Cooking

Stir Fried Long Beans With Minced Beef

photogrid_14755614675391

Judul resepnya panjang dan ribet bener yak kayaknya, haha. Intinya sih ini tumis kacang panjang pakai daging cincang gitu yang biasanya ada di restoran chinese food. Kalau di resto harga menu ini bisa sampai 40rb-an ke atas per porsi yang ukurannya imut-imut. Jadi mending ribet dikit di dapur tapi jadinya hemat, hihi. Resep saya ambil dari blog Dapur Gue dan sudah saya modifikasi sedikit dalam hal mengolah kacang pajangnya. Resep asli menggunakan kacang panjang yang sudah digoreng dalam minyak terlebih dahulu, sedangkan saya menggunakan kacang panjang mentah yang kemudian dimasak bersama air dan bumbu-bumbu supaya empuk. Satu resep ini bisa untuk 2-3 porsi dan rasanya ga kalah dengan yang di resto-resto itu lah.

Bahan:

  • 150 gram kacang panjang muda, potong-potong 6 cm
  • 100 gram daging cincang
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 2 siung bawang putih, cincang halus (saya pakai 3 siung)
  • 5 siung bawang merah, iris halus (saya pakai 6 siung)
  • 1 buah cabe merah, buang bijinya, iris serong
  • 2 sdt saus tiram
  • Garam, gula dan merica secukupnya
  • Sejumput kaldu sapi bubuk (tambahan dari saya)
  • 50 ml air (tambahan dari saya)
  • 1-2 sdt minyak wijen (untuk aroma)

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merah sampai harum dan layu
  2. Masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai matang dan berubah warna.
  3. Masukkan saus tiram, garam gula dan merica, aduk rata.
  4. Masukkan kacang panjang, aduk rata.
  5. Masukkan air, aduk rata dan masak sampai air menyusut dan kacang panjang empuk.
  6. Tambahkan minyak wijen, aduk rata. Matikan api dan angkat.

Ada cerita lucu dibalik foto masakan ini. Seperti biasa saya tuh malas banget ya foto masakan ribet-ribet dengan angle yang cantik. Saya merasa masak tuh udah capek dan ribet, belum ditambah cuci piring dan wajannya. Saya ga punya ART yang nginap di rumah untuk bantuin segala urusan dapur. Properti foto dan koleksi peralatan piring saji yang cantik-cantik juga ga punya. Intinya sih saya lebih concern tentang urusan rasa daripada penampilannya. Eh suami tiba-tiba berinisiatif untuk melakukan penataan makanan diatas piring (plating) dan mengambil properti yang ada untuk difoto bersama masakan ini. Berikut adalah hasil foto suami saya yang konon menurutnya terinspirasi dengan menu fine dining, hahaha.

photogrid_14755615106781

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s