Travel Journal

Catatan Perjalanan Hong Kong – Macau – Shenzhen (Day 2)

… Sambungan cerita “Catatan Perjalanan Hong Kong – Macau – Shenzhen (Day 1)”…

Hari ini kami beredar di Hong Kong saja. Menikmati suasana kota Hong Kong. Fyi, untuk memasuki negara Hong Kong tidak diperlukan visa bagi pemegang passport Indonesia kayak kita. Mungkin itu sebabnya banyak banget ketemu turis Indonesia (atau TKW Indonesia ya..?!) selama disana. Hong Kong ini wilayahnya terbagi menjadi 4 kawasan besar: Lantau Island, Hong Kong Island, Kowloon  dan New Territories. Untuk sarana transportasi di Hong Kong ada beberapa alternatif:

  1. MTR / subway (kalau di Singapore namanya disebut MRT)
    Biaya tergantung jauh dekatnya stasiun awal dengan stasiun tujuan. Biaya, waktu tempuh, route map bisa dilihat di website MTR Hong Kong http://www.mtr.com.hk. MTR ini akan berhenti di setiap stasiun dan ada notifikasinya menjelang berhenti di stasiun.
  2. Bus
    Biaya tergantung pilihan nomor bus. Kita masuk dari pintu depan terus tap Octopus Card (kalau ga pakai Octopus Card harus bayar pakai uang pas ya karena tidak ada kembalian) kemudian pilih tempat duduk. Kalau mau turun pencet bel “STOP” sebelum bus stop-nya dan turun lewat pintu tengah. Kalau ga pencet bel ya jalan terus deh bus-nya. Jadi jangan sampai ketiduran di bus ya. hehe. Public bus di Hong Kong dikuasai 2 perusahaan besar: KMB (Kowloon Motor Bus) dan Citybus & NWFB. Untuk rute dan biaya bisa dilihat di websitenya http://www.nwstbus.com.hk dan http://www.kmb.hk. Oya, bus di Hong Kong ini bagus dan nyaman koq, bersih juga.
  3. Mini Bus
    Bus kecil dengan kapasitas penumpang max. 16 orang. Saya belum pernah naik mini bus ini sih selama di Hong Kong, jadi belum bisa review. Penjelasannya bisa dilihat di websitenya langsung aja http://www.td.gov.hk
  4. Taxi
    Ini moda transportasi paling elit. Biaya untuk 2 Km pertama berkisar HKD 17 – 22 dengan penambahan biaya tiap 200 meternya HKD 1 – 1,6 (tergantung tipe taxi dan jarak tempuhnya). Kalau ketemu supir taxi yang mengenakan kita over charge kita bisa complain ke Transport Complaints Unit Hotline. Jadi cukup aman lah taxi di Hong Kong, ga akan ada yang main tembak harga, hehe. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di websitenya http://www.td.gov.hk
  5. Ferry
    Kapal ferry ini menghubungkan pulau-pulau besar di Hong Kong. Salah satu kapal ferry yang terkenal adalah Star Ferry. Kapalnya besar dan bisa menampung banyak penumpang. Dermaga dan juga kapalnya bersih dan nyaman. Biaya tergantung rute yang diambil. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di http://www.starferry.com.hk

Catatan penting: Makan dan minum dalam kendaraan umum dilarang di Hong Kong. Merokok juga dilarang di Hong Kong dan ada denda yang besar kalau melanggarnya.

Kamis, 14 Mei 2015

  1. The Peak (Victoria Peak)
    Terletak di Hong Kong Island. The peak ini berada pada ketinggian 552 meter diatas permukaan laut. Dari The Peak kita bisa melihat pemandangan kota Hong Kong yang dipenuhi gedung bertingkat serta pemandangan lautnya. Untuk menuju kesana ada 2 alternatif transportasi:a) MTR : Dari Hong Kong station ambil exit D. Dari terminal bus Exchange Square, naik bus no. 15 (perjalanan sekitar 1 jam). Langsung turun di The Peak. Biaya HKD 9,8
    b) Peak Tram Sky Pass: Naik dari terminal Lower Peak Tram di Garden Road, Central. Perjalanan hanya sekitar 10 – 15 menit. Biaya one way per orang HKD 28, tapi lebih murah kalau ambil return ticket HKD 40. Kenapa lebih cepat? Karena tram ini bikin jalur di tengah bukit, jadi kita langsung naik / turun bukit. Kalau bus kan harus muterin jalan pinggir bukit makanya lebih lama. Harus nyobain naik tram ini deh, experience-nya beda karena kita akan berasa naik / turun bukit dengan sudut kemiringan yang fantastis! gedung-gedung tinggi yang disamping bukit aja sampai berasa miring kelihatannya, hehe.

    Pemandangan Hong Kong dari The Peak
    Pemandangan Hong Kong dari The Peak
    Ini dia Sky Terrace 248
    Ini dia Sky Terrace 428

    Untuk melihat pemandangan dari The Peak ini gratis koq, kecuali kamu masuk ke Sky 428 Terrace yang terletak di The Peak Tower, kamu harus membayar HKD 48 per orang. Keistimewaannya adalah kamu akan berada di titik tertinggi dari The Peak Tower untuk melihat pemandangan kota Hong Kong. Kalau saya sih lebih milih yang gratisan aja, hehe.
    Di The Peak ini juga ada Madame Tussauds, itu lho museum patung lilin dari para selebritis kelas dunia. Tiket masuknya agak mahal HKD 245, tapi kalau beli online paling ga sehari sebelumnya kamu akan dapat potongan harga 40% jadi HKD 141 per orang. Karena keterbatasan waktu dan budget, kami lebih memilih poto gratisan dengan patung Bruce Lee yang ada di depan counter ticket aja, hahaha.

