Travel Journal

Catatan Perjalanan Hong Kong – Macau – Shenzhen (Day 5)

… Sambungan “Cerita Perjalanan Hong Kong – Macau – Senzhen (Day 4)”…

Hari ini kami manfaatkan untuk explore Hong Kong saja sebelum besok balik lagi ke Jakarta. Agenda hari ini cukup santai dan ga hectic seperti biasa. Efek dari agenda yang padat beberapa hari sebelumnya bikin encok dan kaki pegel, mungkin faktor usia juga ya, hahaha.

Minggu, 17 Mei 2015

  1. Ngong Ping Village
    Objek wisata di Ngong Ping Village ini adalah Big Buddha, yaitu patung Buddha ukuran besar yang terletak diatas bukit. Mirip dengan Big Buddha di Phuket. Untuk menuju Big Buddha kita harus menaiki 250 anak tangga menuju puncak bukit. Lumayan bikin pegal kaki lah, hehe. Saat sampai disana udara-nya dingin khas dataran tinggi gitu. Plus ada hujan angin kabut juga menjelang pulang. Jadi jangan lupa bawa payung dan jaket ya (kalau ga tahan udara dingin). Ngong Ping Village ini ga terlalu besar banget area-nya. Banyak toko yang jual aksesoris, oleh-oleh dan makanan. Untuk yang mau makan hemat juga ada Sevel disini koq, hahaha.
    Untuk menuju Ngong Ping Village ada 2 alternatif yaitu via bus dan cable car. Kalau kami sih lebih memilih cable car karena lebih cepat sampainya dan juga mau melihat pemandangan Hong Kong dari atas cable car. Cable car ini ada 2 tipe kabin, yaitu crystal cabin dan standard cabin. Keistimewaan crystal cabin adalah lantai cabin-nya terbuat dari kaca kristal tembus pandang, jadi kita bisa melihat pemandangan 360 derajat. Saya memilih standard cabin aja karena lebih murah tentunya dan saya adalah tipe orang yang takut ketinggian. Untuk round trip ticket harganya jauh lebih murah yaitu HKD 165 per orang. Perjalanan ditempuh selama 30 menit.
    2015517124523
    2015517132239Untuk menuju Ngong Ping Cable Car Terminus dari apartemen kami, kami naik MTR dari stasiun Kowloon dan turun di Tung Chung. Kemudian lanjut cable car ke Ngong Ping. Sebelum naik cable car kami berkunjung ke City Gate Outlet yang berdekatan dengan stasiun MTR Tung Chung. Kami pergi ke money changer yang terletak di B2 mall ini dan ternyata rate-nya cukup bagus lho. Kami menukarkan mata uang RMB kemarin yang kelebihan menjadi mata uang HKD. Setelah itu kami jalan-jalan sambil survey harga di toko-toko brand ternama, membandingkan harga item yang sama dengan di Indonesia. Menurut saya ga terlalu beda jauh ya, paling beda sekitar 30 – 50 ribu rupiah per item dengan yang di Indonesia. Makanya saya heran koq orang-orang bilang belanja di Hong Kong jauh lebih murah. Mungkin kalau beli dalam jumlah banyak kali ya baru dapat special price. Waktu itu saya cuma beli baju kaos Giordano aja, 4 pcs dapat harga promo HKD 199. Di toko Giordano itu banyak sekali turis dari Indonesia yang belanja, hehe. Untuk makan kami memilih makan di food court mall, nama food court-nya adalah Food Republic. Lumayan terjangkau lah harga makanannya.
  2. Disneyland Hong kong
    Selesai dari Ngong Ping kami mampir ke Disneyland Hong Kong. Menikmati suasana Disneyland yang gratisan tanpa harus masuk ke theme park-nya, hehe. Kenapa kami ga mau masuk ke theme park-nya? Konon dari info yang saya dapat, wahana di Disneyland Hong Kong ini lebih cocok untuk anak kecil, kalau masuk kesana tanpa bawa anak pasti akan bosen katanya, kecuali kamu adalah fans maniak Disney, hehe. Karena ga masuk theme park-nya kami foto-foto di gerbang masuknya, tamannya, dermaganya dan bahkan kami juga masuk ke hotel-hotel di kawasan