Cruise Vacation: Singapore – Jakarta (Day 4 – End)

Senin, 15 Januari 2018

P_20180114_083818_vHDR_Auto
View laut dari balkon kamar

Pagi ini kapal Mariner Of The Seas sudah mendekati daratan Singapore. Dari balkon kamar kami menikmati pemandangan kota Singapore menjelang kapal berlabuh. Sayangnya cuaca pagi ini agak mendung jadi hasil foto-nya kurang bagus.

P_20180115_073644_vHDR_Auto
Sudah dekat dengan daratan Singapore

Sebelum check out kami masih dapat jatah sarapan. Dari ketiga restoran yang menyajikan sarapan hari ini; Rhapsody In Blue Dining Room (pk. 06:30 – 08:00), Cafe Promenade (pk. 06:00 – 09:00) dan Windjammer (pk. 06:00 – 08:30), kami lebih memilih sarapan buffet di Windjammer. Alasannya supaya lebih cepat selesai dan kami punya waktu untuk mandi dan beres-beres koper.

P_20180115_090011_vHDR_Auto
Pemandangan ketika kapal sudah berlabuh

Selesai mandi, pak suami masih sempat-sempatnya berkeliaran di kapal dan foto-foto. Saya waktu itu tidak ikut keluar kamar karena masih repot urusan dandan dan beresin koper. Dari jadwal yang diberikan, untuk luggage tag kami yaitu no. 23, diharapkan untuk berkumpul di Studio B deck 3 pk. 10:10 sebelum nantinya berangkat (turun kapal) dari sana. Akan tetapi pada saat kami mau turun lift ke deck 3, kami bertemu dengan seorang kru kapal yang mengatakan kami sudah bisa langsung turun kapal ke gedung cruise center tanpa perlu berkumpul di Studio B. Titipan koper kami nanti tinggal diambil di gedung cruise center. Akhirnya kami batal ke Studio B dan turun lift di deck 4 untuk akses keluar ke gedung cruise center. Sebelum turun kapal, kartu Sea Pass kami di-scan terlebih dahulu. Kartu Sea Pass bisa dibawa pulang untuk kenang-kenangan.

Begitu sampai di gedung cruise center, kami langsung diarahkan untuk pemeriksaan imigrasi. Selesai urusan imigrasi, kami ke bagian baggage untuk mengambil koper medium yang kami titipkan kemarin. Di area dekat toilet, masih di bagian baggage gedung cruise center, kami membuka koper medium kami untuk dimasukkan peralatan mandi yang ada di koper cabin size. Hal ini terkait dengan regulasi penerbangan international dimana penumpang tidak boleh membawa gel, cairan dan aerosol ke dalam kabin pesawat lebih dari 100 ml. Jadi amannya peralatan mandi harus masuk ke koper medium yang rencananya akan kami masukkan ke bagasi pesawat. Pengaturan koper ini sengaja kami lakukan sejak di gedung cruise center supaya nantinya di Changi tidak usah repot-repot lagi.

Selfie di MRT Station

Setelah koper kami rapi, kami lanjut ke pemeriksaan X-ray sebelum keluar dari gedung cruise center. Seperti sebelumnya, kami berencana untuk pergi ke Changi dengan menggunakan MRT. Dari gedung cruise center, kami harus berjalan kaki sekitar 500 meter untuk bisa sampai di stasiun MRT terdekat, Marina Bay South Pier. Dengan 2 kali transit di stasiun Raffles Place dan Tanah Merah, kami akhirnya sampai di Changi Airport.

MRT Changi Airport ada di terminal 2, sedangkan pesawat Air Asia kami berangkat dari terminal 4. Oleh karena itu kami harus naik shuttle bus dulu ke terminal 4. Kami memutuskan untuk drop baggage dulu di counter Air Asia supaya tidak ribet bawa-bawa koper. Dikarenakan kami sudah melakukan web check in dari tanggal 11 Januari 2018 saat kami masih ada di jakarta, maka ketika datang di departure hall, kami tinggal scan barcode boarding pass kami di mesin yang ada untuk mendapatkan luggage tag. Setelah itu kami tinggal menempelkan tag di koper dan memasukkan koper kami ke dalam mesin conveyor. Di terminal 4 ini pegawai maskapainya sedikit sekali karena sudah banyak mesin-mesin yang membantu para penumpang untuk melakukan self check in dan drop baggage secara praktis dan mandiri.

P_20180115_124222_vHDR_Auto
Menu lunch pak suami di staff canteen terminal 2

Setelah koper selesai, kami kembali naik shuttle bus ke terminal 2 untuk makan siang di staff canteen lantai 3M. Cara menemukan staff canteen terminal 2 ini sudah saya sampaikan di tulisan saya sebelumnya: “Cruise Vacation: Singapore (Day 1)”. Silakan dibaca sendiri ya. Kami memilih menu yang berbeda untuk makan siang hari ini. Saya memilih menu Japanese bento dan suami memilih menu bakmie. Harga makan siang kali ini lebih mahal daripada yang kami pilih sebelumnya.

