Home Appliances

Perawatan Freestanding Cooker Tecnogas

Seperti yang teman-teman pembaca ketahui, saya membeli freestanding cooker Tecnogas type N3X66G4E di bulan Desember 2014. Selama pemakaian saya merasa sangat puas dan tidak ada masalah teknis yang berarti. Pemakaian gas pun juga irit sekali padahal saya rutin memasak dan juga baking. Freestanding cooker Tecnogas ini bukanlah kompor murah jadi untuk menjaganya tetap awet kita harus merawatnya dengan baik.

Perawatan harian yang biasa saya lakukan di rumah hanya membersihkan permukaan kompor dan dinding-rak oven dengan lap kanebo (lembab) bersih (tanpa cairan pembersih apapun) dan dikeringkan dengan lap kering. Membersihkan dengan menggunakan cairan pembersih sangat tidak disarankan karena bisa meninggalkan residu dan juga bebauan yang akan mempengaruhi hasil masakan kita (misalnya bau sabun, dll). Selain perawatan harian saya merasa perlu untuk melakukan perawatan tahunan yang dilakukan oleh teknisi ahli. Kenapa harus teknisi? Karena kita hanya sanggup membersihkan bagian luar saja sementara bagian dalam juga harus mendapatkan perawatan rutin. Ga mungkin dong kita bongkar-bongkar kompor sendiri untuk membersihkan/mengecek bagian dalamnya. Jadi tentu saja kita butuh orang yang ahli di bidangnya dan orang tersebut adalah teknisi. Kebiasaan ini saya dapat sewaktu tinggal di rumah dinas di Sorowako dimana semua peralatan elektronik di rumah termasuk kompor dilakukan PM (Preventive Maintenance) Check tahunan sehingga bila ada kerusakan kecil di awal bisa segera diatasi sebelum jadi masalah yang besar.

Saya pun menelpon custome service Tecnogas untuk membuat janji kunjungan ke rumah. Dikarenakan kompor saya sudah lewat masa garansinya, saya diharuskan membayar Rp. 110.000 untuk kunjungan teknisi ke rumah. Harga tersebut belum termasuk biaya sparepart yang harus diganti. Kunjungan teknisi Tecnogas ke rumah hanya bisa dilakukan di hari dan jam kerja, Senin – Jumat. Biasanya setelah kita menelpon customer service center, kita akan ditelpon oleh teknisi langsung untuk bikin janji kunjungan dalam beberapa hari ke depan.

Pada hari yang ditentukan, teknisi datang ke rumah saya untuk memeriksa freestanding cooker saya. Sebelumnya dia menanyakan apakah saya ada keluhan terkait dengan pemakaian kompor ini. Keluhan saya hanya fan yang tidak merata dan juga lampu oven yang agak redup. Kemudian mulailah kompor saya dibongkar dan ternyata lampu oven saya sudah hangus dan harus diganti, hahaha. Lampu oven ini tidak dijual diluaran karena didesain untuk tahan panas jadi memang harus pakai lampu oven keluaran Tecnogas. Harga lampu oven ini Rp. 115.000. Selebihnya kompor saya hanya dibersihkan bagian dalam dan kabel-kabelnya saja, tidak ada yang diganti.

So far service dari Tecnogas ini memuaskan. Ga ada tuh yang namanya teknisi bohongin customer yang bilang ini-itu harus diganti padahal ga perlu. Bener-bener apa adanya deh. Kemudian teknisinya juga sopan dan memperlakukan kita selayaknya customer. Oya, untuk wilayah DKI Jakarta, termasuk Tangerang, teknisinya didatangkan dari kantor pusat Tecnogas di Pinangsia (dekat daerah Glodok Jakarta) makanya untuk kunjungan ke rumah ga bisa dilakukan buru-buru dan harus bikin janji dulu.

Contact:
Customer Service Tecnogas / Azalea
Jl. Pinangsia Raya No. 77 Jakarta 11110
Telp. 021-69831028, 29, 30

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s