Baking · Liz Kitchen

Braided Nutella Star Bread

Ini sekali-kalinya saya mencoba “ber-seni” di dapur. Biasanya saya selalu bikin kue atau roti yang praktis-praktis aja. Tapi saya jadi tertantang untuk mencobanya karena bentuknya yang cantik dan unik. Penasaran gimana cara membentuk roti seperti itu. Dikarenakan masih percobaan pertama jadinya masih kurang rapi menurut saya, tapi hasil kerja keras sendiri harus dibanggakan dong! hahaha. Resep saya ambil dari blog Hesti Kitchen.

Bahan:

  • 450 gram tepung terigu protein sedang + 50 gr untuk taburan
  • 225 ml susu cair
  • 70 gram gula pasir
  • 1 1/2 sdt ragi instan (saya pakai merk Haan)
  • 2 kuning telur (putihnya bisa dipakai untuk olesan)
  • 30 gram butter (saya pakai salted butter)
  • 1/3 sdt garam
  • 200 gram selai cokelat (saya pakai Nutella)

Cara Membuat:

  1. Panaskan susu cair, asal hangat, sekitar 30 derajat celcius saja (jangan terlalu panas karena raginya nanti akan mati). Angkat
  2. Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata. Masukkan kuning telur, butter, garam, dan susu cair. Mixer atau uleni sampai kalis. Tutup dengan serbet bersih lembab / clingwrap dan biarkan sampai mengembang 2x lipat, sekitar 45 menit.
  3. Kempeskan adonan. Bagi adonan 4 bagian sama banyak (timbang kalau perlu).
  4. Giling tipis adonan hingga membentuk lingkaran berdiameter 30 cm. Pindahkan adonan ke dalam loyang yang dialasi kertas roti dan diolesi mentega (atau bisa pakai silpat).
  5. Olesi lingkaran adonan layer 1 dengan Nutella. Tutup dengan lingkaran adonan layer 2. Olesi lagi Nutella. Tutup dengan lingkaran adonan layer 3. Olesi lagi Nutella. Tutup dengan lingkaran adonan layer 4.
  6. Buat tanda lingkaran kecil di tengah lingkaran layer 4 dengan gelas (jangan sampai terlalu dalam menekan gelasnya di adonan ya). Potong tumpukan adonan tsb 16 bagian sama besar tanpa menyentuh lingkaran kecil yang dibuat dari gelas tadi.
  7. Pelintir tiap ujung bagian sehingga bertemu dengan ujung sebelahnya. Bisa dilihat dengan detail pengerjaannya di link berikut: Handimania
  8. Setelah jadi, diamkan adonan 15 – 20 menit. Oles dengan putih telur lalu panggang di oven dengan suhu 190 derajat celcius selama 20 menit sampai adonan terlihat kecoklatan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s