Travel Journal

Trip To Japan (Day 13 & 14): Tokyo Disneyland & Tokyo Disneysea

Setelah bergumul dengan jadwal itinerary yang hectic dimana 1 hari bisa sampai ke 3-4 tempat tujuan, hari ini dan besok adalah saatnya bersantai. Tempat yang dituju cuma 1 dalam sehari. Hari ini saya dan pak suami akan mengunjungi Tokyo Disneyland dan besoknya ke Tokyo Disneysea. Tiket sudah kami beli dari Jakarta saat berlangsung event Japan Travel Fair 2017. Kami membeli tiket 2 day pass seharga 13.200 Yen, 1 hari untuk Disneyland dan 1 hari untuk Disneysea. Tiket ini tanggalnya sudah fix dan tidak bisa ditukar.

P_20170424_092306_vHDR_Auto
Tokyo Disneyland Easter Edition

Pada mulanya pak suami agak malas-malasan saat saya mengajaknya ke Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea karena dia berpikir atraksi permainan disana hanya khusus untuk anak-anak. Seorang pria seakan-akan turun harga dirinya kalau mengunjungi tempat seperti Tokyo Disneyland. Hahaha! Pada kenyataannya, wahana permainan disana cukup general kok. Tidak melulu mainan anak kecil lho. Banyak sekali anak remaja yang berkunjung kesana. Intinya Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea adalah theme park dimana kita bisa bertemu secara langsung dengan karakter Disney idola kita baik dalam atraksi permainan ataupun dalam parade. Oh ya, parade-parade di Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea ini patut disaksikan lho.. keren-keren sekali! Semuanya disini lucu-lucu dan menggemaskan alias “kawaii” dalam bahasa Jepang-nya. Kalau dari segi kawaii, Tokyo Disneyland menurut saya lebih kawaii daripada Tokyo Disneysea.

Best time untuk mengunjungi Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea adalah saat weekdays, bukan hari sabtu-minggu atau hari libur. Selain itu pastikan saat kalian berkunjung cuaca sedang cerah (bisa cek prakiraan cuaca seperti Accuweather) karena kebanyakan parade dilakukan di luar ruangan. Saat membuat itinerary saya sengaja menaruh alokasi waktu untuk berkunjung ke Disneyland dan Disneysea saat weekdays. Menurut Google, kepadatan pegunjung Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea saat weekdays hanya 30-50%-nya saja dan saat weekend akan membludak jadi 80-100% (cek di http://www.tdrnavi.jp/forecast/disneyland?lang=en). Dari pengalaman langsung waktu kesana, kepadatan 50% itu saja ramai sekali lho rasanya! Antrian atraksi permainan favorit bisa sampai 1 jam sendiri. Apa kabar dengan kepadatan 100% ya?! Pasti tidak enjoy sekali dan waktu kita akan habis hanya untuk mengantri atraksi permainan. Dengan kondisi pergi saat weekdays pun ternyata saya tidak berhasil mencicipi semua atraksi di Disneyland. Atraksi yang saya utamakan adalah atraksi favorit dulu, kalau ada waktu lebih baru mencoba atraksi lain yang lebih tidak populer. Sepertinya untuk bisa puas menjelajah Tokyo Disneyland harus mengalokasikan 2 hari disini deh. Untuk Disneysea, kami bisa mendapatkan semua atraksi favorit yang kami inginkan dalam satu hari kunjungan.

Disarankan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu sebelum datang ke Disneyland dan Disneysea. Dengan membeli tiket duluan, kita akan mengurangi waktu antrian di loket dan bisa langsung masuk ke gate. Sekedar informasi, selain 1 day pass atau 2 day pass, Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea juga menyediakan pass malam yang lebih murah: Starlight pass (pass yang berlaku saat hari weekend (Sabtu-Minggu) atau hari libur, setelah pk. 15:00 sore) seharga 5.400 Yen dan After 6 pass (pass yang berlaku saat hari weekdays, Senin-Jumat, setelah pk. 18:00 malam) seharga 4.200 Yen. Konsekuensinya pass malam ini ya kita hanya punya waktu sebentar sebelum theme park tutup. Pass malam ini lebih ditujukan untuk orang-orang yang hanya ingin menyaksikan parade malam hari di Tokyo Disneyland atau Tokyo Disneysea.

