Home Appliances

Review Juicer Phillips HR1811

Dulu saya merasa memiliki juicer itu tidaklah penting karena saya berpikir sudah ada blender. Blender bisa juga koq untuk bikin jus. Kebanyakan warung atau tempat makan lain juga menggunakan blender untuk membuat jus. Selain itu setau saya harga juicer ini tidaklah murah.

Seiring dengan waktu, gaya hidup sehat mulai marak. Cold pressed juice sedang naik daun. Tapi saya tetap belum tergoda dengan trend tersebut sampai suatu saat saya dianjurkan oleh teman kantor suami yang dalam rangka program TTC (Try To Conceive) untuk rutin mengkonsumsi Jus 3 Diva / Jus Femmie. Konon jus ini bisa membantu kesuburan pasangan. Bahannya terdiri dari 4 wortel import, 2 apel dan 2 tomat. Serat buah-buahannya harus disaring. Nah, permasalahan timbul ketika saya membayangkan berapa lama saya harus mengerjakan jus begini setiap harinya ditambah pakai acara saring-menyaring ampas buahnya pula. Saya pun kemudian berpikir untuk membeli juicer untuk alasan kepraktisan.

Dari hasil browsing, saya mendapatkan beberapa informasi mengenai juicer ini. Juicer ini terbagi menjadi 2 tipe, yaitu: Centrifugal Juicer dan Slow Juicer.
Centrifugal Juicer
– Menggunakan mata pisau halus dengan kecepatan putar tinggi. Kecepatan putar yang tinggi ini akan menyebabkan peningkatan suhu menjadi lebih panas sehingga bisa merusak enzim dan nutrisi yang ada pada buah.
– Tidak bisa untuk membuat jus sayuran.
– Tidak bisa memproses kacang-kacangan
– Bunyinya cukup berisik
– Ampas buah lembab
– Harga lebih murah

Slow Juicer
– Juicer ini tidak menghasilkan panas seperti halnya Centrifugal Juicer sehingga nutrisi buah-buahan tetap terjaga
– Bisa untuk membuat jus sayuran
– Bisa memproses kacang-kacangan
– Suara mesin tidak berisik
– Ampas buah lebih kering
– Harga lebih mahal

Slow juicer terbaik yang banyak direkomendasikan di forum ibu-ibu adalah merk Hurom yang biasanya dijual di Ace Hardware dengan harga sekitar 5 juta! Wuihh.. bisa-bisa diomeli pak suami nih kalau beli juicer semahal itu. Lagian saya pikir kan saya dan suami lebih suka jus buah-buahan dibanding dengan jus sayuran, jadi saya lebih memilih Centrifugal Juicer aja.

IMG_20160906_132115[1]
Juicer Phillips HR1811

Pilihan saya jatuh pada juicer merk Phillips. Kenapa Phillips? Selama ini saya pakai produk Phillips cukup memuaskan dan umur pakai produknya cukup lama alias awet 😉 Saya memilih Juicer Phillips tipe HR1811 dengan harga 800 ribu-an. Waktu itu saya beli-nya di Electronic Solution. Oya, konsumsi listrik-nya juga hemat, hanya 300 watt.

IMG_20160906_132657[1]
Dus-nya Sudah Usang ;p

Kehadiran juicer ini benar-benar membuat hidup saya jadi lebih praktis saat membuat jus. Buah tinggal di kupas, dipotong-potong (biar muat masuk ke corong juicer), kemudian tinggal diproses di juicer. Kita bisa memilih speed mesinnya sesuai jenis buah yang akan diproses. Ga perlu repot lagi untuk disaring karena ampas buah-ya akan terpisah sendiri dan menurut saya ampas buahnya cukup kering koq which is good. Dengan juicer juga kita ga perlu nambah-nambah air lagi seperti halnya blender. Jadi yang kita minum benar-benar pure dari air sari buah-nya. Juicer Phillips ini juga dilengkapi degan gelas tampung (untuk air sari buah-nya). Nah, sekarang kita bicara soal kekurangannya ya.. Selain suara mesin yang berisik, mencuci / membersihkan juicer ini juga agak repot karena kita harus melepas aksesoris-aksesorisnya satu per satu kemudian membuang ampas buahnya dan mencuci bersih aksesoris-aksesoris tersebut. Kalau saya hitung-hitung ada 8 bagian printilan aksesoris yang harus kita cuci. Satu lagi, karena ukurannya cukup mungil, kapasitas tampungan ampas buah-nya juga terbatas. Dari pengalaman saya sih 4 wortel import + 2 apel malang + 2 tomat juga sudah penuh ampas-nya. Kalau ampas-nya terlalu penuh mesin-nya ga mau mutar lagi, jadi kita harus buang dulu ampas yang nyangkut-nyangkut di dalam-nya.

Saya sudah memakai juicer ini sekitar 6 bulan dan tidak ada masalah apa-apa, cukup awet koq selama kita menggunakan-nya sesuai aturan aja. Semoga artikel ini bisa memberi gambaran kepada emak-emak diluar sana yang lagi bingung memilih juicer. Kalau ada duit lebih sih ga usah galau lagi, tinggal beli merk Hurom aja, hehe.

Salam sehat untuk semuanya!

Note: Ini review sejujur-nya tanpa pesan sponsor manapun lho ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s