Home Appliances

Merawat Air Conditioner (AC)

Setelah post saya tentang tips memilih Air Conditioner (AC) yang cocok untuk rumah anda, rasanya kurang lengkap kalau ga membahas tentang cara merawatnya supaya awet. Dari yang saya baca ada 2 hal yang mempengaruhi keawetan AC: Segi elektikal dan segi kebersihan.

Dari segi elektrikal, sebuah AC akan lebih awet jika power listrik-nya stabil (listrik ga naik turun tegangannya dan juga jarang mati listrik). Selain itu penggunaan AC yang sesuai dengan kapasitas ruangan juga akan mempengaruhi keawetan AC. Apabila kapasitas AC  (PK / Power Kuda) yang kita gunakan lebih kecil dibanding luas ruangan maka otomatis AC tersebut akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan tersebut. Akibatnya AC bisa cepat rusak. Hal lainnya yang mempengaruhi keawetan AC dari segi elektrikal adalah penyetelan suhu remote AC. AC akan bekerja lebih optimal pada suhu ruangan 24-25 derajat Celcius. AC yang sering digunakan dengan suhu yang minimum (16-18 derajat Celcius) atau maksimum (diatas 26 derajat Celcius) akan bekerja lebih keras sehingga AC akan lebih cepat rusak. Segi elektrikal ini tidak akan saya bahas lebih lanjut karena saya sendiri tidak ada background pendidikan elektikal, hehe. Jadi mari kita bahas mengenai hal berikutnya saja.

Segi kebersihan tidak kalah pentingnya dari segi elektrikal. AC yang kotor dan penuh dengan debu akan menghalangi proses pendinginan ruangan sehingga AC tidak akan bekerja optimal. Penting sekali untuk membersihkan AC, unit indoor dan outdoor-nya paling tidak 3 bulan sekali. Biasanya setelah 3 bulan debu-debu akan lebih menumpuk dan membuat AC tidak dingin. Kalau tidak terbiasa membersihkan AC sendiri, bisa menggunakan jasa profesional seperti yang saya lakukan. Membersihkan AC ini soalnya butuh alat-alat khusus yang belum tentu kita punya di rumah.

Kalau dulu di Sorowako, sewaktu tinggal di rumah dinas, saya tidak perlu repot mengurus pembersihan AC ini karena orang maintenance sudah ada jadwal pengecekan dan pembersihan sendiri untuk masing-masing rumah. Sejak tinggal di rumah sendiri di Tangerang mau ga mau saya harus mengatur-nya sendiri. Selama ini ada 2 jasa pembersihan AC yang pernah saya pakai:

  1. Jasa profesional yang pertama adalah partner kerja Daikin Service Center Indonesia. Selain merk Daikin beliau juga mau untuk membersihkan AC merk lain. Harga untuk membersihkan 1 unit AC (kapasitas dibawah 2 PK) adalah Rp. 75.000 dan ada charge uang transport Rp. 25.000 karena mereka dari Pamulang dan saya di Tangerang Kota. Review saya: Kerja mereka rapi dan bersih, ga pernah bohong juga soal perlu tambah freon yang padahal memang tidak diperlukan (biasanya sih supaya mereka dapat duit tambahan lebih). Kekurangannya hanya satu yaitu mereka suka ga modal bawa tangga sendiri jadi kita sebagai tuan rumah harus sedia tangga di rumah.
    Contact:
    Febiansyah (Telp/WA 081280080972)
  2. Jasa profesional kedua adalah langganan keluarga ipar saya sejak bertahun-tahun lalu. Mereka ga ada embel-embel merk AC tertentu, jadi merk apapun boleh. Ga ada juga perbedaan biaya berdasarkan kapasitas AC. Harga untuk membersihkan 1 unit AC adalah Rp. 40.000. Ga ada minimum order dan ga ada uang transport. Review saya: Kerja mereka rapi dan bersih, ga pernah bohong juga soal perlu tambah freon yang padahal memang tidak diperlukan. Mereka juga bawa tangga sendiri jadi kita ga perlu sediain tangga di rumah. Kekurangannya hanya satu yaitu hanya melayani daerah seputaran Tangerang Kota dan Serpong.
    Contact:
    Kirno (Telp/SMS 087882599813)

Saat ini saya sih lebih sering menggunakan jasa Pak Kirno karena lebih murah. Di rumah saya soalnya ada 3 buah AC jadi berasa banget beda harganya dengan jasa Pak Febi. Maklum lah emak-emak, mau yang bagus dengan harga murah tapi hasil ga murahan, hahaha. Kalau kalian tinggal di daerah seputaran Tangerang seperti saya dan lagi bingung memilih jasa pembersihan AC, bisa contact salah satu nomor tersebut. Saya disini tidak ada hubungan keluarga dengan Pak Febi maupun Pak Kirno jadi review yang saya buat ini murni dari pengalaman saya tanpa memihak salah satu orang.

 

Tinggalkan Balasan