Untuk menghemat waktu antrian, pada atraksi permainan favorit di Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea tersedia fasilitas FASTPASS. FASTPASS adalah tiket masuk ke suatu atraksi permainan tanpa melewati jalur antrian reguler yang biasanya sangat panjang. Dari pengalaman saya, dengan menggunakan FASTPASS kita bisa hemat waktu antrian suatu atraksi sampai 30 menit lho. FASTPASS bisa didapatkan secara free. Caranya tinggal datang ke atraksi permainan yang kalian mau yang menyediakan fasilitas FASTPASS (List-nya bisa dicek di situs resmi Tokyo Disneyland: http://www.tokyodisneyresort.jp/id/attraction/lists/park:tdl#tags=50 dan Tokyo Disneysea: http://www.tokyodisneyresort.jp/id/attraction/lists/park:tds#tags=50) kemudian scan barcode tiket Disney kalian di mesin ticket FASTPASS dan tunggu tiket FASTPASS-nya keluar . Setelah tiket keluar, cek jam berlakunya tiket FASTPASS dan kalian tinggal datang lagi ke atraksi tersebut saat jam yang tertera di tiket FASTPASS dengan mengambil jalur antrian khusus FASTPASS dan menunjukkan tiket FASTPASS kalian ke petugas. Satu tiket FASTPASS hanya berlaku untuk satu orang saja. Perlu diperhatikan disini bahwa kita tidak bisa mengambil tiket FASTPASS berikutnya di atraksi permainan lain sampai dengan waktu yang ditentukan (tertera di tiket FASTPASS yang telah kita ambil). Sambil menunggu waktu untuk bisa mengambil tiket FASTPASS lagi kita bisa mengantri di atraksi permainan lain yang tidak ada fasilitas FASTPASS atau menonton parade.

Jam operasional theme park setiap harinya bisa berbeda. Kita harus rajin cek situs resmi Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea pada bagian kalender operasional-nya supaya kita bisa merencakanan kedatangan dengan baik (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu siang): http://info.tokyodisneyresort.jp/id/calendar/201706.html#20170607. Jadwal parade juga bisa berubah-ubah setiap minggu-nya, kita harus cek di brosur yang diberikan petugas saat kita masuk theme park. Pastikan brosur yang kamu dapat adalah yang versi bahasa Inggris ya, hehe.

Selain jam operasional, kalian juga harus mengecek jenis atraksi apa saja yang sedang tutup di saat kalian datang. Tujuannya supaya kalian tidak buang-buang waktu dan tenaga untuk mendatangi atraksi tersebut dan jadi kecewa karena atraksinya ditutup untuk perbaikan atau perawatan rutin.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam semua atraksi permainan dan juga parade di Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea adalah bahasa Jepang. Kecuali untuk beberapa lagu Disney masih ada dalam versi bahasa Inggris-nya. Walaupun saya dan suami tidak mengerti bahasa Jepang tapi kami tetap bisa enjoy mengikuti euforia disana.

Another tips from me adalah kalian disarankan untuk men-download aplikasi yang bernama “TDR Wait Time“. Untuk pengguna Android silakan download di Play Store. Aplikasi ini sangat membantu sekali karena menginformasikan kepada kita waktu tunggu (wait time) setiap atraksi permainan yang ada di Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea sehingga kita bisa mengatur waktu kita seefisien mungkin. Daripada mengantri lama di suatu atraksi, lebih baik kita mencari atraksi lain (yang juga kategori favorit) dengan waktu tunggu yang lebih singkat. Selain itu aplikasi ini juga memberikan informasi waktu ketersediaan tiket FASTPASS di beberapa atraksi permainan yang memiliki fasilitas FASTPASS. Contohnya pada aplikasi tertulis wahana “A” FASTPASS pk. 17.00 – 18.00 maka artinya kalau kita mengambil tiket FASTPASS dari siang pun kita baru bisa menggunakan tiket FASTPASS tersebut di pk. 17:00 – 18:00.

Pada saat kita akan melewati gate masuk theme park, kita akan melalui pemeriksaan tas dari pihak security. Pemeriksaan tas-nya sih seadanya saja jadi saya masih bisa “menyelundupkan” bekal makan siang saat masuk ke Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea. Membawa bekal makanan sendiri ada untungnya juga selain bisa menekan budget makan (secara makanan di theme park kan agak mahal) yaitu kita bisa hemat waktu mengantri di restaurant. Saat lunch dan dinner time hampir semua restaurant di theme park penuh dan harus mengantri untuk dapat seat. Alangkah lebih baik kalau waktu mengantri tersebut dialihkan buat antrian masuk atraksi permainan. Biasanya saat lunch dan dinner antrian di atraksi permainan jadi sangat berkurang. Untuk air minum tidak usah khawatir karena banyak drinking water station di dalam theme park. Kita tinggal menyediakan botol minum sendiri saja.

