Sharing Info

Mall Yang Ramah Untuk Disabled People

Seperti yang pernah saya post sebelumnya, suami saya mengalami kecelakaan dan harus mengenakan gips di kaki kiri selama 1,5 bulan dan brace untuk tulang belakang selama 3 bulan.  Efeknya dia harus berjalan menggunakan tongkat / crutch selama gips-nya belum dibuka. Ga mungkin dong kita harus berdiam diri terus di rumah selama gips belum dibuka.. kayaknya bisa bulukan deh di rumah terus. Suami juga merasa kondisinya jauh lebih baik dibanding pas awal-awal masuk RS. Bahkan suami juga udah bisa nyetir mobil sendiri dari/ke kantor (Pluit, Jakarta Utara) – rumah (Tangerang) PP. Thanks to  the creator of automatic transmission car alias mobil matic yang hanya butuh penggunaan kaki kanan untuk gas-rem. Soalnya suami saya hanya kaki kirinya yang digips jadi kaki kanan masih bisa berfungsi untuk mengendarai mobil, hihihi. Saya juga pengennya suami saya bisa hidup senormal mungkin ditengah keterbatasan sementaranya. Intinya jangan manja lah karena banyak orang-orang diluar sana yang keterbatasannya lebih permanen tapi tetap bersemangat dengan hidupnya. Jadi sebagai pecinta mall, tiap weekend atau ada waktu saya ajak suami saya ikut serta. Memang jadi lebih repot dibandingkan biasanya tapi itu bukan halangan buat saya.

IMG_20160725_193758[1]
Udah Lebih Segar dan Ceria
IMG_20160803_074431[1]
Udah Bisa Nyetir Sendiri

Kategori mall yang friendly for disabled people menurut saya:

  1. Ada fasilitas peminjamaan kursi roda (wheel chair) gratis untuk customernya.
  2. Ada fasilitas lift
  3. Ada jalur jalan landai untuk kursi roda (wheel chair)
  4. Space jalan cukup lebar untuk kursi roda
  5. Ada fasilitas valet parking (berguna banget kalau kita ga ada supir, jadi bisa langsung turun di lobby tanpa harus jalan jauh)
  6. Ada fasilitas disabled toilet. Beda disabled toilet dengan toilet biasa adalah ruangannya lebih besar sehingga memungkinkan kursi roda bisa masuk dan ada tiang pegangan disekitar WC, membantu banget supaya orang disabled tidak jatuh saat berdiri dari / duduk di WC)

Kenapa saya banyak banget menuliskan tentang fasilitas untuk kursi roda? Karena saya lebih suka suami saya duduk manis di kursi roda daripada dia jalan pakai tongkat keliling mall. Seperti kalian ketahui, mall itu kan biasanya gede banget. Ga kebayang suami saya ngiderin mall segitu luasnya dengan berlompat-lompat dengan bantuan tongkat. Bisa encok berat kali bro! Selain itu saya yang jalan disebelahnya juga bakalan bosen nungguin dia jalan ga sampai-sampai. Jadi saya lebih rela hati mendorong suami saya pakai kursi roda untuk jalan-jalan di mall. Rata-rata di mall besar sih sudah ada fasilitas free wheel chair for disabled people. Tapi jumlah kursi roda-nya memang terbatas, kadang kalau weekend bisa tinggal 1 doang atau bahkan full dipakai yang lain. Kemudian lama peminjaman kursi roda ini juga maksimal 3 jam. Menurut saya sih 3 jam udah cukup banget untuk sekedar cuci mata dan jajan cantik. Kalau kelamaan kasian juga suami saya kecapekan.

1469874098777[1]
Nge-mall Dengan Kursi Roda
IMG_20160802_183436[1]
Udah Bisa Makan di Resto

Berikut adalah review beberapa mall (Kebanyakan adalah mall di Tangerang karena rumah kami ada di Tangerang) yang pernah saya kunjungi bersama suami selama suami dalam kondisi kaki digips dan harus memakai tongkat.

  1. Supermal Karawaci (Karawaci, Tangerang)
    Sebelum sakit, mall ini sering banget kami kunjungi, secara kami kan nge-gym di Celebrity Fitness disini. Paling ga seminggu bisa 3x ke sini deh. Tapi dari hasil pengamatan selama ini, mall ini menurut saya kurang ramah terhadap disabled people (walaupun ada fasilitas peminjaman kursi rodanya)
    – Tidak ada disabled toilet
    – Dari lobby utama (tempat valet parking dan juga peminjaman kursi roda), harus menuruni anak tangga manual terlebih dahulu untuk mencapai lantai dasar. Tidak ada lift atau jalan landai untuk pengguna kursi roda.
    – Tidak ada lift / lokasi lift terpencil. Selama saya beredar disana, saya cuma pernah lihat lift barang. Lift penumpang ga tau ada dimana.
  2. Mall Alam Sutera (Alam Sutera, Tangerang)
    Cukup ramah dengan disabled people, hanya saja lokasi toiletnya agak jauh-jauhan. Ada fasilitas peminjaman kursi roda, disabled toilet, valet parking, lift dan jalan landai untuk kursi roda.
  3. Aeon Mall (BSD, Tangerang)
    Fasilitas untuk disabled people-nya oke banget: kursi roda, jalan landai, lift kapasitas besar dan banyak, vallet parking, dan ada disabled toilet. Cuma 1 hal yang dikomplain oleh suami: kursi rodanya ga nyaman, hehe.
  4. Living World (Alam Sutera, Tangerang)
    Fasilitas untuk disabled people-nya cukup oke: kursi roda, jalan landai, lift cukup besar, vallet parking, dan ada disabled toilet
  5. Emporium Mall (Pluit, Jakarta)
    Agak repot untuk membawa disabled people kesini. Fasilitas kursi roda sih ada, tapi dari lobby utama (tempat valet parking dan resepsionis lobby utama), untuk bisa mengakses lift kita harus turun ke lantai dasar dengan anak tangga manual atau eskalator. Kalau pakai kursi roda, kita harus keluar dari lobby utama dan jalan ke arah lobby utara yang jalan masuknya landai dan langsung ke lantai dasar. Jalanan ke lobby utara ini trotoar-nya sempit jadi harus hati-hati membawa kursi rodanya. Selain itu tidak ada disabled toilet. Lift juga sempit sehingga kalau masuk dengan kursi roda, jumlah orang yang bisa diangkut dengan lift jadi sedikit banget.

Sejauh ini baru 5 mall itu yang kami kunjungi, kalau ada mall lain yang kami kunjungi akan saya update lagi disini. Semoga bermanfaat untuk kalian yang berniat jalan-jalan di mall dengan anggota keluarga yang disabled.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s