Baking · Liz Kitchen

No-Bake Oreo Cheese Cake

Untuk memanfaatkan stok cream cheese dan whipping cream yang sudah lama tersimpan di kulkas, mulailah saya berniat untuk membuat cheese cake. Kali ini saya memilih resep yang simple-simple saja, tanpa oven dan pengerjaannya juga sederhana. Saya mendapatkan resep ini dari blog Fae-Mom. Dari blog tersebut, disarankan untuk memakai loyang bongkar pasang diameter 18 cm supaya saat sudah set, bisa gampang dikeluarkan dan tetap cantik pinggirannya. Dikarenakan saya tidak ada loyang seperti itu, saya menggantinya dengan menggunakan loyang loaf pan Wilton saya yang non-stick (ukuran 21,6 x 11,4 x 6,5 cm) dan dialasi aluminium foil sampai melebihi garis atas loyang dengan tujuan supaya mudah ditarik keluar dari loyang. Soal rasa, menurut saya pas manisnya dan tidak eneg. Mirip es krim jadinya karena cuma mengandalkan perpaduan cream dan biskuit oreo.

Bahan Crust:

  • 110 gram biskuit oreo (saya hanya memakai 108 gram biskuit oreo yang sudah dibuang krim isinya), remuk kasar.
  • 40 gram margarin, lelehkan

Cara Membuat Crust:

  1. Campur margarin leleh dengan remahan biskuit oreo.
  2. Susun di dasar loyang sambil ditekan-tekan dengan sendok hingga padat.
  3. Diamkan di kulkas 30 menit sebelum dituang lapisan cream.

Bahan Cream:

  • 250 gram cream cheese (saya pakai 227 gram saja sesuai dengan kemasan cream cheese saya)
  • 45 ml susu cair
  • 50 gram gula halus
  • 1 sdm pasta vanila (saya pakai merk koepoe-koepoe)
  • 10 keping biskuit oreo (tanpa krim isinya), remuk kasar (saya hanya pakai 9 buah sesuai sisa di kemasan)
  • 250 ml whipping cream (saya pakai Anchor UHT Whipping Cream)
  • 1 sdm gelatin bubuk
  • 10 ml air jeruk lemon (saya ganti air matang saja)

Cara Membuat Cream:

  1. Kocok whipping cream sampai setengah kaku / soft peak
  2. Tim gelatin dan air lemon sampai meleleh sempurna, angkat, biarkan agak hangat sebelum dituang ke adonan cream cheese.
  3. Kocok cream cheese, gula, susu cair dan vanila sampai lembut. Masukkan gelatin, kocok sebentar sampai rata.
  4. Masukkan whipped cream ke adonan cream cheese. Aduk rata.
  5. Tuang setengan adonan ke atas lapisan crust. Diamkan di kulkas selama 15 menit sebelum dituang lapisan atasnya.
  6. Campur sisa adonan dengan oreo remuk. Aduk rata dan tuang ke loyang. Diamkan minimal 4 jam di kulkas supaya set sebelum disajikan.

Tinggalkan Balasan

