pertama langsung disuruh duduk dibelakang kemudi dong..asli saya kagok deh.. secara ga pernah bawa mobil sendiri, biasa cuma duduk manis di samping pengemudi ;p Pada pertemuan ini diperkenalkanlah saya sama kopling, rem, gas, gigi.. tapi karena saya bilang mobil saya adalah mobil dengan transmisi matic, instrukturnya bilang saya ga perlu belajar lebih dalam tentang gonta-ganti gigi, cukup tau gigi 1 dan 2 aja. Rute kursus mobil hari ini adalah jl. Merdeka, Sangiang, Taman Cibodas. Rute-rute itu adalah jalan padat di Kota Tangerang yang banyak motor seliweran, angkot stop sembarangan, banyak jalan yang bolong/rusak dan jalan yang tidak terlalu lebar. Tambah deh saya jadi panik.. tegang banget deh dibalik kemudi. Untung aja Pak Jamal orangnya sabar dan banyak kasih tips untuk bisa bawa mobil dengan smooth, jadi pas udah ditengah-tengah kursus saya udah lebih rileks. Ga kerasa saking tadi tegang bawa mobilnya, tau-tau udah 1 jam aja dan kursus hari ini sudah berakhir, lanjut besok lagi deh.

to be continued…

Update 26 Mei 2016:

Saya sebelum kursus dengan Pak Jamal ini juga pernah survey ke beberapa tempat kursus di Tangerang tapi waktu itu catatan saya hilang entah dimana. Nah, sekarang ini sudah ketemu pas bongkar-bongkar arsip lama. Saya sharing disini aja ya sekalian:

  • CV Panca Sari Jaya (Lokasi: Karawaci)
    Telp. 021-68594368 / 70942336 / 53125035
    Biaya kursus mengemudi mobil:
    – Mobil Matic: 5x pertemuan @ 2 jam, harga 950 ribu
    – Mobil Manual: 10x pertemuan @ 1 jam, harga 780 ribu
    Harga tersebut belum termasuk:
    – Charge antar-jemput ke rumah kita Rp. 100.000 per paket
    – Tips untuk instruktur per pertemuan Rp. 30.000 (wajib)
    – Biaya pembuatan SIM
  • Tania Jaya (Lokasi jl. Merdeka, Tangerang)
    Telp. 021-5520771
    Biaya kursus mengemudi mobil:
    – Mobil Matic: 4x pertemuan @ 2 jam, harga 675 ribu. (hari kursus bebas, negotiable)
    – Mobil Manual: 8x pertemuan @ 1 jam, harga 575 ribu.  (Hanya untuk hari Senin – Jumat).
    Harga tersebut belum termasuk biaya pembuatan SIM.
    Note:
    – Tidak ada antar jemput ke rumah. Kita yang harus datang sendiri ke lokasi tempat kursusnya.
    – Tidak wajib memberikan uang tips untuk instruktur.
Advertisements

One thought on “Kursus Mengemudi Mobil (day 1)

  1. Terima kasih infonya.hari ini sy coba telp pak jamal.dan lgs dijemput lgs belajar.
    Hr ini hari pertama saya masih bingung.
    Moga2 sy bisa lebih masuk lagi pelajarannya esok hari.
    Maklum msh new.jd kaku banget dah.hehehe…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s