Kami masih punya waktu sekitar 4,5 jam menuju boarding time pesawat kami. Saya meminta pak suami untuk menemani saya ke Hello Kitty Orchid Garden Cafe yang ada di terminal 3 (Arrival Hall). Dari terminal 2 kita tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di terminal 3. Sebelum tiba di Hello Kitty Orchid Garden Cafe kami mampir di counter informasi Changi terminal 3 yang berlokasi tidak jauh dari Hello Kitty Orchid Garden Cafe berada untuk meminta password wifi Changi. Dengan password tersebut kita bisa mengakses wifi di Changi secara gratis selama 3 jam. Syarat untuk mendapatkan password tersebut hanya dengan scan passport kita baik di kiosk atau counter informasi.

P_20180115_141638_vHDR_Auto
Disambut oleh Hello Kitty

Saat kami datang, Hello Kitty Orchid Garden Cafe sedang sepi. Kami hanya memesan dessert karena perut kami sudah cukup kenyang setelah lunch. Kami memilih menu “Kitty Goes Banana Split”. Saya hanya memesan 1 dessert untuk berbagi dengan suami. Harga makanan disini cukup mahal dan dikenakan service charge 10% serta GST 7%.

P_20180115_135240_vHDR_Auto
Our Dessert: Kitty Goes Banana Split

Dari review yang saya baca, banyak orang yang bilang rasa makanan di Hello Kitty Orchid Garden Cafe kurang enak. Tapi karena saya memesan menu dessert, saya merasa cukup puas dengan rasanya walaupun menurut saya dengan harga segitu porsinya kecil sekali, hehe. Ketika pesanan kami datang, penampakannya cute sekali.

P_20180115_141622_vHDR_Auto
Interior cafe-nya cute

Kami menghabiskan waktu 1 jam disini untuk santai dan foto-foto. Setelah itu pak suami mengajak saya untuk kembali ke terminal 4 dan menunggu waktu boarding disana. Untuk ke terminal 4 kami harus jalan kaki kembali ke terminal 2 untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan shuttle bus.

Di terminal 4 kami langsung menuju counter imigrasi. Ada 2 counter disini, automatic gate dan manual. Entah kenapa passport saya ketika di-scan di automatic gate mengalami masalah. Oleh karena itu petugas mengarahkan saya ke counter manual.

P_20180115_153502_vHDR_Auto
Penampakan “Steel In Bloom” dari lantai atas
P_20180115_154231_vHDR_Auto
Disini tempat berlangsung pertunjukan “Peranakan Love Story”

Setelah selesai di imigrasi, kami langsung masuk ke transit area terminal 4. Disana ada taman bernama “Steel In Bloom” yang dihias cantik. Banyak pengunjung yang berfoto disini, termasuk kami, hehe. Setelah itu di area kedai makanan Heritage Zone, ada pertunjukan “Peranakan Love Story”. Pertunjukan ini cukup keren karena efek 3D-nya. “Peranakan Love Story” ini tidak ada jadwal tayang khusus tapi setiap beberapa menit tampilan layarnya selalu berubah. Recommended untuk dilihat deh. Masih di transit area, di lantai 2 ada museum “Peranakan Gallery” yang menceritakan sejarah peranakan di Singapore. Walaupun museum-nya tidak terlalu besar, tapi kalau kalian adalah penggemar sejarah atau museum, kalian bisa mampir kesini. Selain atraksi-atraksi tersebut, interior terminal 4 ini dibuat modern dan trendy. Banyak furniture yang bentuknya anti mainstream dan warnanya colorful.

P_20180115_154745_vHDR_Auto
Anti mainstream stool. Ini tempat duduk lho (buat anak-anak). Lucu ya?

Dikarenakan kami mengantuk maka kami mendatangi Snooze Lounge yang ada di lantai 2. Di Snooze Lounge ini banyak kursi-kursi untuk tidur sambil selonjoran. Sayangnya bagi saya dan suami, lekukan kursinya kurang ergonomis. Kalau dipakai tidur lama pasti akan bikin back pain. Untungnya saya dan suami cuma tiduran disana sekitar 1 jam. Setelah itu kami menuju ke gate G2 untuk menunggu waktunya boarding. Sebelum boarding kami menyempatkan diri untuk mengisi botol air minum kami di water tap dekat toilet. Hal ini penting dilakukan untuk penghematan diatas pesawat nanti. Hahaha.

Pesawat Air Asia kami berangkat tepat waktu ke Jakarta yaitu pk. 17:50 dan kami tiba di Jakarta pk. 18:45. Home sweet home!! Liburan telah berakhir dan saatnya back to our normal life.