Baking

Lady Finger Untuk Layer Tiramisu

Niat untuk bikin tiramisu sebetulnya sudah lama ada, bahan-bahannya pun sudah dibeli, tapi belum ada nyali buatnya, hahaha. Alhasil kepikiran bikin Lady Finger-nya dulu deh untuk layer tiramisunya. Biar kalau sudah ada nyali dalam waktu dekat ini bisa coba bikin. Sebenarnya untuk tiramisu, selain Lady Finger bisa menggunakan Sponge Cake untuk layer-nya. Tapi saya sih merasa lebih original dan autentik kalau tiramisu pakai Lady Finger. Lady Finger ini kalau malas bikin bisa beli jadi di TBK, tapi bentuknya kayak kue lidah kucing gitu. Biasa kalau buat tiramisu cake, Lady Finger yang bentuk seperti itu dipakai untuk pagar sekeliling cake-nya dan disusun di loyang untuk layer tiramisunya. Nah kalau yang mau bikin tiramisu dalam bentuk cup, sepertinya harus berjuang sendiri ya karena harus custom ukuran Lady Finger-nya sesuai dengan ukuran cup-nya. Berikut resep Lady Finger yang saya ambil dari NCC dan sedikit saya modifikasi.

Lady Finger

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 1/8 sdt garam
  • 1/2 cup gula pasir (115 gram)
  • 1 sdt vanila ekstrak
  • 2/3 cup terigu (75 gram, saya pakai tepung Segitiga Biru)

Cara Membuat:

  1. Pisahkan kuning telur dari putihnya
  2. Kocok putih telur dan garam sampai kaku
  3. Di mangkuk terpisah, kocok kuning telur dan ekstrak vanila, tambahkan gula pasir, kocok sampai kental dan rata.
  4. Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk dengan teknik lipat balik menggunakan spatula sampai rata.
  5. Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata.
  6. Siapkan plastik segitiga dan spuit bulat, masukkan adonan ke kantong dan semprotkan ke loyang yang sudah diolesi margarin sesuai ukuran yang dikehendaki. Beri jarak satu sama lain sekitar 2 cm.
  7. Panggang dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 10-15 menit, sampai tepi kue-nya berwarna kecoklatan. Angkat dan dinginkan.

Untuk eksekusi resep tiramisunya saat ini masih mengumpulkan niat dan nyali. Kalau sudah ada hasil tiramisunya akan saya posting terpisah, hehe.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s