Travel Journal

Javana Spa – Heaven on Earth

2015405065100

Yup, Heaven On Earth.. Rasanya tidak berlebihan memberi nama tersebut kepada destinasi liburan Kami kemarin di Sukabumi mengingat keindahan alamnya. Long weekend kemarin (tgl 3 – 5 April 2015) Saya dan suami berkesempatan untuk liburan ke luar kota. Destinasi alam menjadi pilihan Kami karena bosan juga rasanya melihat gedung-gedung mall dan menghirup udara yang berpolusi ala perkotaan. Awalnya Kami dihadapkan dengan 2 pilihan destinasi: Bandung dan Sukabumi. Mengingat liburan ke Bandung sudah terlalu mainstream dan pastinya macet parah di kotanya saat long weekend, akhirnya Kami memilih Sukabumi sebagai destinasi liburan cantik Kami. Kami belum pernah ke Sukabumi sebelumnya, jadi pasti akan menjadi pengalaman yang baru buat Kami.

Javana Spa adalah tujuan Kami ke Sukabumi. Saya mengetahui tempat ini dari teman saya yang pernah kesana dan dia sangat memuji keindahan alamnya. Saya pun mencari info sebanyak-banyaknya tentang Javana Spa dan menghubungi marketingnya. Sayang sekali pada waktu itu saya belum bisa melakukan reservasi karena fully booked. Salah saya juga karena baru melakukan reservasi saat mendekati hari H. Oleh karena itu, belajar dari kesalahan, saya melakukan reservasi ke Javana Spa jauh-jauh hari sebelumnya, apalagi mengingat long weekend begini. Dan akhirnya saya dapat tempat untuk 2 orang, saya dan suami. Yipiee!

Mungkin beberapa dari kalian baru kali ini mendengar tentang Javana Spa. Javana Spa terletak di lereng Gunung Salak, Desa Cidahu, Sukabumi. Javana Spa ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun, terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, jadi udaranya sangat sejuk sekali. Siang sekitar 23 – 25 derajat Celcius dan malam sekitar 15 – 18 derajat Celcius, lebih dingin deh daripada di Lembang, Bandung. Udaranya juga bersih banget, bebas dari polusi. Luas kawasan Javana Spa ini 23 hektar dan masih asri dan terawat sekali, banyak pemandangan hijaunya.

2015-04-03_14-31-23

2015-04-03_14-35-37

Motto dari Javana Spa ini adalah refresh, rejuvenate dan recharge. Di tempat ini, tidak hanya menyediakan kamar layaknya hotel tapi juga paket-paket perawatan spa plus exercise. Secara harga jauh lebih murah ambil yang paket. Jadi Kami mengambil paket orientasi 2D / 1N seharga Rp. 1,7 juta / orang. Paket sudah termasuk meals 3x sehari, juice break, 2x spa treatment, bisa menggunakan fasilitas spa (sauna, whirlpool, swimming pool, dll), dan hiking. Kalau room only sekitar Rp. 1 juta / malam dan hanya dapat breakfast plus boleh menggunakan swimming pool aja, kalau mau yang lebih dari itu harus bayar lagi dengan harga yang jauh lebih mahal dari paket.

Perjalanan ke Javana Spa dari Tangerang Kami mulai dari jam 6 pagi, tgl 3 April 2015. Kenapa pagi banget? Karena Kami takut jalanan kesana akan jauh lebih macet kalau siang, namanya juga long weekend. Tol Jagorawi yang Kami lalui saat itu masih lancar. Keluar Tol Jagorawi masuk ke Tajur, Bogor, lanjut ke Jl. Raya Sukabumi. Jl. Raya Sukabumi pertengahannya masih agak lancar, tapi mendekati Cicurug, jalanan banyak yang rusak dan saat itu ada bus yang mogok sehingga macet total selama 30 menit! Setelah melewati Pasar Cicurug, jalanan sudah kembali lancar dan masuk ke daerah Cidahu. Dari jalan raya Cicurug ke Desa Cidahu tempat Javana Spa ini jauhnya sekitar 12 Km. Jalanannya banyak yang rusak dan berlubang serta berkelok-kelok dengan undakan yang curam (namanya juga naik ke lereng gunung, hehe). Dengan susah payah mobil kecil Kami (Nissan March 1200 cc) sampai dengan selamat ke Javana Spa. Fyi, kalau kalian menggunakan mobil matic, untuk menaiki undakan yang curam ini tidak cukup dengan transmisi “D”, harus ganti ke “1”, kalau ga bisa ga kuat naik gunungnya, wkwkwk.