    Koleksi patung Bruce Lee di Madame Tussauds
    Koleksi patung Bruce Lee di Madame Tussauds
  2. Golden Bauhinia Square
    Golden Bauhinia ini adalah monumen pelepasan Hong Kong dari pemerintahan Inggris untuk dikembalikan ke pemerintahan Cina tgl 1 Juli 1997.
    Dari terminal Lower Peak Tram kami jalan ke stasiun MTR Central, naik MTR dan turun di stasiun MTR Wan Chai, ambil exit A5. Kemudian jalan kaki melewati Immigration Tower dan Central Plaza menuju Hong Kong Convention and Exhibition Center.Golden Bauhinia Square ini ada di belakang Hong Kong Convention and Exhibition Center.
    Menurut saya sih, monumen ini biasa banget keliatannya, hanya saja mengandung makna historis. Jadi jangan dikhususin datang kesini, kesininya pas kalau sekalian lewat aja.

    Golden Bauhinia Square
    Golden Bauhinia Square
  3. Avenue of Star
    Avenue of Star ini adalah kawasan turis yang isinya ada patung, cap tangan dan tanda tangan artis-artis yang berjaya di industri perfilman Hong Kong. Salah satu yang terkenal adalah patung Bruce Lee. Disini juga tempat berlangsungnya Simphony of Light pada malam hari, tepat jam 8 malam. Simphony of Light ini adalah pertunjukan laser dan lampu warna warni dari beberapa gedung tinggi di Hong Kong for free. Menurut saya sih atraksi ini ga seberapa bagus kalau dibandingkan dengan yang di Singapore (Wonder Full Light and Water Show di Marina Bay Sands).

    Patung Bruce Lee di Avenue of Stars
    Patung Bruce Lee di Avenue of Stars
    Salah satu cap tangan selebriti di Avenue of Stars
    Salah satu cap tangan selebriti di Avenue of Stars

    Dari Golden Bauhinia Square, kami jalan ke terminal Wan Chai Star Ferry. Naik Star Ferry dengan tujuan Tsim Sha Tsui dengan Biaya HKD 2,5 per orang

Catatan:

  • Untuk transportasi Ferry dan Tram juga bisa menggunakan Octopus Card untuk pembayarannya
  • Untuk top up saldo Octopus Card bisa dilakukan di toko 7-11 (Sevel)
  • Harga makanan di Hong Kong mahal-mahal dan kalau kamu muslim, sebaiknya tanya dulu makanan itu mengandung babi ga? Karena dari pengamatan saya sih hampir semua makanan yang dijual ada yang pakai babi, bahkan roti-rotian aja ada yang pakai daging babi. Untuk penghematan biasa saya beli makanan di McD atau Sevel.
  • Semua toko di Hong Kong tidak memberikan kantong plastik setiap kita belanja. Jadi setiap kita belanja harus bawa tas belanja sendiri. Tujuannya supaya masyarakat Hong Kong melakukan penghematan kantong plastik. Kalau saya sih prefer bawa ransel pas jalan-jalan di Hong Kong jadi belanjaan bisa ditaruh di ransel.
  • Siap-siap jalan jauh kalau kamu menggunakan transportasi umum di Hong Kong. Dari stasiun MTR menuju tempat lokasi yang dituju biasanya harus jalan kaki sekitar 15 menit melewati trotoar jalan umum. Ga seperti di Singapore yang keluar dari stasiun MTR udah masuk mall dan menuju tempat tujuan ga terlalu jauh. Saran saya gunakan sepatu yang nyaman saat jalan-jalan di Hong Kong. Saya lihat warga Hong Kong rata-rata menggunakan sepatu kets untuk bepergian dengan transportasi umum.
  • Bawa map Hong Kong kemanapun kamu pergi di Hong Kong, berguna banget map-nya. Ambil map di Airport ketika kamu sampai.
  • Warga Hong Kong bukan tipe orang yang ramah kayak di Indonesia. Cenderung tanpa senyum dan basa-basi. Mereka mayoritas menggunakan bahasa Canton (Kong Hu). Bahasa Inggris juga acceptable di Hong Kong.

Review Today Expenses:

  • Breakfast sandwich at Sevel : HKD 6 = IDR 10.194
  • Drinking Water 1,5 L at Sevel : HKD 12,5 = IDR 21.237
  • Lunch at McD The Peak : HKD 81 = IDR 137.619
  • Lunch again at Circle K Hong Kong Convention and Exhibition Center : HKD 43 = IDR 73.057 (maklum karena perjalanan jauh jadi lapar terus bawaannya)
  • Dinner and Drinking Water 1,5 L at Sevel : HKD 46,3 = IDR 78.664
  • Bread and Snack at Sevel : HKD 26 = IDR 44.174 (untuk sarapan esok harinya)
  • Top Up Octopus Card for 2 person at Sevel : HKD 100 = IDR 169.900

Total Today Expenses in IDR = 534.845

(Exchange Rate kami sesuai yang ditukarkan ke money changer per 11 Mei 2015: HKD = 1699, CNY = 2114, SGD = 9855)

To be continued

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s