Cooking

Siomay Ikan

sioma

Siomay merupakan jajanan favorit saya dan suami. Saya menyukai siomay sejak kuliah di Bandung dulu. Kayaknya semua siomay yang dijual di Bandung enak deh, dari yang di pinggir jalan sampai yang di restoran 😉 Namanya juga jajanan khas Bandung, hehe.

Sejak tinggal diluar Bandung, saya susah mendapatkan siomay yang enak. Kadang siomay-nya alot, saus kacangnya ga enak, ga kerasa daging ikannya, dll. Niat untuk mencoba bikin siomay sendiri sudah lama terlintas di pikiran saya, resep sudah di-bookmark, bahan sudah disiapkan, tapi rasa malas mengalahkan semua karena merasa bikin siomay itu ribet, belum pula tar bikin bumbu kacangnya.

Akhirnya niat itu kesampaian juga minggu lalu. Saya membuat siomay sendiri. Saya langsung buat 1 resep (sok pede) dengan pemikiran biar sekalian capek tapi hasilnya banyak dan bisa dibekukan di freezer. Resep saya ambil dari blog JTT “Siomay Ala si Abang” yang reviewnya banyak yang bilang enak. Tiada ikan tenggiri, ikan kakap pun jadi, wkwk (maksa!). Jangan sampai karena ketiadaan ikan tenggiri melunturkan niat saya lagi untuk mencoba resep siomay ini. Kebetulan pas di supermarket kemarin beli fillet ikan kakap-nya yang udah ga pakai kulit, jadi ga perlu di-kerok lagi daging ikannya, langsung masukin ke blender aja daging ikannya 😉 Kalau pakai kerok lagi mungkin saya mundur dari uji coba resep kali ini, hehe.

Setelah berkutat di dapur mengikuti step-step di blog JTT, akhirnya adonan siomay jadi dan siap dikukus. Saat dikukus aroma ikan terasa kemana-mana. Setelah 30 menit siomay siap disajikan dan ternyata memang benar lho resep ini hasil jadinya kaya siomay pinggir jalan abang-abang yang kenyal-kenyal gitu.. tapi tetap berasa ikannya lho karena buat sendiri. Setelah dingin pun siomay ini ga keras dan alot lho.

Saus kacangnya gimana? Nah, sebenarnya di resep JTT dicantumin juga resep saus kacangnya tapiii karena saya ga punya kacang tanah pada saat itu dan juga males karena sudah ribet dengan siomay, saya pakai bumbu pecel saja saudara-saudara! Bumbu pecel instan dilarutkan dengan air panas, bikin agak encer dan diberi perasan jeruk limau. Hasilnya? Pak Suami bilang enak lho 🙂 Memang harus kreatif ya untuk pemalas kayak saya, hahahaha.

Berikut resepnya yang diambil dari blog JTT “Siomay Ala Si Abang”

Bahan Siomay:
– 350 gram daging ayam tanpa tulang (atau gunakan ayam cincang) –> anda bisa skip ayam dan ganti dengan daging ikan. Haluskan
– 250 gram daging ikan cincang (tuna, tengiri atau ikan dengan daging putih) –>anda bisa skip ikan dan ganti dengan ayam. Haluskan
– 250 gram labu siam (1 buah labu ukuran sedang) kukus, parut atau haluskan dengan food processor
– 80 ml santan kental instan (saya pakai Kara)
– 500 gram tepung tapioka/tepung kanji (saya pakai tepung sagu)
– 1 butir telur, kocok lepas (optional)
– 1 batang daun bawang, rajang dan cincang halus jika anda tidak mempunyai food processor

Bumbu Halus:
– 7 butir bawang merah
– 5 butir bawang putih
– 1 sendok teh merica butiran

Bumbu Lainnya:
– 2 sendok teh garam
– 2 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Bahan & Bumbu Saus Kacang:
– 300 gram kacang tanah, bisa pakai yang kupas atau yang masih memiliki kulit, goreng matang
– 5 siung bawang putih
– 5 buah cabai merah keriting
– 3 butir cabai rawit
– 3 sendok makan gula Jawa, sisir
– 2 sendok makan air asam Jawa
– 2 sendok teh garam
– 500 ml air matang

Pelengkap:
– irisan jeruk limau
– saus sambal botolan
– kecap manis

Cara Membuat:

Siomay

  1. Campur daging ayam dan ikan yang telah dihaluskan dalam mangkuk besar, aduk rata.
  2. Tuang santan kental, aduk rata.
  3. Masukkan daun bawang dan labu siam yang sudah dihaluskan.
  4. Tambahkan telur kocok, bumbu halus, garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk rata
  5. Masukkan Tepung bertahap, aduk rata. Uleni sampai mendapat kekentalan yang diinginkan. (Saya pakai tepung sagu dan saat 400 gr tepung masuk adonannya sudah cukup kental jadi saya stop tepungnya). Adonan yang terbentuk tidak padat dan masih agak lembek
  6. Panaskan dandang untuk mengukus. Olesi sengan sedikit minyak. Lapisi penutup dandang dengan kain supaya air kukusannya tidak kena siomay.
  7. Bentuk siomay dengan bantuan 2 sendok makan dan masukkan ke dandang panas. Kukus dengan api sedang selama 30 menit. Angkat dan dinginkan. Siap disajikan

Saus Kacang

  1. Goreng bawang putih sebentar hingga layu dan sedikit kecoklatan, angkat.
  2. Siapkan blender, masukkan kacang tanah goreng, bawang putih, dan cabai, tambahkan air. Proses hingga halus. Jika adonan terlalu kental, tambahkan air hingga tercapai kekentalan yang diinginkan.
  3. Tuangkan saus ke dalam panci, masukkan garam, gula dan air asam Jawa. Masak hingga mendidih dan matang. Cicipi rasanya. Angkat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s