Health & Beauty

Perlukah Memakai Jasa Personal Trainer?

Seperti post saya sebelumnya tentang tempat fitness di Tangerang, saat kami pertama kali join dengan Celebrity Fitness di Supermal Karawaci Tangerang kami mendapat 2 kali sesi gratis latihan bersama Personal Trainer atau yang biasa disingkat PT. Pada saat itu saya dan suami disarankan untuk mengambil program latihan bersama PT yang berbayar tentunya. Saya dengan program weight loss training dan suami dengan program gain mass and build muscle. Dari hasil pelatihan gratis dengan PT tersebut, PT mengatakan bahwa tulang belakang suami saya ada yang bengkok sehingga membuat posturnya agak bungkuk (kalau dilihat tulang belikatnya agak berpunuk, walaupun belum parah). Masalah tulang ini sebetulnya juga pernah kami bahas dengan dokter saat rontgen di rumah sakit. Kemungkinan karena bawaan lahir. Tapi karena kami merasa hal tersebut tidak mengganggu ya kami tidak terlalu mempedulikan masalah tulang tersebut. Akan tetapi PT yang waktu itu melatih kami mengatakan bahwa dengan postur tubuh seperti itu maka suami saya beresiko untuk bungkuk lebih cepat daripada manusia sehat lainnya. Saat itu kami pun bimbang, harga latihan bersama PT tentunya tidak murah. Akankah latihan itu membuahkan hasil sesuai ekspektasi kami atau lebih baik kami langsung konsul ke dokter tulang atau chiropractic dan mengikuti sesi fisioterapi. Setelah menghitung perkiraan biayanya kami merasa lebih baik mencoba latihan PT saja. Kebetulan PT yang melatih kami saat itu adalah PT senior yang level-nya sudah master dan katanya dia juga ada klien yang bermasalah dengan tulang kaki bengkok dan berhasil berkurang derajat kebengkokannya dengan latihan bersama dia. Saya tidak meneruskan sesi latihan bersama PT karena pertimbangan biaya yang mahal (pengeluaran akan jadi double tentunya) dan kebetulan masalah saya lebih ringan daripada suami jadi saya pikir mending suami saja yang ikut program latihan dengan PT.

Saat itu PT buka harga 16 juta-an untuk sesi latihan 60 kali. Tapi setelah dinego dengan manager PT-nya kami diberi harga 12,6 juta untuk sesi latihan 60 kali. Harga ini bisa dicicil dengan kartu kredit selama 6 atau 12 bulan, kebetulan ada promo kartu kredit yang bekerja sama dengan pihak Celebrity Fitness. Sebenarnya ada juga sesi latihan yang dibawah itu yaitu untuk 36 kali atau 12 kali. Tapi selain hitungan harga per sesinya lebih mahal, menurut PT untuk pembentukan postur tubuh dibutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pembentukan otot saja karena postur tubuh berhubungan dengan pembentukan tulang sehingga disarankan mengambil paket 60 kali saja.

Berdasarkan jumlah jam advanced training yang telah dilakukan di Celebrity Personal Trainer Academy dan juga dengan para edukator dan fitness profesional internasional, PT di Celebrity Fitness dibagi dalam beberapa kategori:

  • Master
  • Specialist
  • Advanced
  • Pro
  • Coach

Master adalah level tertinggi dimana sertifikasi dan jam terbangnya lebih tinggi. Tentu saja fee-nya lebih mahal dibanding level lainnya.

PT dibutuhkan untuk mencapai goal yang ingin kalian capai karena PT akan membantu untuk:

  1. Personalisasi program latihan sesuai dengan kebutuhan dan goal anda. Setiap orang akan punya program latihan yang berbeda satu sama lain.
  2. Membuat anda lebih berkomitmen dengan program latihan anda. PT akan “memaksa” anda untuk rajin mengikuti jadwal latihan yang telah ditetapkan
  3. Memberikan variasi latihan supaya anda tidak bosan.
  4. Memberikan motivasi saat latihan. Saat anda merasa tidak sanggup untuk melaksanakan latihan sampai selesai maka PT akan memberikan anda semangat supaya bisa menyelesaikan latihan sesuai target.
  5. Mengawasi latihan anda supaya tetap sesuai standar safety sehingga meminimalkan cedera akibat latihan yang salah. Selain itu juga akan membuat latihan anda menjadi lebih efisien.
  6. Memonitor perkembangan dan hasil latihan anda dari waktu ke waktu. Apakah sudah mencapai target goal yang diinginkan atau belum.
  7. Mengatur pola makan sesuai nutrisi yang dibutuhkan.

Dikarenakan suami saya mengikuti program untuk menambah berat badan maka PT memberikan jadwal makan dan list pantangan yang harus dihindari. Berikut adalah pengaturan makan suami saya oleh PT untuk menambah berat badannya:

  • Less sugar. Lebih baik pemanisnya diganti madu alami.
  • Less salt. Garam akan mengikat cairan dalam tubuh sehingga tubuh menjadi berat karena cairan.
  • Gorengan is a big NO. Begitupun dengan mentega dan margarin. Tapi saya masih menggunakan metode menumis sih untuk memasak hanya saja saya mengganti minyak yang saya gunakan menjadi olive oil atau canola oil yang lebih sehat. Menu masakan sekarang lebih banyak bakar dan panggang.
  • Porsi makan ditambah. Harus makan 3 kali sehari (sarapan, makan siang dan makan malam).
  • Makan nasi putih dan roti putih. Nasi putih yang dikonsumsi dalam tiap kali makan adalah maksimum seukuran 1 mangkok mie ayam. Roti putih dimakan untuk camilan.
  • Sehabis latihan disarankan mengkonsumsi jus alpukat atau putih telur (2-3 butir) dan atau susu high protein yang bisa menunjang pembentukan otot. Latihan beban akan merusak otot dan otot akan mengganti otot yang rusak dengan otot yang baru sehingga butuh protein yang tinggi.

Suami saya latihan bersama PT sebanyak 3 kali dalam seminggu. Pada dua minggu pertama latihan bersama PT suami saya merasakan sakit dan pegal di otot tubuhnya, tapi setelah itu sakit dan pegal tiap kali latihan sudah jauh berkurang dikarenakan ketahanan otot-nya sudah lebih baik. Otot sudah mulai terbentuk sedikiiitttt hehe. Untuk postur tubuh belum ada perubahan yang berarti sampai dengan 1 bulan latihan. Tapi saya percaya bahwa butuh waktu yang lebih lama untuk melihat perubahan postur tubuh tersebut. Jadi kuncinya harus sabar dan konsisten latihannya.

Tulisan ini saya buat untuk memberikan gambaran kepada kalian mengenai program latihan bersama PT. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s