Sharing Info

Selai Nastar TBK

Untuk yang bakulan kue kering seperti saya, terutama nastar, pasti tau ribetnya bikin selai. Mulai dari parut nanas terus masak selainya sampai kering sekitar 3-4 jam kemudian ditambah gula dan rempah lainnya. Bikin kulit nastar aja sudah capek, apalagi harus bikin selai sendiri dan harus dibulat-bulatin lagi. Oleh karena itu, untuk menghemat tenaga dan waktu, biasanya saya selalu beli selai nastar jadi di TBK (Toko Bahan Kue). Saya pernah beli selai nastar dari beberapa TBK di Tangerang dan Jakarta. Berikut review dari saya ya:

  1. TBK Titan Fatmawati
    Selai nastarnya paling enak menurut saya, manisnya pas, terasa rempahnya (pakai cengkeh dan kayu manis), warnanya pekat, serat nanasnya terasa (nanasnya diparut), tekstur lengket dan tidak basah (isian nastar memang sebaiknya tidak basah supaya lebih awet dan tidak cepat jamuran). Harga Rp. 78.000 / kg.
  2. TBK Laris Gading Serpong
    Selai nastarnya warnanya agak lebih muda daripada selai nastar Titan, manisnya pas, tidak terlalu tajam rempahnya (sepertinya cuma pakai kayu manis, tidak pakai cengkeh), serat nanasnya terasa (nanasnya diparut), tekstur agak lembek dibanding selai Titan tapi tidak sampai basah. Harga Rp. 65.000 / kg. Sayangnya selai ini sering kosong lama saat menjelang hari raya besar seperti lebaran, natal dan imlek.
  3. TBK Cece Gading Serpong
    Selai nastarnya menurut saya tidak pure nanas tapi dicampur dengan pepaya karena bau pepaya-nya cukup tajam (baunya mirip selai nanas Morin). Kalau dari yang saya baca sih memang ada selai nastar ekonomis yang cara pembuatannya dicampur dengan pepaya. Serat nanas-nya tidak terasa (nanasnya diblender halus), tidak berasa ada rempahnya (tidak pakai kayu manis ataupun cengkeh), warnanya muda, rasanya lebih manis, tekstur agak lembek dan agak basah. Biasa saya masak dulu diatas kompor sebentar hingga selainya agak kering. Harga Rp. 60.000 / kg.
  4. TBK Vivi Tangerang
    Selai nastarnya warnanya pekat, serat nanasnya berasa (nanas diparut), tidak terlalu terasa rempahnya (pakai kayu manis tapi tidak pakai cengkeh), rasanya kurang manis dan agak pahit, tekstur agak lembek tapi tidak basah. Harga Rp. 50.000 / kg.

Yang saya belum coba selai nastarnya tapi sudah tanya harga:

  1. TBK First and First Tangerang
    Harga Rp. 48.000 / kg
  2. TBK Puspita BSD
    Harga Rp. 85.000 / kg

Untuk kalian yang juga punya review mengenai selai nastar beli jadi di TBK, silakan tulis di comment ya 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s