Home Decor

Ongkos Kerja Tukang

Tulisan kali ini saya buat untuk sekedar sharing pas saya renovasi rumah di akhir tahun 2014 kemarin. Kenapa baru sharing sekarang? Karena catatannya baru ketemu setelah bongkar-bongkar arsip lama, hehe. Biaya yang saya sebutkan ini adalah harga pada tahun 2014 dan berlokasi di Pabuaran, Tangerang. Biaya ini ga bisa dijadikan patokan juga karena hasil negosiasi lah pada akhirnya yang menentukan, hahaha. Biaya yang saya sebutkan ini sekedar menginfokan bahwa renovasi rumah itu butuh biaya yang ga sedikit. Ini baru ongkos kerja tukang yang kerjanya borongan lho, belum termasuk material bangunan yang harus kita beli diluar harga ini.

Rumah kami di Tangerang ini sebelum ditempati sendiri, disewakan selama 3 tahun. Saat pindah ke Tangerang di bulan Oktober 2014, kami memang merencanakan untuk renovasi rumah dulu sebelum ditempati sendiri nantinya. Bukan karena gaya-gayaan sih renovasi begini tapi karena memang banyak bagian rumah yang sudah jelek dan rusak selama disewakan ke orang lain tersebut. Mau ga mau ya harus diperbaiki dong. Awalnya mau mempekerjakan tukang proyeknya kakak ipar, tapi saat itu tukangnya pada banyak yang lagi pulang kampung, sementara kami pengennya rumah di Tangerang bisa ditempati secepatnya. Oleh karena itu kami sepakat mencari tukang lain dan dapatlah tukang proyek di perumahan ini. Awalnya kami mengajak mandor tukang ke rumah dan memperlihatkan bagian apa saja yang harus diperbaiki dan pak mandor akan memberikan penawaran harga ongkos kerja ke kami. Kesepakatannya adalah pembayaran tukang akan dilakukan seminggu sekali sesuai biaya yang disepakati berdua. Berikut adalah penawaran harga yang diberikan oleh pak mandor:

  1. Pekerjaan bongkar-pasang keramik kamar mandi lantai atas (ukuran 1,9 x 1,6 x 2,2 mtr3), lantai dan dinding = Rp. 2.500.000
  2. Pekerjaan bongkar-pasang keramik kamar mandi lantai bawah (ukuran 1,9 x 1,4 x 2,2 mtr3) = Rp. 2.500.000
  3. Pekerjaan bongkar-pasang 2 buah kusen jendela dan pengecatannya = Rp. 1.000.000. Hal ini terpaksa kami lakukan karena ada kusen yang lapuk kena air rembesan hujan.
  4. Pekerjaan ganti 7 buah daun pintu dan kunci = Rp. 700.000. Hal ini kami lakukan karena daun pintu dari developer menggunakan bahan yang jelek dan kami menggantinya dengan daun pintu kayu meranti.
  5. Pekerjaan pengecatan kusen (13 buah), daun pintu (7 buah) dan daun jendela (13 buah)= Rp. 2.000.000
  6. Pekerjaan pengecatan kusen atap teras depan (2 buah @ panjang 4 mtr) = Rp. 600.000
  7. Pekerjaan bongkar atap fiber dan pengecatannya = Rp. 1.000.000. Hal ini kami lakukan karena atap fiber garasi sudah banyak bocor dan lumutan.
  8. Pekerjaan penambahan instalasi air panas (hanya untuk kamar mandi atas) = Rp. 200.000
  9. Pekerjaan bongkar keramik dapur, plester, aci dan pengecatannya = Rp. 600.000
  10. Pekerjaan pindah posisi keran air bersih = Rp. 100.000
  11. Pekerjaan bongkar-pasang keramik atas wastafel diluar kamar mandi bawah (ukuran 40 x 50 cm) = Rp. 150.000
  12. Pekerjaan perbaikan atap dan fiber bocor = Rp. 300.000
  13. Pekerjaan bersih-bersih rumah dari sisa pekerjaan bangunan (sapu dan pel seluruh rumah) = Rp. 300.000. Kenapa saya minta tukang yang beresin? Karena saya ga kuat nyapu dan ngepel sendiri dengan kondisi debu-debu tebal bekas kerjaan bangunan. Ada alergi debu juga.
  14. Pekerjaan buang puing dan bersihkan taman = Rp. 600.000. Karena ga boleh buang puing bangunan sembarangan di perumahan jadi tukangnya harus sewa mobil pick-up untung buang puing.

TOTAL = Rp. 12.550.000

Dari harga tersebut tukangnya cuma mau kurang dikit, hiks. Sekedar informasi ukuran rumah saya 2 lantai ukuran 8 x 13 mtr . Mungkin kalau pakai tukang proyeknya kakak ipar sih harga bisa lebih murah tapi karena butuh cepat ya apa boleh buat. Pekerjaan renovasi ini selesai dalam waktu 3 minggu-an dengan jumlah tukang yang bekerja ada 3 orang plus 1 mandor.

Selain tukang bangunan, renovasi rumah juga memerlukan jasa tukang listrik. Terutama kalau kita mau nambah jumlah stop kontak (colokan) listrik atau bahkan masang lampu gantung di plafon rumah yang lumayan tinggi kayak di rumah saya. Berikut ongkos kerja jasa tukang listrik untuk renovasi rumah saya di Tangerang kemarin:

  1. Tambah stop kontak AC = Rp. 150.000 / buah
  2. Tambah stop kontak biasa = Rp. 120.000 / buah
  3. Pasang lampu gantung = Rp. 50.000 / buah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s