Baking · Liz Kitchen

Bolu Jerman (BolJer)

Bolu ini lagi ngetrend banget di grup NCC (Natural Cooking Club) di Facebook. Saya jadi ikutan latah bikin karena penasaran kayak gimana sih Bolu Jerman ini. Saya juga ga ngerti asal muasalnya kenapa bolu ini bisa dibilang Bolu Jerman, tau-tau banyak resep yang beredar di Facebook. Ada 2 metode pembuatan Bolu Jerman ini: All in one dan ala Sponge Cake. All in one method ini sesuai dengan resep aslinya yaitu semua bahan dicampur (kecuali mentega cair) dan dikocok bersamaan. Sedangkan ala Sponge Cake method adalah bahan kering (tepung, susu bubuk) dimasukkan setelah pengocokan bahan lain (telur, gula, emulsifier). Dalam resep ini saya menggunakan metode ala Sponge Cake karena dari berbagai review ibu-ibu di grup banyak yang hasilnya bantat dan tidak mengembang dengan menggunakan all in one method. Banyak juga yang bilang kalau menggunakan all in one method ini hasil adonannya cenderung cair, susah kental. Yah daripada sayang kan bahan-bahannya kebuang karena hasilnya tidak memuaskan, lebih baik saya pakai metode modifikasi aja alias ga ikut resep aslinya. Mungkin metode all in one itu hanya bisa dilakukan oleh para ahli, bukan pemula kayak saya, hehe.

Bolu ini hasilnya lembut, pori-porinya kecil dan tidak eneg karena rasa manisnya pas. Untuk yang senang dengan bolu-bolu polos rumahan sepertinya cocok deh dengan Bolu Jerman ini. Saya memodifikasi dengan menambahkan choco chips, tapi karena ketidaktahuan saya, saya tidak menambahkan terigu di choco chips-nya sehingga akhirnya choco chips-nya jadi tenggelam di dasar adonan, huhuhu, padahal pengennya choco chips-nya menyatu dengan adonannya. Resep saya ambil dari grup NCC di Facebook, katanya resep aslinya ditulis oleh Eba Chan.

Bahan:

  • 6 kuning telur (suhu ruang)
  • 3 putih telur (suhu ruang)
  • 100 gram mentega (saya pakai salted butter), cairkan diatas kompor dengan api kecil, tidak perlu sampai mendidih biar kadar airnya tetap terjaga.
  • 100 gram gula pasir
  • 60 gram tepung terigu, ayak
  • 35 gram tepung maizena, ayak
  • 25 gram susu bubuk, ayak
  • 1/2 sdt emulsifier (TBM / SP, saya pakai TBM)
  • 1/2 sdt vanili
  • 2 sdm air (saya tidak pakai)

Bahan Tambahan: saya pakai choco chips. Choco chips seharusnya ditaburi / dicampur sedikit terigu dulu supaya menyatu dengan adonan dan tidak tenggelam seperti punya saya.

Cara Membuat:

Metode ala Sponge cake

  1. Campur telur, gula pasir, vanili, dan emulsifier. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi selama sekitar 10 menit sampai berbusa dan rata.
  2. Campur tepung terigu, maizena dan susu bubuk yang telah diayak. Masukkan dalam adonan telur yang sdh dikocok sedikit demi sedikit sampai habis sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah selama 10 menit sampai adonan menjadi kental berjejak.
  3. Masukkan mentega cair sedikit demi sedikit dan aduk dengan spatula dengan metode aduk balik.
  4. Masukkan choco chips yang telah dilumuri terigu ke dalam adonan dan aduk rata dengan spatula.
  5. Masukkan ke loyang yang telah diolesi mentega dan ditaburi sedikit terigu tipis. Ketuk pelan loyang untuk meratakan adonan. (Saya pakai loyang bulat diameter 22 cm dengan tinggi 7 cm)
  6. Panaskan oven 15 menit sebelumnya
  7. Panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama 45 – 50 menit sampai permukaannya berwarna kecoklatan. Angkat dan segera keluarkan dari loyang.

Note: Saat dalam oven adonan akan mengembang, tapi saat keluar oven bolu-nya agak mimpes, jadi hasil akhirnya memang bolu-nya tidak tinggi. Ada juga yang menyarankan menggunakan loyang tulban supaya bisa mengembang maksimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s