Health & Beauty

Body Acnes

Hello Everyone! Maaf karena vakum dari peredaran blog beberapa saat karena banyak urusan keluarga. Yup, siapa bilang ibu rumah tangga itu pengangguran doang? Hahaha.

Body Acnes atau jerawat tubuh tidak kalah mengganggu dari jerawat pada wajah. Penyebab munculnya jerawat tubuh ini mirip-mirip dengan penyebab jerawat wajah, yaitu: Produksi minyak berlebih, clogged pores karena penggunaan produk tertentu, hormonal, dan juga masalah kebersihan kulit. Untuk masalah hormonal disini tidak akan saya bahas lebih lanjut karena untuk kasus jerawat hormon, ga banyak yang bisa kita lakukan dengan produk OTC (Over The Counter) alias produk yang dijual bebas di pasaran. Jerawat hormon yang parah butuh penanganan dokter spesialis kulit.

Penggunaan beberapa produk bisa menyebabkan clogged pores di kulit tubuh. Berdasarkan pengalaman pribadi saya produk-produk yang bisa menyebabkan clogged pores di kulit tubuh saya yang jenisnya cenderung berminyak, berjerawat dan sensitif adalah:

  • Shampoo yang mengandung silikon dan pelembab tinggi
    Lho apa hubungan shampoo dengan jerawat tubuh? Saat kita keramas, air bilasan shampoo-nya  akan mengenai kulit tubuh kita dan meninggalkan residu yang bisa menyumbat pori-pori kulit tubuh. Lain halnya kalau kita keramas di salon ya yang cuma basah di area rambut aja, hehe. Shampoo yang mengandung silikon dan pelembab tinggi biasa terdapat pada tipe shampoo 2 in 1 atau shampoo untuk rambut kering / rusak. Tipe shampoo begini selain bikin rambut saya cepat lepek dan ketombean juga bikin muncul jerawat-jerawat di area kulit kepala, dada dan pundak.
    Solusi: Ganti shampoo yang tidak mengandung silikon, contoh The Body Shop Rainforest dan beberapa shampoo organic di pasaran (misal Petal Fresh, Organic Care dan Sensatia Botanica).
  • Conditioner yang mengandung silikon
    Kasusnya sama dengan diatas yaitu air bilasan conditioner yang akan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit tubuh. Parahnya, hampir semua conditioner di pasaran menggunakan silikon.
    Solusi: Tidak menggunakan conditioner sama sekali atau ganti conditioner yang tidak mengandung silikon, contoh The Body Shop Rainforest.
  • Sabun / body wash yang mengandung pelembab tinggi dan fragrance yang terlalu tajam
    Sabun / body wash dengan pelembab tinggi biasanya diperuntukkan untuk kulit normal, kering dan lansia. Pelembab ini bikin kulit tubuh jadi lebih cepat berminyak, berkomedo dan jadi sarang berkembang biak bakteri jerawat. Begitu juga untuk masalah fragrance, kulit sensitif seperti saya sepertinya juga alergi dengan sabun  / body wash yang terlalu wangi.
    Saya sudah mencoba sabun baby yang katanya mild tapi tetap saja bikin kulit tubuh saya berminyak dan berkomedo. Ganti dengan sabun sulfur yang katanya bisa bikin jerawat kering ternyata terlalu harsh untuk kulit saya. Alhasil kulit jadi mengelupas saking keringnya dan bikin gatal! Dan setelah pencarian lama, akhirnya saya menemukan my HG body wash yang bisa bikin kulit tubuh saya calm, ga iritasi, ga bikin kering tapi bikin jerawat dan komedo di kulit tubuh jadi jauh berkurang: The Body Shop Tea Tree Body Wash! Saking cintanya saya sudah repurchase body wash ini lho.
img_20161213_1333141
My HG Body Wash To Fight Body Acnes!

Dengan penggunaan produk-produk di atas, jerawat tubuh saya sudah jauh berkurang. Sekarang permasalahannya tinggal bekas-bekas jerawatnya aja nih. Another tips, untuk penyembuhan jerawat di tubuh yang lebih cepat, biasanya selesai mandi dan mengeringkan badan, saya suka mengoleskan minyak kayu putih ke kulit yang berjerawat. Efeknya jerawat jadi lebih cepat kering lho. Saya jadi inget banget dulu pernah sampai ke dokter kulit untuk urusan jerawat tubuh ini, tapi produk dokter yang berupa obat kocok oles (mengandung sulfur) bikin kulit saya jadi gatal sehingga ga saya teruskan penggunaannya. Ternyata kunci kesembuhan jerawat tubuh ini hanya memilih produk pembersih tubuh yang sesuai untuk kulit. So simple!

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri tanpa ada sponsor dari brand tertentu. Hasil penggunaan produk bisa jadi berbeda untuk masing-masing orang. Semoga sharing ini bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s