Cooking · Liz Kitchen

Martabak Manis (Terang Bulan)

Martabak manis adalah salah satu snack favorit orang Indonesia. Hampir di setiap tempat selalu ada yang jualan martabak. Sekarang malah martabak-nya punya berbagai varian yang unik-unik: martabak brownies, martabak green tea, dll. Tapi saya belum coba sih yang varian tsb. Untuk percobaan pertama kali lebih baik versi original aja menurut saya. Kalau udah sukses baru deh modifikasi sana-sini sesuka hati, hehe.

Percobaan martabak manis saya ini agak kurang sukses karena saya tidak memakai Baking Powder Double Acting (BPDA) seperti yang ditulis di resep. Waktu itu hanya ada stok Baking Powder biasa aja di dapur. Efeknya adalah lubang-lubangnya kurang berongga. Trus penggunaan loyang juga berpengaruh. Konon disarankan untuk menggunakan loyang khusus martabak dari bahan besi tebal seperti yang digunakan abang-abang jualan karena akan menghasilkan panas yang lebih merata dibandingkan dengan menggunakan teflon saja. Dikarenakan saya tidak punya loyang martabak, jadi percobaan resep ini saya hanya menggunakan wajan teflon saja. Untuk yang bermodalkan wajan teflon saya seperti saya, dianjurkan untuk membuat martabaknya lebih tipis karena kalau ketebalan takutnya bagian tengah belum matang tapi kulitnya sudah hangus.

Soal rasa sih menurut saya ga kalah lah dengan martabak yang dijual di pasaran. Lebih sehat pula karena kita menggunakan bahan-bahan yang masih fresh dan kadar gula-nya bisa diatur sendiri (biar ga terlalu feel guilty, hehe). Resep saya ambil dari blog Just My Ordinary Kitchen. 1 resep ini akan menghasilkan 2 buah martabak apabila kita menggunakan teflon diameter 18 cm.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 400 ml air / susu cair
  • 30 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur (kalau mau lebih lembut, pakai kuning telurnya saja)
  • 1 sdt BPDA

Bahan Tambahan per loyang: 1 sdt soda kue dan gula pasir untuk taburan.

Bahan Isi: Sesuai selera (coklat, keju, meises, dll) dan susu kental manis.

Bahan Olesan: Butter / Margarin

Cara Membuat:

  1. Ayak terigu dan baking powder. Sisihkan
  2. Kocok telur, gula dan garam sampai gula larut. Tambahkan susu cair. Aduk rata
  3. Masukkan campuran terigu dan baking powder. kocok rata sampai lembut dan tidak ada gumpalan terigu. Bila masih ada, bisa disaring. Diamkan selama 1 jam atau lebih.
  4. Panaskan loyang martabak sampai benar-benar panas dan merata. Loyang tidak perlu dioles. Jika sudah panas kecilkan api-nya hingga ukuran api terkecil. Biarkan 10 menit hingga panasnya stabil.
  5. Bagi 2 adonan. Tambahkan 1/4 sdt soda kue yang diencerkan bersama 1 sdm air. Aduk cepat merata dan tuangkan ke loyang yang sudah panas tadi. Biarkan sampai muncul gelembung dan lubang-lubang. Taburi dengan gula pasir. Tutup loyang dan masak hingga permukaan martabak kering (tidak cair / basah lagi) dan matang.
  6. Angkat. Oles segera dengan bahan olesan. Beri bahan isian dan belah 2 bagian, tumpuk. Oles lagi kulit luarnya dengan bahan olesan. Potong-potong dan sajikan hangat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s