Disneyland ini. Ada 2 hotel di Disneyland ini yaitu: Hong Kong Disneyland Hotel dan Disney’s Hollywood Hotel. Hong Kong Disneyland Hotel didesain bergaya Victorian Classic dengan banyak pernak-pernik Mickey Mouse sebagai salah satu tokoh Disney. Disney’s Hollywood Hotel didesain lebih casual dan tetap dengan pernak pernik Mickey Mouse. Untuk harga, lebih murah menginap di Disney’s Hollywood Hotel daripada Hong Kong Disneyland Hotel. Detail harga bisa dilihat di website-nya https://www.hongkongdisneyland.com/hotels. Ada free shuttle bus juga dari stasiun MTR Disney ke hotel-hotel tersebut. Kalau jalan kaki memang agak jauh sekitar 15 – 20 menit.
    2015517155146 2015517155352
    2015517160414
    2015517161116
    20155171638112015517171405 2015517174019Untuk pergi ke Disneyland ini, kami dari Tung Cung naik MTR dan turun di stasiun Sunny Bay. Dari Sunny Bay ini akan ada kereta ke Disneyland. Keretanya lucu lho, jendelanya bentuk kepala Mickey Mouse dan interiornya banyak patung tokoh Disney.
  3. Ladies Market
    Tempat ini semacam Chatuchak Weekend Market kalau di Bangkok, hanya saja Ladies Market ini tidak hanya buka pas weekend tapi setiap malam dan dengan susunan tenda jualan yang tidak beraturan. Tidak dipisahkan per kategori. Agak susah menjelajahi tempat ini karena ramainya pengunjung. Saking banyaknya orang Indonesia yang belanja disini, beberapa tenda jualan menuliskan harga dan keterangan jualannya dalam bahasa Indonesia lho! Saya ga belanja banyak disini, cuma beberapa pernak pernik aja yang dibeli, karena kalau dilihat barang jualannya mirip-mirip kayak di ITC gitu deh. Lagian uang HKD kami sudah sekarat dan disini susah cari money changer yang mau terima IDR.
    Untuk menuju tempat ini, naik MTR dan turun di stasiun Mong Kok, ambil exit E2. Untuk makanan banyak kedai-kedai kecil gitu di pinggir tenda-tenda jualan tapi menurut kami suasananya kurang nyaman. Kami memilih makan di resto yang bernama Cafe de Coral. Tak disangka harga makanannya cukup murah dan lebih nyaman (AC, ada toilet, dan ga berdesak-desakan). Setelah tersesat sana sini di Ladies Market, kami ke Langham Place mall untuk kemudian naik MTR dari basement Langham Place ke arah pulang. Sebelum naik MTR kami singgah sebentar di supermarket di Langham Place ini untuk beli drinking water dan snack. Ternyata.. drinking water sini harganya jauh lebih murah dari di Sevel! Bisa beda sampai HKD 5 per botol, ckck. Tapi apa daya ya, yang dekat apartemen cuma Sevel aja.

Catatan:

  • Kalau ke Ladies Market dan niat belanja, bawa uang HKD yang cukup. Kalau perlu ke money changer, siapin uang dalam mata uang negara-negara besar seperti USD, SGD, dll.. IDR kurang laku disini. kalau ada pun nilai tukarnya rendah banget dan bikin rugi.
  • Hati-hati pickpocket di Ladies Market soalnya tempatnya ramai banget

Review Today Expenses:

  • Top up Octopus Card at Sevel for 2 person: HKD 200 = IDR 339.800
  • Shopping at Giordano City Gate Outlet: HKD 199 = IDR 338.101
  • Cable Car Ngong ping Round Trip for 2 person: HKD 330 = IDR 560.670
  • Lunch at Food Republic: HKD 96 = 163.104
  • Dinner at Cafe de Coral: HKD 80 = IDR 135.920
  • Shopping at Ladies Market: HKD 30 = IDR 50.970
  • Supermarket at Langham Place: HKD 63 = IDR 107.037

Total Today Expenses in IDR = 1.695.602

(Exchange Rate kami sesuai yang ditukarkan ke money changer per 11 Mei 2015: HKD = 1699, CNY = 2114, SGD = 9855)

To Be Continued

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s