Health & Beauty

Clean Up Your House From Dust Mites

Kalau diingat-ingat kembali, saya sudah tinggal di rumah Tangerang ini hampir 1,5 tahun yang artinya umur pakai furniture saya sudah sekitar itu juga. Selama ini cara membersihkan furniture di rumah saya hanya sebatas lap-lap dari debu dan atau mengganti serta mencuci seprai dan mattress protector saja (untuk bed) secara berkala. Jujur saya sih sudah merasa cukup bersih ya dengan cara seperti ini karena penampakan rumah sudah cukup kinclong dan ga pernah ada keluhan alergi yang muncul dari saya dan suami sebagai penghuni rumah.

Suatu saat saya melihat Instagram dari  beberapa orang artis Indonesia yang muncul di bagian explore Instagram saya. Mereka mempromosikan jasa service untuk vacuum furniture dari tungau yang bernama Hydro Clean. Saya pun iseng melihat-lihat akun Instagram dari Hydro Clean tersebut (@hydroclean.id). Dari hasil membaca postingan di akun tersebut dan juga bertanya pada google (ya iya lah, jangan langsung percaya begitu saja tanpa mencari kebenaran faktanya gimana), saya disadarkan bahwa rumah saya belum sepenuhnya bersih karena ada organisme mikroskopik yang tanpa kita perhatikan hidup dan berkembang biak di rumah kita, yaitu tungau jenis house dust mites. Tungau ini hanya bisa dilihat dengan mikroskop saking kecil-nya ukurannya. Tungau ini biasa hidup di bahan-bahan kain seperti gorden, ranjang, selimut, mattress protector, sofa, bantal-guling, karpet, dll. Tungau memakan sel kulit mati kita untuk berkembang biak. Efek kesehatan yang ditimbulkan tungau ini bermacam-macam, tapi kebanyakan berupa asma atau alergi (batuk-batuk atau bersin-bersin tanpa sebab yang jelas). Saya pun langsung menghubungi Hydro Clean untuk menanyakan price list-nya dan bikin janji untuk datang ke rumah saya. Hydro Clean menentukan minimum order 500 ribu Rupiah karena saya tinggal di Tangerang sedangkan mereka berlokasi di Jakarta. Saya pun menyanggupinya.

IMG_20160824_135802[1]
Pak Cleaner Dan Equipment-nya 😉

Pada hari yang telah ditentukan, cleaner (hanya 1 orang) dari Hydro Clean datang ke rumah saya dengan menggunakan motor dan membawa koper besar. Koper besar tersebut berisi peralatan vacuum cleaner yang akan digunakan. Jadi perbedaan alat vacuum yang digunakan oleh Hydro Clean ini dengan alat vacuum pada umumnya adalah pada medianya. Alat vacuum biasa kebanyakan hanya menggunakan filter biasa bukan filter HEPA (High Efficiency Particulate Arresting) yang ukuran diameternya berkisar 0.5-2 micrometers sehingga filter HEPA lebih mampu menangkap partikel yang sangat halus. Filter ini pun harus diganti secara berkala karena dengan penggunaan rutin, material mikrofiber pada filternya bisa rusak dan menyebabkan partikel halus yang ditangkap akan bebas kembali ke udara lepas. Alat vacuum dari Hydro Clean menggunakan media air sehingga partikel halus yang tersedot akan terlarutkan di dalam air sehingga tidak akan lepas ke udara bebas. Dilihat dari penampakan alatnya sih kayaknya harganya mahal banget, hehe.

IMG_20160824_140401[1]
Before Vacuum: Air Masih Jernih

Saya meminta cleaner untuk mem-vacuum bed beserta bantal gulingnya (ada 2 bed), kemudian dilanjutkan dengan bantal sofa yang terbuat dari kain. Kebetulan sofa saya terbuat dari bahan kulit sehingga tidak usah di-vacuum. Untuk selimut dan mattress protector menurut saya bisa dicuci sendiri jadi saya ga masukin ke dalam list barang yang akan di-vacuum. Biar hemat juga lah, hehe.

IMG_20160824_142038[1]
After Vacuum 1: Air Keruh Dan Banyak Debu

Hasil vacuum pertama kalinya bisa terlihat pada gambar. Air PAM yang awalnya jernih bisa berubah jadi kecoklatan disertai dengan partikel debu yang terperangkap. Kata cleaner-nya kalau dilihat dibawah mikroskop baru kelihatan tungau-nya. Vacuum bed dan ganti air dilakukan beberapa kali sampai media air-nya tidak terlalu kotor lagi yang menandakan semua kotoran, debu dan tungau sudah sukses terangkat dari bed kita. Kebetulan sih bed saya cuma sampai 2 kali vacuum aja sudah bersih.. kata cleaner-nya, dia pernah mengerjakan vacuum bed di rumah seseorang yang sudah sampai 5 kali ganti air dan vacuum masih belum bersih juga. Hadeuhh.. Setelah dirasa cukup bersih, pada saat ganti air dan vacuum terakhir, cleaner akan meneteskan cairan pewangi dan antiseptik ke dalam air yang digunakan sehingga saat selesai vacuum bed kita akan wangi segar. So far saya sih puas dengan service dari Hydro Clean ini.

IMG-20160823-WA0000[1]
Price List Hydro Clean

Dari hasil berbincang dengan bapak cleaner, saya memperoleh informasi bahwa Hydro Clean ini punya perusahaan rekanan yang memberikan jasa service yang sama, harga juga mirip-mirip. Alat vacuum yang digunakan pun juga sama karena memang mereka masih keluarga. Perusahaan itu adalah Mister Clean dan Aero Clean. Untuk Mister Clean katanya base-nya di Jakarta Selatan sedangkan Aero Clean di Tangerang. Surprisingly, lokasi Aero Clean ga jauh dari rumah saya lho! Dikarenakan lokasi rumah saya dan Aero Clean berdekatan jadi minimum order-nya bisa 350 ribu saja 😉

So, saya merekomendasikan banget jasa service seperti ini untuk membuat rumah anda benar-benar bersih. Silakan pilih sendiri mau pakai vendor yang mana, bisa dipertimbangkan dari segi lokasi dan juga harganya. Atau malah mau sekalian beli alat vacuum-nya langsung buat di rumah juga silakan, hihi. Untuk yang terakhir sih saya ga terlalu rekomendasikan karena harganya mahal. Oh ya, salah satu hal yang bikin saya terkagum-kagum juga adalah alat vacuum-nya ini punya banyak selang sedot dengan berbagai ukuran, jadi benar-benar bisa mencapai bagian sudut dan lipatan yang susah dibersihkan.

Note: Tulisan ini dibuat berdasarkan pegalaman pribadi, bukan disponsori oleh perusahaan manapun.

Contact:

  • Hydro Clean Indonesia
    Telp / WA 081293321250
    IG @hydroclean.id
  • Aero Clean Indonesia
    Telp / WA 081382199934
    IG @aeroclean9934
Leave a Reply

