Travel Journal

Tips Berwisata Ke Penang

Berikut adalah beberapa tips saat berwisata ke Penang:

  1. Penginapan
    Harga untuk penginapan ini bervariasi mulai dari kelas murah ala bacpacker sampai dengan ala hotel bintang 5. Disesuaikan aja dengan kebutuhan. Tapi apabila hendak tinggal lama dalam rangka medical treatment, disarankan untuk sewa apartemen di dekat rumah sakit saja. Range harga sewa apartemen adalah MYR 55-65 / hari (untuk kamar mandi luar) dan MYR 80 / hari untuk kamar mandi dalam. Kalau sewa dalam jangka waktu harga ini masih bisa dinego.
  2. Transportasi
    Sarana transportasi umum di dalam kota Penang masih kurang bagus. Hanya ada bus umum, Rapid Penang. Tapi jangkauan dan armadanya masih belum terlalu banyak. Belum pula sistem pembayaran Rapid Penang ini masih manual dan harus uang pas. Uang pas diserahkan ke supir untuk ditukarkan dengan tiket bus. Hal ini bikin bus berhenti agak lama di tiap halte. Taxi di Penang ga terlalu recommended karena harus tawar menawar dan jarang yang pakai argo (meteran). Sewa motor bebek di Penang harga berkisar MYR 35-50 / hari. Sewa mobil berkisar MYR 100 / hari. Biasanya para pemilik meminta deposit kepada penyewa kendaraan. Syarat menyewa kendaraannya hanya tunjukkin passport dan driving lisence.
    Menyetir di Penang sangat aman dan tertib walaupun selama beredar disana saya tidak pernah melihat para polisi yang berjaga di jalanan. Jalanan juga bebas macet dan less polution (mungkin karena disini kendaraan menggunakan bensin kualitas bagus, kadar oktan 95 ke atas). Untuk parkir, kalau diparkiran umum (pinggir jalan) tidak dipungut biaya parkir, tapi kalau ke tempat wisata atau dalam mall biasanya dipungut biaya per entry (Untuk motor biasanya MYR 1 / entry). Bukan kayak di Indonesia yang biaya parkirnya dihitung per jam. Parkir di pinggir jalan tetap harus tertib ya. Parkir hanya ditempat yang disediakan saja, ada tanda cat kotak-kotak kecil motor atau mobil gitu di jalannya. Kalau parkir sembarangan nanti kendaraan kita bisa diderek petugas lho.
    Motor bisa masuk ke jalur tol tapi harus tetap dijalur yang telah disediakan. Jalur motor dan mobil untuk di jalan toll dipisah untuk meminimalkan kecelakaan. Jalan tol ini juga ga dipungut bayaran kayaknya, soalnya ga ada gerbang tol gitu di sepanjang jalan seperti di Indonesia.
    Untuk pengisian bensin di pom bensin, ada yang self service, ada juga yang diisikan tangki bensinnya oleh petugas. Di Penang bensin yang dijual minimum kadar oktan 95. Tapi ga usah khawatir karena harganya murah banget dibanding di Indonesia. Kemarin saya isi bensin di Petron untuk kadar oktan 95, harga hanya MYR 1,7 / liter.
  3. Makanan dan minuman
    Hampir semua tempat makan di Penang menurut saya enak rasanya. Harganya juga ga mahal. untuk ukuran hawker MYR 7 udah dapat makanan yang layak seperti char koay teow, chicken rice, dll. Minuman seperti es teh manis (di Penang sebutnya Teh O’ manis dingin) dibandrol harga MYR 1,5 saja.
    Air keran di Penang tidak seperti di Singapura yang bisa diminum langsung tanpa proses pemasakan terlebih dahulu. Jadi kita memang harus keluar biaya untuk beli air mineral sendiri. Merk air mineral yang murah di Penang namanya Cactus, tapi agak susah ketemunya kecuali di supermarket. Harga 1 botol 600 ml air mineral cactus MYR 0,6 sedangkan merk lainnya sekitar MYR 1,5 per botol dengan ukuran yang sama.
  4. Bahasa
    Orang Penang rata-rata menguasai 3 bahasa, yaitu Melayu, Inggris dan Cina (Dialek hokkian / tio ciu). Berdasarkan pengalaman saya, kadang orang lokal lebih ngerti kita pakai bahasa Indonesia daripada kalau kita pakai bahasa Inggris. Jadi selama di Penang saya ga perlu susah-susah pakai bahasa Inggris, langsung aja pakai bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia dan Melayu mirip-mirip aja koq. Cuma ada beberapa istilah dan logat yang beda.
  5. Cuaca
    Cuaca di Penang relatif panas terik saat tengah hari. Di penang matahari tenggelam sekitar pk. 7.50 malam waktu setempat. Disarankan untuk membawa sunglasses atau payung dan menggunakan sunblock saat siang hari di Penang. Saat malam hari udaranya adem.
  6. Local Number.
    Banyak pilihan provider, tinggal menyesuaikan dengan tarifnya saja. Saya sarankan saat di Penang beli nomor lokal. Nomor lokal ini berguna saat kita mendaftar ke rumah sakit, hotel, rentar car/motor dan juga kalau memesan Uber car. Biasanya kita akan ditanyakan nomor lokal yang kita gunakan. Selain itu kita juga butuh akses internet untuk navigasi ke tempat tujuan kita.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s