Senin, 24 April 2017

Tokyo Disneyland

Kami berangkat dari apartemen sekitar jam 8 pagi ke stasiun kereta Nakano untuk naik kereta ke stasiun Tokyo dan berganti kereta ke arah stasiun Maihama. Saat naik kereta dari stasiun Nakano saya dan suami sempat merasakan rush hour di Tokyo dimana kereta sangat penuh sesak karena banyaknya penduduk yang mau pergi kerja. Dari stasiun kereta Maihama kita tinggal berjalan kaki sebentar sampai ketemu stasiun kereta khusus Tokyo Disney Resort dan naik kereta ke stasiun Tokyo Disneyland. Kereta Tokyo Disney Resort ini bisa dikatakan harganya cukup mahal untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Kalau mau lebih murah mungkin bisa jalan kaki saja dari stasiun Maihama (sekitar 10 menit) tapi saya tidak menyarankan untuk jalan kaki karena lebih baik tenaganya disimpan buat mengitari Tokyo Disneyland yang luas sekali itu, hahaha. Saya dan suami sih lebih memilih naik kereta khusus Tokyo Disney Resort saja sekalian kita bisa melihat interior kereta yang bertema Disney.

P_20170424_091518_BF
Inside Disney Train

Tiket Tokyo Disneyland yang telah kami beli di Jakarta sebelumnya tidak perlu lagi di-print di counter. Barcode yang ada di tiket tinggal di-scan pada gate masuk saja. Antrian masuk gate pagi itu tidak terlalu panjang (karena weekdays). Kami menyempatkan untuk mengambil brosur (english version tentunya) sebelum masuk theme park.

Begitu masuk ke dalam Tokyo Disneyland sekitar pk. 09:30, pak suami langsung sigap berlari ke mesin tiket FASTPASS untuk atraksi Monster Inc. Itu pun FASTPASS-nya sudah buat sore hari lho, hahaha. Antrian reguler Monster Inc juga tidak kalah panjangnya. Harap maklum karena Monster Inc adalah salah satu atraksi favorit di Tokyo Disneyland.

Sambil menunggu berlakunya FASTPASS, kami memutuskan untuk mengantri di atraksi lainnya atau menonton parade terlebih dahulu. Berikut adalah jenis atraksi, show dan parade yang berhasil kami ikuti selama seharian di Tokyo Disneyland:

Atraksi

  1. Star Tour: The Adventure Continue
    Menonton film Star Wars dalam bentuk 3D dengan special effect. Kita akan masuk ke kabin pesawat yang memuat 40 orang untuk bersama-sama berpetualang mengikuti jalan cerita film.
  2. Cinderella’s Fairy Tales Hall
    Explore Cinderella’s castle

    P_20170424_142710_vHDR_Auto
    Cinderella’s Castle
  3. Snow White Adventure
    Naik kereta dengan latar belakang kisah Snow White.
  4. Peter Pan’s Flight
    Kereta-nya lebih mirip kereta gantung yang bikin efek kita seakan-akan sedang terbang bersama Peter Pan.
  5. Minnie’s House
    Melihat interior rumah Minnie Mousse.
  6. Pooh’s Hunny Hunt
    Naik kereta dengan latar belakang kisah Winnie The Pooh.
  7. Big Thunder Mountain
    Roller Coaster. Naik ini karena ditipu sama suami karena dia tahu saya paling anti naik roller coaster, hehe. Menurut saya sih lumayan serem track-nya karena ada bagian yang menukik tajam.
  8. Monster Inc. Ride & Go Seek
    Main tembak-tembakan dan bersaing score dengan teman satu kereta kita (1 kereta ada 2 orang).
  9. Jungle Cruise: Wildlife Expedition
    Keliling kapal melihat hewan-hewan liar di hutan. Tentu saja hewan-hewannya bukan sungguhan dan robot belaka. Tapi robot-nya keren-keren lho dan mirip aslinya. Kami kebagian kapal ini pas sudah senja jadi pemandangannya kurang bagus. Disarankan untuk naik kapal ini saat siang hari.
  10. Buzz Lightyear’s Astro Blaster
    Main tembak-tembakan juga. 1 kereta memuat 2 orang

Saat saya kesana atraksi Pirates Of Caribbean sedang ditutup. Padahal kayaknya seru juga deh atraksinya.

Parade & Show

  1. Daytime Parade: Usatama On The Run
    Parade khusus tema Easter

  2. Daytime Parade: Happiness Is Here

    P_20170424_142459_vHDR_Auto
    Daytime Parade
  3. One Man’s Dream II: The Magic Lives On
    Teater Musikal Mickey Mouse & friends

    P_20170424_195539_vHDR_Auto
    Electrical Parade Dreamlight
  4. Nighttime Parade: Electrical Parade Dreamlight
    Parade paling keren! Hanya ada di malam hari. Semua lampu d rute yang akan dilewati kendaraan parade akan dimatikan dan menambah lighting effect dari parade ini.

