Baking · Liz Kitchen

White Snow Ball Chococheese

Sehubungan dengan request dari salah satu customer Liz Kitchen untuk membuat versi original putri salju (tetap yang pakai chocochips maunya), mulailah saya browsing resep sana sini. Kemudian saya teringat dengan resep dari grup FB NCC yang sempat happening yaitu Snow Ball Chocochips by Dame Tobing. Akan tetapi namanya agak kurang berkenan di saya karena adanya penggunaan keju di dalam adonannya (sebagai pengganti kacang di putri salju original). Menurut saya sih lebih tepat kalau namanya Chococheese, hehe. Hasil uji coba saya terhadap resep ini kurang memenuhi ekspektasi saya karena saya lebih suka cookies yang lumer di mulut (melting moments) untuk tipe kue putri salju ini. Tektur cookies dari resep Dame Tobing ini adalah ngeprul seperti eggless kaastangel. Oleh karena itu saya kembali pada resep Green Tea Snow Ball yang saya posting sebelumnya. Hanya saja saya menambahkan keju dan menghilangkan green tea-nya. Tapi kembali lagi, selera orang kan berbeda-beda. Rasa dari Snow Ball by Dame Tobing ini enak koq dan kerasa parutan keju-nya kres-kres gitu, hehe. Pada resep asli menyebutkan suhu oven 160 derajat celcius selama 30 menit, tapi hasil akhirnya terlalu coklat warna cookies-nya. Jadi untuk oven saya sepertinya cukup dipanggang 25 menit saja. Jumlah bahan sudah saya modifikasi untuk standar 2 toples @ 500 gram.

Snow Ball Chocochips (by Dame Tobing)

Bahan:

  • 150 gram butter
  • 150 gram margarin
  • 375 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 1/2 sdm tepung maizena
  • 112 gram keju parut (saya pakai 75 gram keju cheddar)
  • 150 gram chocochips (saya pakai 105 gram chocochips)
  • 112 gram gula halus (banyak review yang bilang kemanisan, jadi saya hanya menggunakan 60 gram gula halus)
  • 1/2 sdt vanili bubuk (tambahan dari saya)

Dusting / Coating: (modifikasi saya sendiri)
Campur 75 gram susu bubuk full cream + 75 gram gula halus

Cara Membuat:

  1. Kocok butter, margarin, gula halus dan vanili bubuk dengan mixer sebentar saja sampai lembut. Tidak perlu mengembang.
  2. Masukkan keju parut. Aduk rata dengan spatula.
  3. Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata dengan spatula.
  4. Masukkan chocochips. Aduk rata.
  5. Bentuk bulat-bulat. Tata diatas loyang yang sudah dioles margarin.
  6. Panggang di oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 25 menit. Angkat dan dinginkan sebentar.
  7. Dalam keadaan hangat, gulingkan cookies ke bahan dusting secara merata. Sisa dusting bisa dimasukkan ke toples untuk hiasan.

White Snow Ball Chococheese (Modified by Me)

Bahan:

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 90 gram tepung maizena
  • 3 sdm susu bubuk full cream
  • 1/4 sdt garam halus
  • 187 gram butter
  • 150 gram margarin
  • 60 gram gula halus
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 75 gram keju parut (saya pakai keju cheddar)
  • 105 gram chocochips

Dusting / Coating: (modifikasi saya sendiri)
Campur 75 gram susu bubuk full cream + 75 gram gula halus

Cara Membuat:

  1. Kocok butter, margarin, gula halus dan vanili bubuk dengan mixer sebentar saja sampai lembut. Tidak perlu mengembang.
  2. Masukkan keju parut. Aduk rata dengan spatula.
  3. Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata dengan spatula.
  4. Masukkan chocochips. Aduk rata.
  5. Bentuk bulat-bulat. Tata diatas loyang yang sudah dioles margarin.
  6. Panggang di oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 25 menit. Angkat dan dinginkan sebentar.
  7. Dalam keadaan hangat, gulingkan cookies ke bahan dusting secara merata. Sisa dusting bisa dimasukkan ke toples untuk hiasan.
Leave a Reply

