Cooking · Liz Kitchen

Ayam Rica-Rica Manado

PhotoGrid_1462411090338[1]

Ayam rica ini adalah salah satu makanan khas Manado, Sulawesi Utara. Pedas, nikmat dan penuh cita rasa rempah-rempah. Rica berasal dari bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai. Rasanya yang nikmat sesuai dengan effort membuatnya karena harus mempersiapkan banyak bumbu, hehe. Saya mendapatkan resep ini dari blog Ummu Fatima, yang mengambil resep aslinya dari milis NCC. Resep ini bisa dinominasikan sebagai salah satu resep favorit saya. Rasanya bikin nagih saat dinikmati bersama nasi hangat. Kalau ga ingat lagi diet mungkin nasi sebakul bisa habis deh, hahaha. Suami juga suka banget sama resep ini. Kalau tidak percaya silakan coba sendiri. Hati-hati bikin ketagihan yak!

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung muda (berat 1 kg), potong 16, lumuri sedikit garam dan air perasan jeruk nipis (saya pakai 1 ekor ayam broiler ukuran sedang, dipotong 8 bagian).
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya (saya cuma pakai 1/2 buah jeruk nipis karena suami ga begitu suka rasa asem jeruk nipis)
  • 12 lembar daun jeruk, buang tulang tengahnya
  • 2 lembar daun pandan muda, potong  / gunting kasar
  • 3 buah daun bawang, iris serong panjang 2 cm
  • 50 gram daun kemangi, siangi, petik daunnya saja. (saya pakai 40 gram saja, sekitar 2 ikat kecil kalau beli di pasar)
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis (saya pakai canola oil)
  • 1000 ml air (saya cuma pakai 350 ml karena saya menggunakan ayam broiler)
  • Garam dan gula secukupnya
  • Bumbu halus:
    – 10 buah cabe merah keriting (saya pakai 3 cabe merah besar saja karena lagi ga punya stok cabe keriting)
    – 6 buah cabe rawit merah (kategori pedasnya menurut saya sudah cukup pedas,  tapi kalau mau lebih pedas lagi bisa ditambah cabe rawitnya jadi 8 buah)
    – 12 butir bawang merah
    – 3 butir bawang putih
    – 4 buah kemiri
    – 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
    – 2 cm jahe
    – 2 cm lengkuas
    – 1 cm kunyit tua

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum
  2. Masukkan daun jeruk dan daun pandan, aduk hingga harum.
  3. Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna
  4. Tambahkan air hingga ayam terendam. Beri garam dan gula sesuai selera.  Masak dengan api sedang sampai ayam empuk dan kuah mengental.
  5. Beri air perasan jeruk nipis, aduk rata.
  6. Sesaat sebelum diangkat tambahkan daun kemangi dan daun bawang. Aduk sebentar hingga layu. Angkat dan siap disajikan.

 

Tinggalkan Balasan

