Baking · Liz Kitchen

Kue Sus Isi Vla Vanila

2014-04-22-16-18-13_deco

Siapa sih yang ga suka dengan kue sus klasik yang biasa dijual abang-abang di pasar? Kue sus ini dari jaman saya kecil sampai dengan sekarang selalu jadi favorit. Setelah menikah dan tinggal di Sorowako, agak susah menemukan yang jualan kue sus ini. Mau ga mau harus bikin sendiri deh. Resep ini merupakan kombinasi dari resep kue sus NCC dan JTT. Adonan kulitnya memakai resep NCC dan adonan isi Vla Vanila-nya memakai resep JTT. Saya pribadi lebih suka isi sus yang berupa vla bukan whip cream, jadi tiap kali bikin selalu yang isi vla. Tektur kulitnya agak kokoh karena menggunakan tepung terigu protein tinggi. Apabila mau diganti dengan tepung terigu protein sedang juga bisa dengan menambahkan 1 sdt baking powder ke dalam adonannya supaya kulit tetap kokoh berongga.

Dari hasil beberapa pengalaman praktek resep ini, dari kulit sus yang bantat sampai dengan ga bisa di-spuit, berikut saya sampaikan tips yang mungkin berguna untuk pemula.

  • Jangan memasukkan telur pada saat adonan masih panas karena nanti telurnya bisa masak dan tidak menyatu dengan adonan kulitnya.
  • Jumlah telur yang dimasukkan untuk adonan kulit tidak usah dijadikan patokan pasti. Kalau sudah merasa kulitnya cukup kental dan bisa dispuit, hentikan penambahan telur berikutnya. Misal dalam resep ini ditulis 4 butir telur, coba dulu bagaimana hasil adonan jika dengan penambahan 3 butir telur saja. Kalau sudah cukup kekentalannya dan bisa dispuit, telur berikutnya tidak usah dimasukkan lagi.

Berikut resep untuk kulit dan vla yang biasa saya pakai.

Kulit Sus (Resep by NCC)

Bahan:

  • 225 ml air
  • 100 gr margarin
  • 1 sdm gula pasir
  • 125 gr tepung terigu protein tinggi
  • 4 butir telur

Cara Membuat:

  1. Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
  3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata.
  4. Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin, panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 derajat Celsius) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya.
  5. Angkat dan dinginkan di cooling rack. Gunting sedikit kulit sus untuk memasukkan adonan vla-nya

Vla Vanila (Resep by JTT)

Bahan:

  • 4 butir kuning telur
  • 50 gram tepung maizena
  • 100 gram gula halus (haluskan gula pasir menggunakan blender)
  • 500 ml susu cair
  • 1 sdt vanilla ekstrak
  • 50 gram mentega

Cara Membuat:

  1. Dalam mangkuk kecil, masukkan tepung maizena, gula halus, dan kuning telur. Aduk rata menggunakan spatula balon. Sisihkan.
  2. Masukkan susu ke panci, rebus hingga mendidih menggunakan api kecil. Angkat.
  3. Ambil kira-kira 200 ml susu panas, tuangkan ke adonan telur dan tepung. Aduk cepat menggunakan spatula balon hingga menjadi adonan yang smooth dan tercampur baik.
  4. Masukkan adonan ke sisa susu panas di panci. Masak kembali menggunakan api kecil sambil adonan di aduk-aduk agar tidak gosong hingga menjadi pasta yang kental. Angkat

Finishingnya ada beberapa kue sus yang saya celupkan ke lelehan coklat untuk variasi. Mau yang polos maupun yang coklat sama-sama enak menurut saya 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s