Health & Beauty

Memilih Tempat Fitness Di Tangerang

Dahulu kala sekitar akhir tahun 2011, sebelum menikah, saya pernah menjadi member di Celebrity Fitness di Lottemart Bintaro. Tapi karena setelah menikah saya harus ikut suami ke pedalaman Sulawesi, Soroako, saya harus berhenti dari kegiatan fitness tersebut. Saat itu saya membayar denda sekitar 500 ribu karena saya berhenti sebelum kontrak 1 tahun selesai. Tapi katanya membership di Celebrity Fitness ini berlaku seumur hidup jadi ketika saya akan join lagi akan bebas biaya registrasi membership.

Setelah hampir 4 tahun tidak berolahraga rutin, saya merasa jadi cepat capek dan berat badan bertambah (tiap tahun kayaknya selalu nambah 1 kg dan ga turun-turun, huhuhu). Oleh karena itu saya ajakin suami join fitness di Tangerang, mumpung saat ini udah hidup di kota, hehe. Di sekitar tempat tinggal saya di Tangerang Kota ini hanya ada 2 tempat fitness yang lumayan dekat, yaitu Jatomi dan Celebrity. Sebelum memutuskan join dimana, saya dan suami pun survey dulu.

Jatomi Fitness ada di TangCity Mall. Secara lokasi sih lebih dekat dari rumah saya, tapi saya ga suka sama mall ini. Agak kumuh dan kayak ITC gitu modelnya. Jatomi terletak di lantai paling atas. Saya juga ga suka suasana tempat fitness-nya yang agak remang-remang cahayanya (maklum mata saya rabun, hehe). Selain itu saya melihat peserta yang datang latihan disini dan juga PT-nya (Personal Trainer) kebanyakan orang tua ya, dikit yang muda-muda gitu. Kemudian di lobby-nya juga panas kayak kurang AC gitu, saya jadi gerah duduk disitu pas dijelasin sama marketingnya. Jadwal kelas senamnya juga ga terlalu banyak dan kurang beragam. Peralatan fitness sih standar lah kayak yang lain. Ada sauna dan shower room juga. Untuk handuk disediakan tapi harus bayar lagi diluar harga membership. Keunggulan dari Jatomi adalah harga-nya lebih murah sedikit kalau dihitung per tahun tapi untuk mendapatkan harga murah ini kita harus langsung bayar 1 tahun full, kalau mau dicicil ya kita nego ke bank untuk installment credit card yang kita pakai. Ada juga sih yang bayar per bulan atau per 4 bulan tapi hitungannya jauh lebih mahal. Maaf saya lupa berapa angkanya karena kertas coretannya udah dibuang. Bisa dicek di website Jatomi langsung ya http://jatomifitness.co.id. Selain di Tangerang, Jatomi ini juga ada di Jakarta yaitu di mall Kuningan City.

Celebrity Fitness terdekat dari rumah saya adalah di Supermal Karawaci. Letaknya ada di lantai basement dekat supermarket bernama Foodmart. Dibandingkan TangCity saya lebih suka suasana di Supermal ini. Suasana tempat fitness-nya juga terang (ga remang-remang). Mayoritas yang latihan disini dan juga PT-nya (Personal Trainer) anak muda. Kelas senamnya lebih banyak dan beragam. Untuk pembayaran sistemnya bisa dicicil per bulan via kartu kredit. Untuk pembayaran awal kita wajib membayar biaya latihan 1 bulan pertama dan 1 bulan terakhir ditambah biaya membership dan registrasi. Sisanya baru dicicil per bulan dari tagihan kartu kredit. Sebagai member kita akan dapat tas fitness, kartu member yang digunakan untuk lock/unlock locker, 2x sesi PT (Personal Trainer) gratis dan juga dapat poin StarFit pada saat bergabung pertama kali, saat check in untuk fitness dan juga bila kita berhasil membawa member baru untuk join di Celebrity Fitness. Poin StarFit ini bisa dipakai untuk ditukarkan promo dan voucher tenant yang bekerjasama dengan Celebrity Fitness. Selain itu kita juga udah ga perlu bayar lagi untuk fasilitas handuk seperti di Jatomi.

