Baking · Liz Kitchen

Best Chocolate Chips Cookies

Kali ini Liz Kitchen dapat orderan untuk supply ke resto yang baru akan opening next week di daerah Prapanca. Mereka tahu mengenai Liz Kitchen dari Instagram katanya. Saya di-contact oleh owner-nya langsung. Saya diberi budget yang cukup mepet sebenarnya untuk cookies ini, oleh karena itu dari resep asli ada beberapa item yang saya modif. Saya pun berinisiatif untuk mengirimkan sample terlebih dahulu ke ownernya (daripada kelak tidak sesuai harapan masing-masing). Dan ternyata ownernya suka dan kami deal untuk mengirimkan 50 cookies untuk opening resto dengan spesifikasi diameter cookies 7,5 – 8,5 cm (It’s a giant cookies!). Cookies ini akan dijadikan pelengkap dessert di resto tersebut. Resep saya dapatkan dari rekomendasi owner resto tersebut. Dan setelah saya buka link resepnya di allrecipes.com memang review-nya bagus banget untuk cookies ini. Satu resep cookies ini akan menghasilkan sekitar 30 keping giant cookies. Saya mengganti jumlah gula di resep ini supaya tidak terlalu manis dan mengurangi choco chips-nya karena keterbatasan budget.

Oh ya, menurut saya sih resep dibawah ini masih agak manis ya, walaupun owner resto itu bilang manisnya sudah pas. No wonder sih soalnya resto itu adalah resto franchise dari NY, jadi mungkin udah biasa dengan standar manis seperti itu. Jadi kalau yang ga suka manis mungkin bisa diatur sendiri komposisi gulanya. Resep asli menggunakan satuan ukuran cup, tapi disini sudah saya konversi ke dalam satuan gram.

Bahan:

  • 225 gram butter
  • 175 gram gula pasir (resep asli pakai 1 cup gula = +- 225 gram)
  • 125 gram brown sugar (resep asli pakai 1 cup brown sugar = +-175 gram). Karena brown sugar sudah didapat disini, saya menggantinya dengan komposisi gula pasir : gula palem = 1 : 1
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt vanili bubuk (resep asli pakai 2 sdt vanila extract)
  • 330 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt baking soda (saya pakai BPDA)
  • 2 sdt air panas, campur dengan baking soda, aduk rata.
  • 1/2 sdt garam
  • 180 gram chocolate chips (resep asli pakai 2 cup = +- 350 gram)
  • 150 gram kenari cincang (saya tidak pakai)

Cara Membuat:

  1. Campur butter, gula pasir, gula palem, vanila bubuk dalam satu wadah. Kocok sampai lembut.
  2. Masukkan telur, kocok rata.
  3. Masukkan baking soda yang sudah dilarutkan dengan air panas. Tambahkan garam.
  4. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  5. Masukkan choco chips dan kenari, aduk rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam kulkas dengan di tutup plastik wrap, selama 30 menit.
  7. Bentuk adonan dengan menggunakan scoop ice cream (untuk membuat bentuknya menjadi giant cookies). Tata diatas loyang yang sudah diolesi margarin. Beri jarak yang cukup jauh antar cookies karena adonan akan meleber.
  8. Panggang dalam oven 175 derajat celcius selama 28 menit untuk tekstur yang crunchy. Atau 175 derajat selama 15 menit untuk tekstur crunchy diluar dan chewy didalam.
Leave a Reply

