Cooking

Fried Chicken With BBQ Sauce

Akhir-akhir ini saya lagi keranjingan memasak menu yang praktis tapi tetap enak rasanya. Kali ini pilihan jatuh ke menu western food yang praktis dan minim bumbu. Beda sekali dengan menu masakan Indonesia yang persiapan bumbunya pakai lama dan ribet, hehe. Sebenarnya saya dan suami sih lidahnya lebih suka masakan Indonesia tapi sesekali boleh lah explore resep baru biar tidak bosan.

Resep ini saya dapatkan dari Cookpad “Calsy” dan sudah saya modifikasi dengan menambahkan bawang putih supaya lebih harum dan bercita rasa. Bagi saya suatu masakan itu wajib ada bawang putihnya supaya lebih lezat, haha.

PhotoGrid_1501595084527
Fried Chicken With BBQ Sauce

Bahan:

  • 200 gram dada ayam fillet
  • 2 siung bawang putih, cincang halus (tambahan dari saya)
  • 1 batang daun bawang, iris
  • 1 bungkus (75 gram) tepung bumbu crispy (saya pakai tepung bumbu special Kobe dengan rasa bawang)
  • Garam dan merica secukupnya

Bahan Saus:

  • 2,5 sdm saus BBQ / barbecue (saya pakai Kraft Barbecue Original)
  • 1,5 sdm saus sambal
  • 1 sdm madu (tambahan dari saya)
  • Sedikit merica (saya pakai black pepper)

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih dada ayam. Potong-potong sesuai selera. Lumuri ayam dengan bawang putih cincang, garam dan merica. Diamkan selama 30 menit. Sisihkan bawang putih cincang dari badan ayam (tidak perlu dibilas dengan air lagi).
  2. Lumuri daging ayam dengan tepung bumbu sampai badan ayam tertutup tepung secara merata.
  3. Goreng ayam dengan minyak panas sampai berwarna kecoklatan.
  4. Siapkan wajan. Masukkan bahan saus, aduk rata. Masukkan ayam yang sudah digoreng. Aduk dengan api kecil hingga merata. Tambahkan daun bawang. Angkat dan siap disajikan.

Walaupun hanya dengan bumbu simple seperti diatas. rasa ayam ini enak lho. Mirip dengan fried chicken BBQ merk Richeese. Hanya saja kalau bikin sendiri pasti lebih sehat karena di resep ini hanya pakai fillet dada ayam tanpa kulit. Selain itu juga lebih ekonomis dong! Selamat mencoba ya teman-teman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s