Baking · Liz Kitchen

Sagu Keju dan Tipsnya

PhotoGrid_1462858311957[1]

Sebenarnya udah lama banget mau nyobain resep Sagu Keju dari NCC ini. Tapi baru kali ini ada stok daun pandannya, itu juga beli di pasar, haha. Kue kering ini agak ribet bikinnya menurut saya, tapi sepadan lah dengan rasanya. Banyak review yang mengatakan adonan kue ini sulit dispuit sampai sering jebol plastik segitiganya. Tapi pas kemarin bikin saya tidak mengalami hal itu. Memang adonan ini tidak seperti adonan kue kering pada umumnya karena menggunakan tepung sagu jadi tekturnya agak keras dan liat. Berikut tips dari saya untuk kue kering Sagu Keju ini berdasarkan pengalaman pribadi:

  1. Pastikan tepung yang dipakai adalah tepung sagu bukan tepung tapioka karena akan beda tekstur kuenya. Sering banget mau beli tepung sagu merk Sagu Tani tapi malah dikasihnya tepung tapioka, atau ada juga yang logonya pak tani tapi ternyata kandungannya tepung tapioka. Ribet deh. Oleh karena itu saya udah malas kalau nyari tepung Sagu Tani, saya pakai merk Alini aja yang jelas-jelas ditulis Tepung Sagu biar ga salah lagi, hehe.
  2. Tepung disangrai dengan daun pandan yang di gunting-gunting sekitar 5 cm. Sangrai pakai api kecil cuma sampai daun pandan kering. Tanda-tandanya daun pandannya jadi agak keriting.
  3. Tepung harus benar-benar dingin sebelum dicampur dengan kocokan mentega. Sangrai tepung bisa dilakukan pada H-1 dan didinginkan dulu sebelum disimpan di toples untuk dipakai keesokan harinya.
  4. Pakai santan instan aja karena praktis dan bakal lebih tahan lama kue-nya, ga takut cepat asam. Komposisi santan kental pada resep sedikit saya tambah supaya adonan agak lembek.
  5. Pengocokan mentega harus sampai lembut, tapi hati-hati jangan sampai mengembang. Kalau kocokan kurang lembut, kue akan keras. Kalau kocokan mengembang, kue akan meleber dan ga cantik bentuknya. Kalau kocokan pas akan didapat tekstur kue yang lumer di mulut.
  6. Gunakan keju tua sehingga lebih kriuk-kriuk keju-nya. Selain itu aromanya lebih tajam.
  7. Keju tua diparut sehalus-halusnya. Kalau saya menghaluskan keju tua-nya pakai blender dry mill sehingga butiran keju-nya lebih halus. Dengan butiran yang lebih halus ini bikin adonan ga nyangkut di spuitnya.
  8. Gunakan spuit yang besar lubangnya. Memang lebih cantik menggunakan spuit kembang kecil, tapi bakal menyiksa sekali karena butuh tenaga besar untuk mengeluarkan adonan lewat spuit kecil. Saya pakai spuit 1M.
  9. Isi adonan di plastik segitiga-nya jangan terlalu penuh karena gampang jebol.
  10. Warna kue ini ga bisa coklat banget kayak kue kering umumnya karena penggunaan tepung sagu. Jadi hati-hati manggangnya jangan sampai terlalu berpatokan warna coklat standar kue kering umunya ya.

Langsung aja ke resep Sagu Keju NCC-nya ya. Satu resep ini menghasilkan 2 toples @ 500 gram.

PhotoGrid_1462858379900[1]

Bahan:

  • 300 gram tepung sagu (berat sebelum disangrai), sangrai dengan daun pandan, dinginkan.
  • 2 lembar daun pandan (saya pakai 3 lembar karena agak kecil ukuran daunnya)
  • 100 gram margarin
  • 50 gram mentega
  • 150 gram gula halus (menurut saya kemanisan, next akan saya kurangi jadi 135 gram)
  • 1 butir kuning telur
  • 100 gram keju tua (edam), parut halus / blender dry mill
  • 50 ml santan kental (saya pakai 60 ml santan instan kara)

Cara Membuat:

  1. Kocok margarin, mentega, gula halus sampai lembut. Masukkan kuning telur, kocok rata. Masukkan keju tua parut, kocok sebentar.
  2. Masukkan tepung sagu secara bertahap, aduk rata. Lakukan sampai tepung sagu habis.
  3. Masukkan santan kental, aduk rata. Diamkan sebentar sekitar 10 menit supaya santan meresap ke adonan.
  4. Masukkan adonan ke plastik segitiga. Spuit sesuai bentuk yang diinginkan ke atas loyang yang sudah diolesi margarin.
  5. Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 20-25 menit sampai warna kue-nya agak kecoklatan dan matang.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s