Cooking · Liz Kitchen

Puding Coklat Biskuit Marie Regal Vla Vanila-Rhum

Suatu ketika saya sedang kangen dengan puding jadul, yaitu Puding Marie Regal. Versi klasiknya adalah puding 3 lapis (bening – kuning – coklat), dengan susunan biskuit Marie Regal di dalam puding beningnya. Puding marie Regal klasik ini dimakan begitu saja tanpa vla. Saya pernah coba bikin waktu di Sorowako dulu, tapi entah kenapa menurut saya biasa aja rasanya, kurang nendang. Suami juga ga terlalu suka. Kali ini saya dapat resep modifikasi dari puding versi klasik tersebut. Resep ini menggabungkan puding busa dan puding susu dengan rasa coklat plus vla yang enak. Hasilnya memang tidak mengecewakan. Komentar suami juga bagus, dia bilang enak 😉 Resep vla saya modifikasi dengan penambahan rhum, tapi kalau yang tidak suka rhum bisa diskip saja. Dikarenakan saya cuma punya Marie Regal ukuran kecil di rumah, jadinya saya membuat susunan biskuitnya 2 lapis dengan maksud supaya lebih berisi biskuitnya, tapi ternyata biskuitnya jadi tidak lembut saat dimakan, keras nggak, lembek juga nggak, cenderung kayak biskuit “masuk angin” gitu, wkwk. Kayaknya memang ketebalan deh buat lapisan biskuitnya. Next time saya akan bikin 1 lapis aja sesuai resep. Untuk coklat bubuk yang dipakai akan mempengaruhi warna puding. Untuk lapisan puding busa coklatnya (bagian atas) saya menggunakan coklat bubuk merk Van Houtten dan hasilnya adalah coklat yang agak kemerahan (tidak pekat). Bagian puding susu coklat (bawah) saya menggunakan coklat bubuk Bendico dan hasil akhirnya pekat kehitaman. Berikut adalah resep yang saya ambil dari Cookpad by Rahma Ovekitch.

Bahan Puding Busa Coklat (Lapis 1):

  • 1/2 bungkus (3 gram) agar-agar coklat (saya pakai merk Swallow Globe)
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdt bubuk coklat (saya pakai merk Van Houtten)
  • 1 butir (30-35 gram)  putih telur
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 400 ml susu coklat cair (saya pakai merk Ultra)
  • 100 ml air

Cara Membuat Puding Busa Coklat (Lapis 1):

  1. Campur agar-agar, gula pasir, garam, tepung maizena, susu coklat cair dan air. Masak di panci sampai mendidih. Sisihkan. Dinginkan (sambil terus diaduk) sampai uap panasnya hilang.
  2. Kocok putih telur dan air jeruk nipis sampai soft peak.
  3. Tuangkan larutan agar-agar (dalam kondisi hangat) sedikit demi sedikit di kocokan putih telur. Kocok sampai rata dengan mixer kecepatan rendah
  4. Tuang di loyang agar-agar yang telah dibasahi oleh air (maksudnya supaya nanti agar-agar gampang dikeluarkan dari cetakannya). Sisihkan.

Bahan Puding Susu Coklat (Lapis 2):

  • 1/2 bungkus agar-agar coklat sisa puding busa coklat (lapis 1)
  • 75 gram gula pasir
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdt bubuk coklat (saya pakai 3 sdt, merk Bendico)
  • 600 ml susu coklat cair (saya pakai merk Ultra)
  • 100 ml air

Cara Membuat Puding Susu Coklat (Lapis 2):

Campur semua bahan, masak diatas panci sampai mendidih. SIsihkan. Dinginkan (sambil terus diaduk) sampai uap panasnya hilang.

Penyelesaian:

  1. Ketika lapisan 1 sudah set dan mengeras (ketika dipegang tidak lengket lagi di jari), susun biskuit Marie Regal diatasnya (1 lapis saja).
  2. Tuang bahan lapisan 2 sedikit demi sedikit supaya biskuit tidak mengapung. (saya tuang pakai sendok makan sedikit demi sedikit sampai biskuitnya set dengan agar-agar baru saya tuang semua sisa bahannya).
  3. Dinginkan sampai uap panasnya hilang. Masukkan ke kulkas.
  4. Keluarkan Puding dari cetakannya. Potong sesuai selera

Bahan Vla Vanila-Rhum:

  • 250 ml susu cair (saya pakai merk Ultra)
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt pasta vanila (saya pakai merk Koepoe-koepoe)
  • 1/2 sdt essence rhum (modifikasi dari saya, saya pakai merk Toffieco)

Cara Membuat Vla Vanila-Rhum:

Campur semua bahan jadi satu, masak diatas panci sampai mendidih. Dinginkan sampai uap panasnya hilang. Masukkan ke kulkas. Siap disajikan bersama pudingnya.

Leave a Reply