    P_20170424_204707_NT
    Cinderella’s Castle at night. Tempat berlangsungnya pertunjukan Once Upon A Time.
  5. Once Upon A Time
    Show di malam hari dengan Cinderella’s castle sebagai layarnya. Menceritakan karakter berbagai princess Disney lengkap dengan lagu-lagu temanya ditambah dengan kembang api dan special effect lainnya. Wajib ditonton juga.
P_20170424_172500_vHDR_Auto
Curry Rice porsi besar
P_20170424_160344_vHDR_Auto
Pak suami dan popcorn bucket. Kawaii!

Kalau kalian suka popcorn, kalian bisa hunting popcorn aneka rasa yang booth-nya tersebar di Tokyo Disneyland (ada keterangan pada map Tokyo Disneyland). Saya juga membeli popcorn bucket baby Minnie Easter edition buat kenang-kenangan. Suami memilih untuk mengkoleksi koin-koin logo Disney dari mesin cetak koin berbayar yang lokasinya ada beberapa tempat, salah satunya ada di Penny Arcade. Untuk makan malam kami memilih menu Japanese Curry Rice di Hungry Bear Restaurant. Ketika mau pulang ke apartemen kami sempat mampir di 7-11 untuk membeli bento set untuk sarapan besok.

EXPENSES:
(Kurs 1 JPY = 121,65 IDR)

  • Train from Nakano to Tokyo Disneyland (round trip): 2 x 2 (JPY 470 + 260) = JPY 2.920 = IDR 355.218
  • Popcorn: JPY 310 = IDR 37.711
  • Popcorn Bucket Disney Easter Edition: JPY 2.560 = IDR 311.424
  • Dinner Curry Rice: 2 x JPY 1.024 = JPY 2.048 = IDR 249.139
  • Bento Set at 7-11: JPY 498 = IDR 60.582

TOTAL EXPENSES = JPY 8.336 = IDR 1.014.074

Selasa, 25 April 2017

Tokyo Disneysea

Saya dan suami juga berangkat pagi dari apartemen untuk mengejar kereta ke Tokyo Disneysea. Rute perjalanan sama seperti kemarin saat ke Tokyo Disneyland hanya saja hari ini kita akan turun di stasiun kereta Tokyo Disneysea. Pagi ini di kereta kami juga kebagian rush hour dan kereta jadi sesak sekali. Badan saling menempel satu sama lain saking penuhnya. Walaupun negara Jepang minim terjadi pelecehan seksual dalam transportasi umum tapi lebih baik sebagai wanita kita juga bisa menjaga diri.

P_20170425_175146_vHDR_Auto
Globe Tokyo Disneysea

Sekedar informasi, Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea berada di lokasi terpisah walaupun masih di satu kawasan Tokyo Disney Resort. Kalau ada yang berniat jalan kaki dari stasiun Maihama ke Tokyo Disneysea dengan alasan lebih murah, sebaiknya sih diurungkan saja niatnya karena jalan kakinya akan lebih jauh daripada sekedar hanya ke Tokyo Disneyland. Jalan kaki dari stasiun Maihama ke Tokyo Disneysea harus ditempuh dalam waktu 15-20 menit. Alangkah lebih baik tenaganya disimpan untuk mengitari Tokyo Disneysea saja, hehe.

Secara overall, atraksi permainan di Tokyo Disneysea ini lebih banyak ditujukan untuk remaja dan dewasa karena sifatnya yang lebih menantang. Banyak atraksi roller coaster dan atraksi menegangkan lainnya. Secara luas lokasi juga Tokyo Disneysea ini tidak sebesar Tokyo Disneyland jadi untuk full explore hanya dibutuhkan waktu 1 hari (dengan catatan perginya di weekdays ya). Cuaca di Tokyo Disneysea berasa lebih terik (walaupun anginnya tetap sejuk), mungkin karena dekat laut ya.. tau-tau pas balik kulit jadi gosong!

Begitu masuk ke dalam gate Tokyo Disneysea, pak suami segera berlari untuk mengambil tiket FASTPASS Toy Story. Itu pun FASTPASS-nya baru berlaku sore hari. Toy Story ini adalah atraksi paling favorit dan paling panjang antriannya di Tokyo Disneysea. Setelah makan siang baru pak suami mengambil FASTPASS untuk atraksi Indiana Jones.

