Cooking · Liz Kitchen

Pesmol Ikan

PhotoGrid_1489755388245[1]

Selama ini saya suka merasa mati gaya untuk memasak menu ikan. Mengolah ikan ala saya biasanya cuma terbatas digoreng atau dibakar. Lama-lama saya merasa bosan juga. Koq kurang variatif begini ya masakan ikan saya? Hehehe. Dari hasil browsing, saya menemukan resep ikan pesmol. Jujur, sebelum ini saya belum pernah makan menu ikan pesmol. Jadi saya agak kurang bayangan tentang bagaimana patokan rasanya. Sering sih melihat menu pesmol kalau makan di restoran tapi saya ga suka dengan penampakan ikan yang terendam kuah kuning begitu. Setelah mencoba resep pesmol ini, surprisingly, saya dan suami suka lho dengan hasilnya. Bikin ikannya tambah gurih dengan cita rasa bumbu-bumbu. Saya bikin pesmol dengan versi agak “nyemek” alias tidak berkuah jadi bumbunya lebih meresap ke badan ikan.

Jenis ikan apa saja bisa dimasak jadi menu pesmol. Kebetulan saat memasak pesmol saya cuma ada stok ikan Kuwe / ikan Putih / ikan Trekulu (banyak sebutan yang berbeda untuk masing-masing daerah di Indonesia). Ikan Kuwe saya berjumlah 3 ekor dengan ukuran sedang – kecil. Saya memotong ikannya menjadi 2 bagian. Penting untuk dicatat disini kalau ikan harus digoreng kering. Hal ini dimaksudkan supaya badan ikan tidak gampang hancur saat direndam dalam bumbu pesmol.

Resep Pesmol Ikan ini saya ambil dari blog Diah Didi. Senang deh dapat resep olahan menu ikan yang enak, lumayan untuk variasi masakan ikan. Berikut resepnya ya:

Bahan:

  • 2 ekor ikan ukuran sedang. Bersihkan dan rendam dengan air garam 15 menit. Tiriskan. Goreng kering.
  • 150 ml air matang
  • 50 gram cabai rawit hijau (saya pakai 8 buah cabai rawit merah aja)
  • 10 siung kecil bawang merah, kupas dan biarkan utuh
  • 1 sdt garam atau sesuai selera
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt cuka putih masak

Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan air dan bumbu lainnya. Aduk rata
  2. Masukkan ikan, cabai rawit, dan bawang merah utuh. Aduk rata. Kecilkan api dan masak hingga air menyusut dan bumbu meresap.
  3. Masukkan cuka. Koreksi rasa jika perlu. Angkat dan siap disajikan.

Leave a Reply

