Culinary Journal

6 Situs Favorit Resep Makanan

Saya adalah tipe orang yang suka banget mencoba resep-resep baru kalau ada waktu luang. Hal ini dimaksudkan supaya pengetahuan kita tentang makanan tidak terbatas seputar resep keluarga saja. Biar ga bosan juga. Selain itu juga supaya bisa mengikuti trend-trend menu baru seputar kuliner. Saya pribadi lebih suka browsing resep di smartphone atau laptop dibandingkan dengan membaca buku masakan. Padahal saya punya beberapa buku resep makanan di rumah tapi balik-baliknya lagi ke hasil browsing di internet. Saya merasa browsing di internet itu lebih praktis dan interaktif, selain itu kita bisa melihat review dan tips langsung dari orang-orang yang telah mempraktekan resep tersebut.

Berikut adalah 6 situs favorit saya dalam pencarian resep makanan karena dari hasil praktek resep-resepnya menurut saya rasa makanan-nya oke-oke semua.

  1. NCC Indonesia
    Website: www.ncc-indonesia.com
    Facebook: Natural Cooking ClubNCC adalah singkatan dari Natural Cooking Club. Pendiri-nya adalah Ibu Fatmah Bahalwan. Base camp NCC Indonesia ada di jalan Matraman, Jakarta Pusat. Anggotanya sudah mencapai puluhan ribu orang dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Saya sendiri salah satu member pasif-nya di grup Facebook NCC. Minder rasanya dengan rekan ibu-ibu lainnya yang pinter-pinter banget cooking dan baking-nya. Saya hampir selalu browsing resep masakan dengan ditambah embel-embel NCC di belakangnya, contoh: “Resep Opor Ayam NCC” dan langsung masuk ke resep di website NCC. So far cocok selera dengan resep-resep di NCC ini, bahkan banyak resepnya yang saya jadikan bakulan kue Liz Kitchen, hihi.
  2. Just Try And Taste (JTT)
    Website: www.justtryandtaste.com
    JTT ini adalah blog milik Mba Endang. Banyak orang yang mengatakan semua resep di JTT adalah resep anti gagal. Hal ini dikarenakan JTT selalu menampilkan gambar step by step dan juga tips pengolahan makanannya. Banyak resep makanan yang simple dan cocok untuk orang yang baru memulai belajar masak. Oya, JTT bahkan sudah pernah menerbitkan buku resep komersial lho. Saya lebih sering mencari resep masakan (non baking) daripada resep kue di situs ini. Selain blog ini saya juga follow akun Instagram Mba Endang.
  3. Ordinary Kitchen
    Website: www.ricke-ordinarykitchen.blogspot.co.id
    Pemilik blog adalah Mba Ricke. Saya suka banget dengan hasil karya Mba Ricke ini terutama untuk kategori baking-nya. Tampilan fotonya selalu cantik dan menggugah selera. Entah sudah berapa kali saya mencoba resep dari Mba Ricke ini dan menurut saya rasanya enak lho, pas manisnya. Ada beberapa resep di blog ini yang jadi bakulan kue Liz Kitchen. Saya juga follow Mba Ricke di akun Instagram-nya. Hanya saja menurut saya Mba Ricke agak jarang posting sih di Instagram.
  4. Diah Didi
    Website: www.diahdidi.com
    Blog ini milik Mba Diah dan merupakan blog favorit saya untuk resep-resep masakan tradisional (khususnya masakan Jawa). Resepnya simpel tapi rasanya juara, hehe.
  5. Catatan Nina
    Website: www.catatan-nina.blogspot.co.id
    Blog ini milik Mba Nina. Hasil jepretan makanannya keren-keren. Saya suka mencari review resep dan tips baking disini. Saya juga follow Mba Nina di akun Instagram-nya. Mba Nina cukup aktif meng-upload hasil foto masakannya di Instagram.
  6. Doyan Baking
    Sebenarnya sih yang terakhir ini bukan kategori situs melainkan akun media sosial Instagram. Akun ini suka share foto dan resep hasil baking. Bikin kita jadi tertantang untuk mencoba resep-resepnya. Ada beberapa bakers favorit saya disini yang sering posting foto makanan yang cantik-cantik.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s