Travel Journal

Trip To Japan (Day 3): Universal Studio Japan

Jumat, 14 April 2017

P_20170414_183332_BF.jpg
Wajib foto dengan globe ini kalau ke USJ

Setelah jadwal yang hectic kemarin di Osaka maka hari ini itinerary-nya santai saja yaitu mengunjungi Universal Studio Japan (USJ). Tiket masuk USJ sudah kami beli saat Japan Travel Fair 2017 di Jakarta. Kami membeli 1 Day Studio Pass seharga 7.600 Yen. Tiket ini sudah bisa langsung dipakai di gate masuk tanpa harus ditukarkan lagi di counter ticket. Lumayan kan bisa menghemat waktu antrian.

Dari apartemen kami berjalan kaki menuju stasiun kereta JR SettsuTonda dan naik kereta menuju stasiun Universal City. Begitu keluar stasiun Universal City kita langsung masuk ke kompleks luar Universal Studio. Ada hotel (Official Hotel USJ), restaurant, dan toko-toko.

Dari berbagai blog yang saya baca, banyak yang mengatakan bahwa ada pemeriksaan tas di pintu masuk USJ untuk mencegah pengunjung membawa makanan dari luar. Yang diperbolehkan hanya air minum saja. Oleh karena itu saya ga mempersiapkan bekal makan siang untuk hari ini. Pada kenyataannya saat kami datang malah tidak ada pemeriksaan tas sama sekali. Kemungkinan karena antrian pengunjung yang cukup panjang pagi itu. Tau gitu kan bisa bawa bekal ya.. lumayan penghematan, hahaha.

Kami sengaja memilih weekdays untuk berkunjung ke USJ karena kalau weekend antriannya bisa gila-gilaan. Kalau antriannya kepanjangan dan lama kan pada akhirnya jumlah atraksi yang bisa kita mainkan jadi sedikit saja. Padahal sudah bayar mahal lho untuk masuk ke USJ ini. Jangan mau rugi dong, wkwkwk.

P_20170414_142846_vHDR_Auto.jpg
Foto di Hollywood Area

Tips manajemen waktu untuk bermain di atraksi USJ adalah setelah melewati gate masuk, langsung antri di atraksi paling favorit (Saat ini atraksi paling favorit masih di The Wizarding World of Harry Potter). Tunda dulu deh urusan foto-fotonya supaya bisa lebih maksimal menikmati atraksi disana. Saya dan suami baru foto-foto pas sore hari (yang pasti sebelum sunset ya untuk pencahayaan yang lebih baik) atau menyempatkan foto pas nunggu antrian atraksi.

P_20170414_142535_vHDR_Auto.jpg
Foto di Hollywood Area

Ketika kami berkunjung ke USJ, sedang berlangsung event Universal Cool Japan 2017. Event ini menampilkan berbagai brand entertainment Jepang dalam bentuk wahana atraksi (mostly 4-D). Universal Cool Japan ini berlangsung dari tanggal 13 Mei – 25 Juni 2017.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam setiap wahana atraksi adalah bahasa Jepang. Bahkan bule-bule entertainer yang kerja di USJ ini semuanya fasih berbahasa Jepang lho. Walaupun kita tidak mengerti maksudnya tapi bahasa tubuh itu sifatnya universal jadi paling tidak kita bisa nebak-nebak sedikit lah maksudnya apa.  Kalau staf petugas yang mengurus antrian di tiap atraksi sih masih bisa sedikit berbahasa Inggris.

P_20170414_115008_vHDR_Auto.jpg
Menu lunch di restaurant Jurassic Park

Harga makanan di USJ mahal-mahal (menurut standar saya) dan tidak terlalu banyak pilihan. Rasanya pun biasa aja, tidak ada istimewanya. Tapi kita ke USJ kan bukan untuk wisata kuliner melainkan main wahana atraksi jadi terima aja lah dengan lapang dada, hahaha. Saya dan suami lunch di restaurant Jurassic Park. Kenapa disana? Karena pas lagi kelaparan dan waktunya makan siang kami sedang beredar di dekat sana. Dari segi harga tiap restaurant disini sih mematok harga yang kurang lebih sama (kecuali di restaurant Harry Potter, lebih mahal) jadi tidak usah buang tenaga untuk mengitari kompleks USJ untuk survey harga makanan ya. Lebih baik simpan tenaga untuk antrian atraksi nantinya. Kalau untuk air minum tidak usah khawatir karena banyak tap water di dalam kompleks USJ.

Dikarenakan kami sudah puas berkeliling menikmati atraksi di USJ maka kami memutuskan untuk makan malam diluar kompleks USJ saja. Di kompleks luar USJ ada restaurant cepat saji McDonald’s (McD) dengan harga yang jauh lebih terjangkau daripada restaurant di dalam kompleks USJ. Tapi jangan berharap ada paket nasi disini ya. McD di Jepang menunya kebanyakan burger, ada juga sih fried chicken-nya tapi menu favoritnya ya burger. Papan Menu yang diatas counter kasir ada tulisan bahasa Inggrisnya jadi kita tidak perlu pusing. Menu pork burger juga tersedia disini jadi untuk teman-teman yang muslim harus lebih hati-hati ya. Kami membeli menu set burger yang berisi burger, fries dan minuman.

