Cooking · Liz Kitchen

Ikan Bakar Rica Sambal Dabu-Dabu

PhotoGrid_1488884428904

Setelah sekian lama akhirnya posting resep masakan lagi. Maklumlah kalau angin malas sedang menerpa, mau buka laptop aja suka malas, apalagi nulis blog. Jadi jangan kaget kalau sekalinya nge-blog langsung bisa posting beberapa tulisan. Mumpung lagi ada mood menulis jadi ga boleh disia-siakan. Sebenarnya sih dari yang saya baca, lebih baik kalau nge-blog itu konsisten, posting tulisan-nya konsekuen, misal seminggu sekali. Tapi apalah daya kalau orangnya pemalas kayak saya, hehe.

Kali ini saya ber-eksperimen masak Ikan Bakar Rica Sambal Dabu-Dabu yang resepnya saya ambil dari blog Just Try and Taste (JTT) milik Mba Endang. Saya pakai ikan kakap ukuran besar yang di-fillet. Jumlah cabai yang digunakan juga dikurangi sedikit biar ga terlalu pedas. Bakar ikannya juga cuma di pan anti lengket jadi ga heran kalau daging ikannya tidak sekering kalau dibakar pakai arang. Lagian menurut saya lebih sehat kalau dibakar di pan.

Bumbu rica-nya yang berlebih jangan dibuang ya.. Sayang karena harga cabai kan lagi mahal, hahaha. Bumbu rica tersebut masih bisa dimanfaatkan lho. Contohnya dijadikan telur balado. Tinggal rebus telur sampai matang. Bumbu rica ditumis kembali sebentar kemudian masukkan telur rebusnya. Aduk-aduk sampai matang. Enak juga lho! hehe.

Sambal dabu-dabunya saya modif sedikit dengan menambahkan gula pasir (supaya lebih gurih) dan juga dituangkan sedikit minyak panas supaya tidak terlalu bau langu. Setelah ikan matang, sambal dabu-dabunya dituang ke atas ikan. Dijamin makin lahap deh makan ikan bakarnya. Berikut resepnya ya:

Bahan:
– 3 ekor ikan kembung, siangi dan cuci bersih (Saya pakai ikan kakap fillet)
– 1/2 sendok makan garam
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– air jeruk nipis dari 1 butir jeruk

Bumbu Halus:
– 10 buah cabai merah keriting (Saya pakai 5 cabai merah besar dan 8 cabai merah keriting)
– 10 buah cabai rawit merah (Saya pakai 7 cabai rawit merah saja)
– 10 butir bawang merah
– 5 butir bawang putih
– 2 ruas jahe
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan gula pasir
– 1/2 sendok teh kaldu bubuk
– 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu lainnya:
– 1 sendok makan air asam jawa
– 3 lembar daun salam

Sambal Dabu-Dabu:
– 2 butir tomat, cincang kasar
– 3 butir bawang merah, iris halus
– 5 butir cabai rawit, rajang halus
– air jeruk nipis dari 1 butir jeruk
– 1/2 sendok teh garam
– 1 sdt gula pasir (Tambahan dari saya)
– 2 sdm minyak goreng panas (Tambahan dari saya)

Cara Membuat:

  1. Siangi ikan dan cuci bersih. Kerat-kerat bagian badannya (Kalau pakai fillet ikan, ga usah dikerat-kerat lagi). Lumuri bagian dalam dan permukaan ikan dengan garam, merica bubuk dan air jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.
  2. Panaskan 2 sendok makan minyak di wajan. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum, masukkan air asam jawa. Masak hingga bumbu matang, harum dan mengering. Aduk-aduk selama bumbu ditumis agar tidak gosong. Cicipi rasanya, tambahkan garam atau gula jika kurang pas. Angkat dan sisihkan, buang daun salamnya.
  3. Sisihkan setengah tumisan bumbu. Bagi setengah bumbu lainnya menjadi tiga bagian atau sejumlah ikan yang akan kita panggang. Masukkan masing-masing tumisan bumbu ke dalam rongga perut dan kepala ikan, jejalkan dengan sendok agar masuk dengan baik ke dalam rongga perut ikan.
    Tips dari saya: Kalau sudah merasa bumbu yang dibuat berlebihan, dari awal sudah disisihkan terlebih dahulu ya kelebihannya jadi masih bisa diolah jadi masakan lainnya. Kalau sudah dicampur ke badan ikan ya sudah ga bisa dipakai lagi deh.
  4. Siapkan alat pemanggang, saya menggunakan alat pemanggang berlapis teflon. Olesi permukaan pemaggang dengan minyak goreng. Tata ikan di atas alat pemanggang dan panggang menggunakan api kecil. Panggang ikan hingga satu sisi matang, baru balikkan ikan dan panggang sisi sebelahnya lagi. Selama ikan dipanggang oleskan sedikit minyak pada permukaan ikan dengan menggunakan kuas agar ikan tidak gosong dan mudah matang.
  5. Jika kedua sisi ikan dipastikan telah matang, olesi sisa bumbu tumisan ke satu sisi permukaan ikan, panggang sebentar dan balikkan ikan. Olesi bumbu sisanya ke permukaan ikan lainnya. Hingga seluruh bagian ikan tertutup tumisan bumbu rica-rica. Panggang sebentar hingga bumbu mengering. Angkat dan tata di piring saji.
  6. Sambal Dabu-Dabu: Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan sambal dabu-dabu ke dalam mangkuk. Aduk rata, cicipi rasanya.
  7. Siram sambal ke atas permukaan ikan kala ikan akan disantap.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s