Cooking · Liz Kitchen

Chicken Steak With Mushroom Sauce And Vegetables Salad

Hello my lovely readers! How are you? Hope you all fine. Kali ini saya mau post resep steak. Masih setia dengan chicken steak karena stok daging yang ada cuma itu di kulkas, haha. Lagian daging ayam lebih ekonomis dan sehat daripada daging sapi (usia segini harus lebih alert dengan yang namanya kolesterol).

Kalau kalian ada yang notice, akhir-akhir ini saya udah mulai rajin masak ketimbang dulu. Terbukti dengan mulai banyak posting resep lagi, hehe. Saya lagi hobby explore resep-resep baru biar ga bosen dan mencoba experience baru. Kebetulan dulu saya jarang banget masak yang namanya western food. Lebih suka Indonesian food karena suami sukanya masakan yang berempah-rempah. Nah, tapi sekarang ini saya lagi hobby masak western food karena ternyata jauh lebih gampang dan praktis daripada Indonesian food yang penuh bumbu-bumbu dapur. Dan ternyata suami pun lidahnya sudah bisa beradaptasi dengan aneka western food yang saya masak untuknya, hihi.

photogrid_14749791229181

Siapa sih yang ga tau steak? Itu loh potongan daging yang di-grill dan disiram berbagai pilihan saus. Biasanya kalau di restoran, menu steak begitu dibandrol dengan harga yang mahal banget (menurut saya) untuk satu porsinya. Masak steak sendiri di rumah jauh lebih ekonomis. Jadi mulailah saya mencari resep-resep yang oke dan pilihan jatuh kepada blog Just Try and Taste (JTT). Bedanya untuk menu steak mushroom sauce JTT menggunakan daging sapi dan memakai buah kiwi/nanas untuk mengempukan dagingnya sedangkan saya hanya menggunakan daging fillet ayam (chicken ribs fillet) sehingga ga perlu melakukan step mengempukan daging (emak-emak pemalas, haha).

Bumbu untuk marinade daging ayam-nya saya ambil dari steak ayam-nya JTT yang pernah saya posting juga sebelumnya hanya saja kemarin memakai brown sauce. Kali ini juga saya membuat salad sayuran sebagai pelengkapnya. Resep mushroom sauce JTT ini menggunakan kunyit bubuk yang awalnya membuat saya ragu.. kenapa ini bumbu steak koq pakai kunyit macam masakan Indonesia ya?! Tapi ternyata enak lho walaupun ga pakai cooking cream. Berikut resep yang saya ambil dari JTT, 1 resep bisa untuk 2-3 porsi:

Bahan:

Bahan Steak:
4 potong fillet paha ayam bagian atas atau bawah (bisa juga menggunakan daging dada, sesuai selera saja), tusuk-tusuk daging dengan garpu supaya bumbu lebih meresap.

Bahan Perendam / Marinade Steak:
– 2 butir bawang putih, cincang halus
– 2 sendok teh kecap asin
– 1 sendok teh kecap manis
– 1 sendok teh minyak wijen
– 1 sendok teh merica bubuk
– 1 sendok teh saus tiram
– 1 – 2 sendok teh gula palem

Bahan Mushroom Sauce:
– 1/2 butir bawang bombang, cincang kasar
– 3 butir bawang putih, cincang halus
– 1 batang cabai merah keriting, rajang halus
– 1/4 sendok teh merica hitam butiran yang ditumbuk kasar
– 1/4 sendok teh kunyit bubuk
– 2 sendok teh saus tiram
– 2 sendok teh kecap manis
– 200 ml susu cair
– seujung kuku garam
– 1 sendok minyak untuk menumis
– 4 buah jamur tiram, bisa menggunakan jamur kancing, champignon, merang atau jamur lainnya. Cincang kasar. (saya pakai 8 buah jamur champignon, iris 3)

Bahan Salad Sayuran:
– 4 lembar daun lettuce/selada, rajang kasar
– 1/2 buah wortel, serut kasar
– 1/2 buah tomat cincang kasar

Bahan Dressing Salad:
– 1 butir bawang putih cincang halus
– 1 – 2 sendok makan mayonaise
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1 sendok makan minyak zaitun (minyak sayur)
– 1 sendok makan balsamic vinegar (bisa diganti dengan air jeruk nipis/lemon)
– 1/2 sendok makan gula pasir
– 1/4 sendok teh garam

Pelengkap: Fries (Kentang Goreng)

Cara Membuat:

Steak:

  1. Rendam daging dengan bahan perendam. Diamkan di kulkas selama min. 1 jam.
  2. Panaskan sedikit minyak pada wajan anti lengket. Panggang / grill daging diatas wajan sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat.
  3. Tata daging diatas piring saji

Mushroom Sauce:

  1. Panaskan minyak diatas wajan (lebih bagus menggunakan wajan bekas memanggang daging tadi). Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu, matang dan harum. Tambahkan minyak kalau kurang.
  2. Masukkan kunyit bubuk dan cabai merah keriting, aduk rata. Masak sampai cabai layu.
  3. Masukkan jamur, aduk rata dan masak sampai jamur layu.
  4. Masukkan merica hitam, saus tiram dan kecap manis, aduk rata.
  5. Masukkan susu cair, aduk-aduk sampai susu mendidih dan saus mengental. Supaya agak kental bisa ditambakan 2 sdt tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam air matang. Icipi rasanya, tambahkan garam apabila masih kurang asin.
  6. Tuang saus diatas daging steak.

Salad Sayuran:
Campur sayuran dan bahan dressing sampai merata. Siap disajikan. Apabila bahan dressing dan sayuran sudah dicampur lebih baik segera dikonsumsi untuk menjaga kesegarannya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s