Sharing Info

Pencuri Foto

Betapa kagetnya saya hari ini menemukan gambar Puding Mentega saya dari blog ini tersebar di facebook sebagai kumpulan resep Puding. Saya tidak pernah merasa ada yang minta ijin untuk meng-copy tulisan saya, apalagi ijin mengambil gambar saya. Gambar saya diambil tanpa menuliskan sumber aslinya, tulisan dan resepnya sih dikarang-karang sendiri sama dia, beda lah resepnya dengan saya. Parah banget deh.. Memang salah saya juga sih malas memberi watermark pada setiap postingan gambar saya di blog, habisnya saya pikir kan hasil foto saya biasa-biasa aja, banyak yang jauh lebih bagus daripada gambar saya, jadi ga mungkin dicomot lah.. Eh ternyata saya yang terlalu naif ya. Fyi yang mengambil gambar saya itu adalah blog bernama sarahquin.blogspot.com (maybe Chef Farah Quinn wanna be kali ya) dan sudah dishared banyak kali di facebook.

Dikarenakan blog wordpress saya ini bukan tipe yang premium atau berbayar, jadi saya tidak bisa mengaktifkan fitur anti copy-paste. Alhasil semua gambar blog saya yang merupakan hasil dapur saya, saya beri watermark : @Liz_KitchenID yang merupakan merk dagang online saya. Nambah-nambahin kerjaan lagi deh. Saya harap ke depannya tidak ada lagi pencuri foto seperti ini. Perlu diketahui, foto itu walapun hanya standar-standar saja bentuknya, adalah hasil uji coba resep saya, pakai modal bahan-bahan, waktu, tenaga, listrik dan gas. Semua resep yang saya tulis telah melalui uji coba di dapur saya, jadi ga cuma asal ngambil foto orang aja. Kalau udah dikasih watermark dan masih dicomot juga gambarnya, berarti orangnya bener-bener ga tau malu nih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s