P_20170425_134509_vHDR_Auto
Salah satu sudut di Tokyo Disneysea

Untuk popcorn aneka rasa di Tokyo Disneysea juga ada tapi tidak sebanyak yang ada di Tokyo Disneyland. Kalau memang berniat membeli popcorn bucket disarankan untuk beli di Tokyo Disneyland saja karena lebih banyak pilihan.

P_20170425_145628_vHDR_Auto
Masih edisi Easter

Berikut adalah atraksi, show dan parade yang kami ikuti selama seharian di Tokyo Disneysea. Untuk parade menurut saya lebih keren yang di Tokyo Disneyland.

Atraksi

  1. Journey To The Center Of The earth
    Kalau ini pak suami saja yang main karena tipe permainannya roller coaster.
  2. Sinbad Storybook Voyage
    Naik kereta dengan latar belakang cerita Sinbad.
  3. The Magic Lamp Theatre
    Nonton film 3D di theatre tapi menurut saya kurang oke.
  4. 20.000 Leagues Under The Sea
    Seolah-olah naik kapal selam yang turun ke dalam laut.
  5. Indiana Jones Adventure: Temple Of Crystal Skull
    Termasuk permainan roller coaster. Pak suami saja yang main, saya tidak ikut.
  6. Aquatopia
    Kendaraan air dengan track khusus.
  7. Disneysea Transit Steamer Line
    Kapal rekreasi yang menghubungkan Mediterranean Harbor dan Lost River Delta

    P_20170425_160447_vHDR_Auto
    Jelajah benteng
  8. Fortress Exploration
    Menjelajahi benteng pinggir laut

    P_20170425_173716_BF
    Toy Story Mania
  9. Toy Story Mania
    Main tembak-tembakan dan bersaing score dengan teman satu kereta kita (1 kereta ada 2 orang)

Parade & Show

  1. Fashionable Easter
    Show dengan panggung perairan. Karakter Disney akan memakai kostum tema Easter dan bernyanyi-nyanyi di atas kapal.

    P_20170425_110252_vHDR_Auto
    Sesaat sebelum masuk theatre King’s Triton Concert
  2. King’s Triton Concert
    Pertunjukan di Mermaid Theatre Lagoon. Disini bintang utamanya adalah Ariel sang Mermaid yang bernyanyi dan menghibur kita semua. Wajib di tonton karena ada atraksinya juga selain nyanyian.

    P_20170425_150121_vHDR_Auto
    Panggung Big Band Beat
  3. Big Band Beat
    Pertunjukan tarian dan nyanyian oleh Mickey Mouse & Friends.

    P_20170425_170726_vHDR_Auto
    Duffy & Friends

     

  4. My Friend Duffy
    Pertunjukan ini ada di dalam restaurant Cape Cod Cook-Off. Kesini juga tidak sengaja saat mau ngemil, hehe.

Dikarenakan pada jam 6 sore kami sudah selesai meng-explore Tokyo Disneysea maka kami tidak dinner disana melainkan beli bento di warung dekat apartemen yang jelas lebih enak dan kenyang, hahaha. Kami juga harus pulang cepat karena menunggu kiriman paket dari teman kami di Osaka yang dijadwalkan akan dikirim jam 8 malam. Dan benar saja tepat jam 8 malam pintu apartemen diketuk oleh pak pos-nya. Pak suami juga sempat singgah ke toko stationery untuk membeli perlengkapan packing (tali rafia dan lakban) untuk kembali ke Jakarta besok. Kelamaan di Jepang memang bikin koper jadi “ber-anak pinak”. Saya yang awalnya berangkat 2 koper medium, pulangnya jadi ada tambahan 1 dus medium. Demi alasan penghematan lebih baik barang di-packing sendiri dengan baik jadi tidak perlu lagi wrapping di bandara karena mahal (harga 1.000 Yen – 2.000 Yen per koper tergantung ukurannya).

EXPENSES:
(Kurs 1 JPY = 121,65 IDR)

  • Train from Nakano to Tokyo Disneysea (round trip): 2 x 2 (JPY 470 + 260) = JPY 2.920 = IDR 355.218
  • Popcorn: JPY 310 = IDR 37.711
  • Ice cream: JPY 310 = IDR 37.711
  • Hamburger Set at restaurant Cape Cod Cook-Off: JPY 1.430 = IDR173.959
  • Bento set: JPY 590 + JPY 550 = JPY 1.140 = IDR 138.681
  • Stationery: JPY 624 = IDR 75.910

TOTAL EXPENSES = JPY 6.734 = IDR 819.191

To Be Continued…

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s