Baking · Liz Kitchen

Lidah Kucing Mocha

PhotoGrid_1459338239094[1]

Mocha atau biasa disebut Moka adalah perpaduan rasa kopi dan coklat. Rasa mocha ini memberi aroma tersendiri kalau dijadikan campuran dalam kue atau dessert. Kebetulan di rumah ada stok pasta mocha merk Wilton yang sudah beberapa lama tidak dimanfaatkan, hehe. Selain itu ada stok putih telur juga sisa pesanan kue kering kemarin. Daripada pusing mau dibikin apaan ya dibikin lidah kucing mocha aja deh, ngambil resep dari NCC. Tapi percobaan pertama lidah kucing mocha ini, saya sempat salah tafsir resep yaitu 1/4 gram baking powder menjadi 1/4 sdt baking powder, pantas aja deh tuh lidah kucing saya tebal-tebal padahal saya udah ngocok menteganya sampai ringan mengembang. Penggunaan baking powder kan memang untuk mengembangkan kue ke atas. Padahal fungsi baking powder di lidah kucing ini adalah untuk merenyahkan cookies, tentunya dengan porsi sesuai resep ya. Kalau bingung 1/4 gram (0,25 gram) itu gimana ngukurnya (karena timbangan digital saya ga ada angka di belakang koma-nya), hitungannya begini dengan menggunakan sendok ukur, 1 sdt baking powder = 4 gram, artinya 1/4 sdt baking powder = 1 gram, jadi kalau 1/4 gram baking powder itu adalah 1/4 bagian dari sendok ukur ukuran 1/4 sdt tersebut. Saat trial resep asli, saya merasa jumlah cookies-nya agak kurang sedikit untuk bisa pas di toples 500 gram, oleh karena itu saya modif sedikit jumlahnya supaya bisa dapat hasil 2 toples 500 gram.

Bahan:

  • 150 gram mentega
  • 150 gram margarin
  • 120 cc (sekitar 4 butir) putih telur
  • 198 gram gula halus, ayak
  • 300 gram tepung terigu protein sedang, ayak
  • 1 1/2 sdm pasta mocha
  • 1/4 gram baking powder (Baking powder biasa atau yang double acting sama-sama bisa dipakai, ga banyak bedanya)
  • 1/2 sdt emplex (perenyah cookies, saya ga pakai)

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega, margarin dan gula halus sampai putih mengembang dan ringan. Masukkan pasta mocha. kocok rata.
  2. Tuang putih telur. Kocok rata.
  3. Masukkan tepung terigu. Kocok rata dengan mixer kecepatan rendah.
  4. Spuit adonan ke loyang lidah kucing yang telah diolesi margarin sebelumnya.
  5. Panggang dalam oven 160 derajat celcius selama 20 menit sampai matang.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s