Berikut adalah wahana atraksi yang sempat kami ikuti selama seharian di USJ (pk. 09:00 – 19:00)

  1. Harry Potter and The Forbidden Journey in 4K3D
    Atraksi riding ala roller coaster dalam studio tertutup dengan efek 4-D. Selama menunggu antrian kita juga bisa lihat-lihat isi castle-nya. Interior castle dibuat semirip mungkin dengan novel-nya.

    P_20170414_105738_vHDR_Auto.jpg
    Suasana di kompleks Harry Potter

    P_20170414_110112_vHDR_Auto.jpg
    Hogwarts Castle
  2. Wand Magic (Area : The Wizarding World of Harry Potter)
    Pertunjukkan show magic dengan special effect
  3. Dinosaur Wonder Experience (Area : Jurassic Park)
    Pertunjukan dengan cerita dan pengenalan jenis Dinosaurus

    P_20170414_123355_vHDR_Auto.jpg
    Ntah robot atau manusia berkostum Dino ya ini?
  4. Jaws
    Bout tour dengan cerita dan special effect
  5. Terminator 2 : 3-D
    Nonton di bioskop dengan efek 3-D. Tidak terlalu istimewa menurut saya.
  6. The Amazing Adventures of Spider-Man The Ride 4K3D
    Atraksi riding ala roller coaster dalam studio tertutup dengan efek 4-D
  7. Universal Cool Japan 2017
    a. Godzilla : The Real 4-D
    Nonton di bioskop dengan efek 4-D. Tidak terlalu istimewa menurut saya.b. Monster hunter : The Real
    Nonton di bioskop dengan layar besar dengan graphis yang keren.c. Dragon Quest : The Real
    Game RPG (Role Playing Game) dengan kompetisi live score. Kita bisa memilih peran yang kita inginkan dengan ability dan skill yang berbeda-beda. 1 grup berisi 4 orang pemain. Pada kompetisi ini saya berhasil mengalahkan pak suami, hahaha.d. Evangelion XR Ride
    Atraksi riding ala roller coaster dalam studio tertutup dengan efek 4-D. Dari semua atraksi riding 4-D di USJ, atraksi Evangelion ini yang paling mengerikan gerakannya. Ga heran sebelum kita masuk antrian, kita akan disuruh petugas untuk menitipkan barang bawaan kita di locker (berbayar). Setelah selesai wahana ini perut saya jadi mual dan lemes deh.

    P_20170414_143045_BF.jpg
    Evangelion Gate
  8. Universal Wonderland
    Ini sih bagian khusus anak-anak sebenarnya, kami cuma numpang foto-foto aja karena banyak dekorasi yang lucu-lucu menggemaskan disini.

    P_20170414_173051_BF.jpg
    Pernak-perniknya menggemaskan

    P_20170414_173548_BF.jpg
    Cute Pinky Easter Decoration

Setelah selesai makan malam, kami pun pulang ke apartemen. Sebelumnya kami menyempatkan diri untuk mampir di minimarket bernama Moritaya di dekat apartemen untuk groceries shopping (Belanja bahan untuk bekal makan siang besok, hehe), mumpung bisa pulang cepat karena Moritaya ini tutup jam 9 malam.

Note:

  • Opening Hours dari USJ ini berubah-ubah sesuai tanggalnya, jadi pastikan mengecek terlebih dahulu di website USJ https://www.usj.co.jp/e
  • Cek juga jadwal atraksi yang ditutup karena maintenance supaya tidak usah jalan jauh-jauh ke lokasi wahana atraksi tersebut.
  • Ambil peta dalam versi bahasa Inggris di gate masuk. Kalau kehabisan silakan download sendiri studio map di website USJ
  • Lebih baik berkunjung saat weekdays
  • Walaupun saya sudah pernah berkunjung ke Universal Studio Singapore (USS) tapi saya merasa USJ ini lebih keren dan worth to visit.
  • Disarankan jangan bawa barang atau tas dalam ukuran besar karena locker yang tersedia kebanyakan berukuran kecil (1 tas ransel medium). Kalau bawa koper harus dititipkan di locker dekat gate masuk. Semakin besar ukuran  maka semakin mahal biaya sewanya.

EXPENSES:
(Kurs 1 JPY = 121,65 IDR)

  • Train JR SettsuTonda – Universal City (round trip): 2 x JPY 920 = JPY 1.840 = IDR 223.836
  • Lunch at Restaurant Jurassic Park: 2 x JPY 1.590 = JPY 3.180 = IDR 386.847
  • Locker at Evangelion XR Ride: 2 x JPY 100 = JPY 200 = IDR 24.330
  • Dinner at McD outside USJ: JPY 1.190 = IDR 144.763
  • Groceries Shopping at Moritaya: JPY 799 = IDR 97.198

TOTAL EXPENSES = JPY 7.209 = IDR 876.975

To Be Continued…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s