Kami sampai di Javana Spa jam 12 siang, yang artinya Kami menempuh perjalanan dari Tangerang selama 6 jam! (Pada akhirnya Kami diberi tahu tentang jalur alternatif menuju Javana Spa oleh resepsionisnya, yaitu lewat Tenjo Ayu, jadi nanti ga melewati Pasar Cicurug lagi). Semua rasa lelah terbayar dengan pemandangan indah di depan mata. Semua serba hijau dan tertata indah.

Lake View from Dining Room
Lake View from Dining Room

Saat Kami check in, Kami diberikan welcome drink dan diajak berkeliling untuk memperkenalkan ruangan-ruangan disana. Ruang “beauty” untuk Spa Treatment, ruang “gym” untuk exercise, ruang “spa lounge” untuk tempat berkumpul sebelum hiking dan untuk juice break, ruang “dining” untuk makan pagi-siang-malam, dan tentunya ruang kamar Kami. Kamarnya gede banget lho dan ada pintu belakangnya yang ditata seperti mini garden, bagus deh. Kamar tidak dilengkapi AC (karena sudah sejuk udara pegunungan) dan TV (karena diniatkan untuk masa orientasi). Sinyal HP juga susah disini, tapi ada wifi di lobby hotel, di kamar sama sekali ga dapat sinyal.

Our Room
Our Room
Garden View from Our Room
Garden View from Our Room

Kami diberi jadwal sbb:

Tgl 3 April 2015

  • 2:00 PM : Nature Hike
  • 3:00 PM : Reflexology
  • 3:50 PM : Juice Break
  • 4:00 PM : Stretch & Relax (yoga tapi lebih kearah stretching aja)
  • 5:00 PM : Relaxation Time (bisa pakai fasilitas spa)
  • 6:00 PM : Dinner

Tgl 4 April 2015

  • 7:00 AM : Morning Hike
  • 8:00 AM : Breakfast
  • 9:00 AM : Below The Belt (Senam lantai yang difokuskan untuk lower body)
  • 10:00 AM : Yoga (for the beginner of course!)
  • 10:50 AM : Juice Break
  • 11.00 AM : Aromatic Massage
  • 12:00 PM : Free Time (bisa pakai fasilitas spa)
  • 1:00 PM : Lunch
  • 2.00 PM : Check Out

Dikarenakan masih capek akibat perjalanan Kami skip Nature Hike, lagipula hujan rintik-rintik dan bikin jalanan jadi licin. Tips: selama di Javana Spa jangan pakai sendal cantik-cantik karena jalanannya banyak berupa batu kali, licin kalau hujan! Apalagi batunya banyak lumutnya, saya yang pakai sendal khusus outdoor merk Eiger aja sering hampir kepleset, hehe. Morning Hike rutenya adalah ke air terjun, rute trekkingnya termasuk easy-medium aja sih. Tantangannya cuma jalanan licin karena batu lumutan aja ;p Air terjunnya dingin banget airnya kayak air es, saya sih cukup celap-celup kaki aja, itupun sudah berasa beku kakinya. Pak Suami sih langsung nyebur badan ke air terjun bersama tamu-tamu lain yang ikut. Ada pula yang langsung yoga pose dibawah air terjun.. alamaakk! Jumlah Tamu Indonesia dan Warga Asingnya (bule) cukup berimbang. Warga asing yang ikut serta dalam program bersama Kami ada yang berasal dari Perancis, Inggris dan Jerman. Mereka tampak antusias dalam mengikuti program ini. Menu makanan yang disajikan enak dan segar. Ada menu Indonesia dan western. Wine juga tersedia disini. Makanan Lunch dan Dinner disajikan dengan konsep appetizer-main course-dessert, kalau breakfast dengan konsep buffet.

The Waterfall
The Waterfall

Pada hari terakhir program, Kami memutuskan untuk menambah 1 hari lagi masa inap Kami disana karena badan rasanya rontok habis senam lantai plus yoga (2 jam exercise bo!).. mungkin karena faktor U (Usia), hahaha. Daripada capek trus maksain nyetir ke Tangerang 5-6 jam trus kenapa-kenapa di jalan kan tambah bahaya, mending istirahat sambil narsis2an disana (mumpung bawa tongsis, hihi). Ah emang Kami belum rela meninggalkan tempat indah ini.

Contact:

  • Javana Spa Cidahu: 026 – 6735249
  • Javana Spa Head Office Kemang : 021-7198327/28 atau 081315235835
  • http://javanaspa.co.id/
Iklan

2 thoughts on “Javana Spa – Heaven on Earth

  1. Thank you buat ulasannya. Salam kenal. Saya Lanny. Saya jg ada rencana ingin ke Javana spa dalam waktu dekat. Boleh minta advice mengenai masalah tipping di sana? Makasih ya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s