Keanggotaan Celebrity Fitness ada yang single club dan all club. Bedanya adalah di biaya per bulannya, tentu saja lebih mahal yang all club. Sekedar perbandingan single club biaya per bulannya sekitar 400 ribu sedangkan all club sekitar 700 ribu. Kalau saya mikirnya karena saya kurang mobile ga penting buat saya untuk keanggotaan all club, selain itu juga lebih hemat, hehe. Kalau kita yang keanggotaan single club dan tiba-tiba mau visit dan nyobain club Celebrity Fitness lainnya bisa aja koq tapi harus bayar 125 ribu per kali visit.

Saat pertama kali ketemu marketing untuk discuss harga membership, kami disuguhi angka-angka harga yang menakjubkan. Biaya membership dan registrasi awal bisa 1,2 juta per orang. Kalau saya karena member lama yang diaktifkan kembali, saya ga perlu bayar lagi untuk biaya tersebut. Tapi suami saya yang hitungannya member baru dikenakan biaya tersebut. Saran saya, tawar habis-habisan deh sampai kamu dapat harga yang sesuai (maklum lah emak-emak medit, hahaha). Hasil dari tawar menawar ini adalah saya dan suami diikutkan program couple yang jatuhnya lebih murah. Oya karena kami joinnya di tanggal 20 Maret 2016 dan sudah dekat tanggal akhir bulan (tanggal cetak tagihan) jadinya kami kena biaya prorata gitu. Berikut biaya yang dikenakan untuk program couple di Celebrity Fitness saat kami join per 20 Maret 2016:

Saya:
Processing Fee = Rp. 249.000
Proration = Rp. 129.067
Last Month Dues = Rp. 352.000
First Month Dues = Rp. 352.000
TOTAL = Rp. 1.082.067

Suami:
Processing Fee = Rp. 249.000
Proration = Rp. 171.967
Last Month Dues = Rp. 469.000
First Month Dues = Rp. 469.000
TOTAL = Rp. 1.358.967

Jadi pas bayar diawal itu kami langsung bayar sekitar 2,4 juta dan selanjutnya bayar per bulan sekitar 800 ribu untuk berdua. Bisa dilihat dari rincian itu tidak ada biaya membership dan registrasi kan? hehe. Kekurangan dari program couple ini adalah ga bisa cuti sendiri. Kalau mau cuti harus langsung berduaan karena kalau cuti sendirian tagihannya tetap 800 ribu itu. Celebrity fitness memang mewajibkan kita untuk ikut kontrak latihan 12 bulan sebagai bentuk komitmen kita tapi kita juga dikasih jatah cuti maksimum 10 bulan. Selama cuti kita tidak diwajibkan membayar biaya latihan per bulan tersebut tapi kita dikenakan holding fee (kalau ga salah besarnya 150 ribu per orang per bulan). Kalau kita out atau mengakhiri keanggotaan kita sebelum kontrak habis, kita dikenakan denda yang besarnya variatif tergantung berapa sisa bulan latihan kita dari kontrak tersebut. Semakin banyak sisa bulan latihan kita ya bakal makin mahal dendanya. Kalau ga salah dendanya sekitar 500-600 ribu per orang.

Saya jadi lebih bersemangat fitness sekarang karena ditemani pasangan. Beda dengan dulu fitness sendirian di Bintaro, hehe. Saran saya kalau mau fitness apalagi yang pakai kontrak-kontrak 1 tahun begini, usahakan cari teman bareng, jadi bisa saling memotivasi satu sama lain. Oya tips lainnya, cari info sebanyak-banyaknya tentang promo yang ada karena biasa tiap bulan suka beda promonya. Adek saya pas join bulan Desember 2015-Januari 2016 itu pas lagi ada program Buy One Get One, hitungan biayanya jadi lebih murah. Trus suka ada promo juga di groupon. Kalau rajin cari info bisa dapat harga yang lebih murah koq. Informasilebih lanjut bisa cek di website Celebrity Fitness ya http://www.celebrityfitness.com/id/

Sesibuk apapun kita harus bisa meluangkan waktu untuk olahraga ya. Olahraga itu bukan supaya bisa punya body aduhai tapi untuk hidup lebih sehat yang bonusnya bisa punya body bagus. Terbukti saya sekarang jadi lebih jarang sakit dan lebih berenergi dibandingkan dulu yang jarang olahraga. Semoga sharing ini bisa memberi manfaat buat yang lagi nyari info tempat fitness di Tangerang ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s